Senin 14 April 2014, Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah


C
eramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan

Di Masjid Al Munawar – Pancoran

Senin, 14 April 2014

الحمد لله والصلاة
والسلام على سيدنا رسول
الله محمد ابن عبد الله
وعلى آله وصحبه ومن والاه

أما بعد الحمد لله

Para habaib, para kiyai, asatidzah, hadirin wal hadirat yang dimuliakan Allah SWT, kita barusan mendengarkan apa yang disampaikan oleh Alhabib Abdurahman
bin Abdulqodir Basyurah tentang tentang pentingnya amal, praktek ilmu yang kita pelajari dan kita denger apa yang disampaikan oleh alhabib Zaki bin Syihab
beliau mengutip hadits Rasulillah Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam bahwasanya Allah SWT apabila menginginkan suatu kebaikan buat hambanya
maka digerakan hati hamba tesebut untuk belajar untuk memahami agama Allah SWT.

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah perkumpulan kita disini tak lain adalah tanda Allah menginginkan kebaikan besar buat kita, pintu dibuka oleh
Allah SWT tinggal kita masuk, Allah sudah gerakan kita hingga kita sampai ditempat ini untuk belajar, kita dengar apa yang disampaikan pulang dari sini
seperti habib Abdurahman bilang tadi jalankan, praktekkan, jangan pulang begitu saja dengan tangan kosong, tapi pulang bawa perobahan dalam kehidupan kita.
Hadits yang barusan dibawakan من يرد الله به خيرا
يفقّه في الدين orang yang barang siapa Allah ingin untuknya suatu kebaikan besar
maka dimudahkan baginya untuk memahami agama Allah. Ulama bilang kebalikannya, Allah kalau engga ingin kebaikan untuk seorang hambanya engga bakalan
dibukakan hatinya untuk belajar, dijauhkan oleh Allah SWT bukan dia yang tidak mau tapi Allah yang tidak mau, naudzubillah, kasian itu orang, ada aja sebab
ada saja penyakit didalam hati, bukan dia yang tidak mau tapi Allah yang tidak mau sama dia. Ulama bilang begitu Allah kalau ingin kebaikan bakal hambanya
digerakan dan dimudahkan oleh Allah untuk itu hamba belajar dan memahami agama Allah, tapi kalau Allah tidak mau kebaikan bakal itu hamba naudzubillah rugi
itu orang, dunia wal akhirat. Ada saja sebab, ada saja penyakit didalam hatinya dijauhkan oleh Allah bukan dia yang tidak mau tapi Allah yang tidak mau
bakal itu orang. Walhamdulillah ini nikmat dari Allah, Allah gerakkan kita kemari mudah-mudahan Allah muliakan kita, Allah berikan anugrah-Nya bakal kita
sekalian. Itu ulama dalam do’anya:

لولم ترد نيل ما أرجو
وأطلبه من فيض جودك ما
ألهمتني الطلبا

Ya Rabb, kalau bukan karena Engkau yang mengabulkan do’a kami maka engga mungkin Engkau gerakan hati kami untuk berdo’a ya Allah. Allah gerakan kita untuk
berdo’a kenapa? Allah pengen ngabulin do’a kita. Allah gerakan kita kemari hadir majlis karena Allah kepengen berikan anugrah yang besar bakal kita, tapi
kalau Allah engga mau engga bakal digerakin, ada aja sebabnya. Makanya dalam ayat yang selalu kita baca dalam pembacaan Al Maulid Nabi Muhammad wa aalihi
washahbihi wa sallam bagaimana diceritakan tentang sifatnya Nabi Muhammad wa aalihi washahbihi wa sallam.

لقد جاءكم رسول من أنفسكم

Telah datang kepada kalian seorang utusan dari golongan kalian, apa sifatnya?

عزيز عليه ما عنتم

Ini Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, sampai Beliau Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam bilang: engga ada satu dari
umatku yang kakinya ketusuk duri melainkan aku merasakan sakitnya, ada manusia seperti selain Beliau dimuka bumi ini? Kita sama orang lain gak begini engga
ada hubungan apa-apa, tapi Rasul Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam setiap umatnya yang kakinya ketusuk duri melainkan beliau merasakan
sakitnya shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam,

عزيز عليه ما عنتم حريص
عليكم

Perhatiannya besar untuk kalian, harapannya besar untuk kalian, ini sifatnya Rasulullah, pengen segalanya yang terbaik bakal kalian, pengen surga bakal
kalian, tuh Rasulullah shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, khususnya bakal orang-orang beriman رؤوف
رحيم penyayang, pengasih ini Rasulullah shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, dan begini sifat pewaris-pewarisnya dari
para ulama wa shalihin, namun orang yang punya hati, akal sehat, denger sifat ini dari Allah bakal luluh hatinya, orang yang punya hati suci, akal sehat
denger sifat macam begini dari siapa pun yang memiliki itu sifat bakal luluh bakal jatuh cinta apa pun bakal dia korbankan bakal pemilik sifat macam
begini. Tapi beberapa orang engga punya hati sehingga Allah bilang:

فإن تولوا فقل حسبي الله
لااله إلا هو عليه توكلت
وهو رب العرش العظيم

kalau memang setelah ini semua mereka berpaling cukup bagi-ku Allah tiada Tuhan selain Allah, kepada-Nya aku bertawakal dan Allah SWT رب
العرش العظيم cukup baginya Allah.

Hadirin yang dimuliakan Allah, kenapa Nabi Muhammad shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam yang miliki sifat macam begini Allah mengatakan kalau
mereka berpaling udah cukupmu bagimu Allah, katanya Ya Muhammad cukup bagimu Allah, kenapa? Sebab ni agama bakal berkibar diberbagai penjuru janji dari
Allah;

بعزة عزيز أو ذل ذليل

engga ada rumah dari batu, dari kayu, dari tanah, dari apapun, melainkan agamanya Nabi Muhammad shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam bakal
sampai kesitu, janji dari Allah mau engga mau terima engga terima ini bendera bakal berkibar, janji dari Allah. cuma kasian orang sudah dijauhkan oleh
Allah SWT dan beruntung orang saat bendera berkibar dia pemegang bendera tersebut, beruntung, mudah-mudahan kita dipilih oleh Allah SWT. Makanya dalam
maulid kita selalu minta do’a sama Allah

وانشر بنا سنة طه في بقاع
الأرض واقمع كل من عادنا

Ini agama bakal dibela sama Allah cuma kita minta para pembela itu kita yang dipilih oleh Allah SWT itu yang kita harapkan, sebab ini agama akan dibela
oleh Allah engga pake kita atau gak pake kita ini agama pasti dibela sama Allah, cuma kita berharap mudah-mudahan kita termasuk orang yang dipilih oleh
Allah menjadi pembela-pembela ini agama. Dalam ayat Allah bilang:

فإن تتولوا يستبدل قوما
غيركم ثم لا يكونوا
امثالكم

Allah SWT bilang kepada orang yang berpaling, yang lebih mendahulukan egonya, nafsunya, keingiinan duniannya, Allah bilang kepada mereka; Kalau mereka berpaling engga bakal rugi kita, Allah bakal gantikan orang yang lebih mulia dari ini. setelah itu Allah menyebutkan surat yang baru

انا فتحنا لك فتحا مبينا

ini didalam surat Muhammad, Allah bilang:

فإن تتولوا يستبدل قوما
غيركم ثم لا يكونوا
امثالكم

akhir ayat dari surat tersebut, kemudian kelanjutannya Allah bilang dalam suratul Fattah

انا فتحنا لك فتحا مبينا

akal datang kemenangan terbesar dari Allah Ta’ala, mudah-mudahan kita dipilih oleh Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT kita bersyukur, kemarin kita mengadakan acara dauroh, pesantren kilat yang diadakankan oleh temen-temen para da’i
dari majelis Al Wafa bi Ahdillah bekerja sama dengan Majelis Rasulullah wal hamdulillah yang mendaftar melalui webset kurang lebih lima ratus orang dan
memang saya batasin lima ratus orang, lepas lima ratus orang kita hentikan pendaftaran yang mendaftar empat ratus laki-laki seratus perempuan yang hadir
tanpa mendaftar juga banyak yang jelas tempat penuh laki perempuan, walhamdulillah sampai sekarang yang kita dengerin kabar dari orang-orang semua orang
pada gembira dari acara tersebut mudah-mudahan membawa manfaat besar untuk kita sekalian dan untuk umat islam. Naam, dan kita ucapkan syukur terima kasih
kita kepada setiap orang yang punya andil besar dalam acara tersebut mudah-mudahan Allah berikan ganjaran yang besar dari Allah SWT untuk mereka.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, lima ratus orang yang hadir dan acara tersebut waktu saya berangkat ke Hadramaut beberapa waktu lalu bersama habib
Muhsin Alhamid, kita sampaikan kepada Alhabib Umar kita punya guru, beliau gembira luar biasa dan beliau mendo’akan kita semuanya khususnya orang-orang
yang hadir dan punya andil yang besar dalam acara tersebut insyallah mendapatkan perhatian dari Allah dan insya Allah kita akan jalin hubungan dengan
mereka orang-orang yang ikut andil ikut gabung ikut hadir dalam acara tersebut, hubungan dakwah, sebab ilmu yang kita dapatin engga sekedar kita dengar
tapi kita wajib menyampaikannya kepada umat manusia sekalian, banyak disini yang kemarin engga hadir, engga apa-apa, saya kasih ringkasannya semua itu
insyaallah. Mau engga dikasih ringkasannya? cuma beda sama yang hadir, beda sama yang hadir. Yang hadir dari jam satu sampai jam setengan delapan malam
kalau kita cuma sepuluh menit disini, tapi insyaallah apa yang mereka dapetin disana antum juga dapetin keberkahan dan anugrah dari Allah SWT. Pertama yang
kita bahas disana pada acara dauroh adalah gimana caranya memakmurkan masjid. Kita seneng, bahagia ketika kita lihat dijalan-jalan kota Jakarta umbul-umbul
dimana-mana, pengajian anak-anak muda, tengah malam kita pulang dapetin peci putih, baju putih jaket hitam, mondar-mandir pulang dari majelis dan ini
pemandangan yang indah yang insya Allah menggembirakan hati Nabi Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam yang hadir ribuan, sepulluh ribu dan
majelis banyak cuman kalau kita masuk di gang-gang dan lorong-lorong kaum muslimin, kampung-kampung kita, kita sedih lihat masjid-masjid banyak, mushola
banyak banget tapi kosong, kosong seperti rumah hantu, masuk situ kita takut. Na’am. hadirin yang di muliakan oleh Allah kalau bukan kita yang hidupin tuh
masjid lalu siapa? Mau nunggu orang jalanan? menunggu orang luar? kita yang lebih patut, kita yang lebih patut. Sampe kita dapetin
مجالسنا معمورة majelis-majlis kita makmur ويا
للأسف مساجدنا مندورة tapi amat disayangkan
masjid-masjid kita terbengkalai, yang makmurin masjid-masjid kita kadang orang-orang yang berbeda aliran sama kita, banyak yang ngeluh, habib masjid kita
direbut Sama orang aliran lain. Saya bilang jangan salahin mereka, salahin sendiri, dia orang pada shalat dimasjid kita orang engga shalat dimasjid, dia
orang pada rajin shalat dimasjid, nah kita dimana shalat? Shalat dimana kita? karena itu para hadirin wal hadirat udah kewajiban kita, makmurin masjid
rumah-rumah Allah dan mereka orang-orang yang mau makmurin masjid rumah-rumah allah dan mereka adalah orang-orang yang diundang sama Allah dipilih sama
Allah, orang-orang yang beriman sejati tuh dia yang makmurin masjid-masjid. Ana ente kite semuanya berharap mudah-mudahan dijadikan kite sebagai
orang-orang yang beriman, tapi jaminan keimanan kita nggak punya, kita Cuma berharab sama Allah, namun ada orang-orang tertentu di stempel sama nabi ini
orang-orang beriman, siapa itu? Ar-Rasul Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam bilang; mau nggak dapat jaminan dari Rasulullah atas keimanan?
Mau? Nabi bilang :

إذا رأيتم الرجل يعتاد
المساجد فاشهدوا لهم
الإيمان

Kalau engkau melihat seseorang yang rutin bolak-balik ke masjid, shalat lima waktu dimasjid, makmurin masjid, ambil kabar dia adalah orang-orang yang
beriman disisi Allah. Ane mau kita berharap ini undangan dari Allah yang disodorin bakal ente. Kita mau pulang dari sini tiap individu dari kita yang
laki-laki yang perempuan biasain makmurin masjid, Shalat lima waktu di masjid.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT seperti saya bilang kita senang melihat anak-anak muda bulak-balik hadir majelis hadir pengajian,umbul-umbul
dimana-mana, baliho gede-gede masyaallah siyar islam yang menandakan keberadaan majelis islam masih berkibar dimana-mana alhamdulillah nikmat dari Allah.
tapi syiar yang semacam itu bisa dibuat oleh orang lain, kalau ukuran syiar islam dengan umbul-umbul kita kalah sama partai, betul gak? Duitnya lebih
banyak, umbul-umbulnya lebih banyak engga cuma di Jakarta tapi diseluruh Indonesia, ampe diatas pohon ada, tapi syiar tidak disitu dihitungnya, mau tau
syiar islam yang sebenarnya? Ini tidak bisa disaingin oleh siapa pun, tau syiar apa? Rasul Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam bilang:

بشر المشائين في الظلم الى
المساجد بنور التام يوم
القيامة

Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam mengatakan kasih kanar gembira, kabar gembira dari siapa? Dari Rasulullah Shalallahu alahi wa
aalihi washahbihi wa sallam, berupa apa? Entar dihari kiamat ketika orang-orang ketakutan, tapi ini orang bakal dapet cahaya yang terang benderang dari
Allah SWT yang akan menggiring dia hingga dia masuk kedalam surganya Allah SWT. Siapa ni dia hingga dapet kabar gembira semacam gini? Nabi bilang orang
yang mendapat kabar semacam gini adalah orang yang berjalan dikegelapan malam untu menuju ke masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. Jalan dikegelapan
malam ke masjid, akhir maslam dia tahajud sebelum subuh dia ke masjid, ni yang bakal dapet kabar gembira dari Rasulullah ni orang yang semacam ini. Saya
bilang, enak gak kira-kira kalau kita lihat sebelum subuh seperti kita liat dijalan-jalan kita liat kopiah putih, jaket hitam silih berganti hadir majlis.
Enak gak kira-kira kalau kita lihat pemandangan yang sama ditengah malam kemasjid untuk bertahajud? Ini adalah syiar yang sesungguhnya yang benar-benar
hampir punah sekarang. Nih syiar islam yang kita cari-cari yang selama ini kita dambakan, terus terang masjid kita nangis kesepian, syiar islam yang
sesungguhnya tahu apa? Shalat berjamaah di Masjid. Itu yang gak dimiliki sama partai, gak dimiliki ama kelompok mana pun, syiar yang macam begitu hanya
dimiliki hanya untuk orang-orang beriman yang bakalan masuk kesurganya Allah SWT. Kita pengen syiar yang semacam ini hidup lagi, tugas masing-masing dari
kita mulai saat ini bangun dari tmpat ini sudah tidak ada lagi shalat dirumah, shalat lima waktu di masjid. Insyaallah pasang niat kaya begitu, insyaallah
Allah kasih kemudahan bakal antum semuanya.

Kemudian yang kita bahas juga, gimana kita caranya memakmurkan masjid? Masjid kita makmurin engga cuma dengan shalat lima waktu saja, Tapi dengan Al
Qur’an, dengan dzikir kepada Allah, khususnya diwaktu-waktu tertentu antara magrib dan isya. Orang-orang dulu, mereka tuh kalau sudah magrib sampai isa
waktunya beribadah sama Allah SWT. Makanya dulu kita masih ingat ketika kita masih kecil, orang-orang tua kita tuh kalau waktu sudah magrib orang tua kita
nyruh kita pulang, ayo pulang sudah magrib banyak syetan! Iya emang bener ada haditsnya, banyak syetan ayo pulang! magrib dirumah! Ntar kalau sudah shalat
di Masjid kita denger masjid-masjid kita suara lantunan ratibul haddad, tuh dulu. Dirumah-rumah orang perempuan pada baca yasin, baca tahlil, baca ratib,
magrib seperti itu. iya kan? Engga tahu generasi sekarang masih ngalami apa engga? cuma dulu waktu kita masih bocah masih ngalamin sebelum magrib sudah
dicariin waktu magrib udah gak boleh keluar rumah lagi. Tuh generasi kita dulu seperti itu engga tau generasi sekarang masih ngalamin apa engga
wallahu’alam. Makmurin waktu magrib wa isya Allah memuji sahabat Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, Allah bilang
تتجافى جنوبهم عن المضاجع
يدعون ربهم خوفا وطمعا
ومما رزقنهم ينفقون

Allah memuji bahwasanya mereka para sahabat pundak mereka, punggung mereka, jauh dari hangatnya tempat tidur, mereka berdo’a bermunajat kepada Allah dan
mereka infaqkan harta mereka dijalan yang diridhoi Allah SWT. Allah menjanjikan untuk mereka surga yang engga pernah diliat oleh mata yang engga pernah
didengar oleh telinga, yang engga pernah hayalan sampai kesitu. Siapa mereka? Mereka adalah orang-orang yang keadaanya semacam itu ahli tafsir mengatakan
diantara waktu magrib dan isya. Orang yang memakmurkan waktu antara magrib dan isya, ni kabar gembira bakal mereka. Surga bakal dia. Mudah-mudahan kita
dapat surganya Allah bakal kita. Amiin.

Kemudian diantara yang harus kita lakukan untuk memakmurkan waktu antara magrib dan isya diMasjid makmurkan dengan Al Qur’an. Kemarin kita berziaroh kesana
kota Tarim. Dikota Tarim itu ada lebih dari tiga ratus enam puluh masjid dan musholla yang tersebar diseluruh pelosok kota Tarim, ente jalan lima meter
sekali ente bakal dapetin mushola, ni haji Ahmad beberapa waktu lalu disana juga, dia sendiri menyaksikan. Dan itu masjid mushola-mushola semuanya makmur,
beberapa mushola sebelum subuh tuh sudah ada hizib qur’an, lain lagi abis subuh, terus beberapa masjid seperti masjid Al Imam Abdurahman AsSeggaf itu ada
tadarus Al Qur’an tiap hari sudah ratusan tahun dari dibangunnya itu masjid ampe detik ini itu tadarus al qur’an tidak pernah berhenti, masjid-masjid yang
lain juga ada tadarus al qur’an, seminggu sekali tuh orang kampung khotam qur’an di masjid masing-masing. Tapi ada yang beda masjid Sayidina Seggaf disana
itu yang boleh tadarus qur’an disitu itu hanya orang yang hafal qur’an, artinya yang boleh tadarus disitu gak pake qur’an melainkan semuanya dari hafalan
masing-masing, ente engga hafal Al qur’an gak boleh duduk ente cari tempat lain, iya ini masjid Seggaf dari sejak dibangun hingga detik ini seperti itu,
yang boleh tadarus al Qur’an disitu hanya yang hafal Al Qur’an. Nah kalau ente liat yang pada tadarus disitu banyak, kadang kita dapetin anak kecil ikut
tadarus disitu. Enak gak kira-kita kalau masjid kita kayak begitu. Itu syiar yang sesungguhnya yang hampir punah dari tengah-tengah kita yang harus kita
hidupkan wahai sekalian yang saya cintai.

Kemudian juga yang kita bahas didalam dauroh pesantren kilat tentang dzikir-dzikir ba’da shalat. Lepas shalat kita dianjurkan berdzikir sama Allah bukan
diem saja begitu! Dan ada dalilnya didalam hadits banyak banget. Dan dalilnya sangat banyak. Diantara dalil-dalilnya kita dapetin dimasjid-masjid ahli
sunnah wal jamaah macam masjid Al Munawar dan masjid-masjid yang lainnya juga, itu lepas shalat sama-sama kita baca:

لا إله إلا الله وحده
لاشريك له , له الملك وله
الحمد يحي ويميت وهو على كل
شيئ قدير

khususnya abis subuh dan abis magrib, terus kita sama-sama kita baca اللهم انت
السلام ومنك السلام … سبحان
الله 33× الحمد لله 33× الله
اكبر 33× terus juga hal-hal yang lainnya, terkadang dibeberapa masjid istigfar bareng-bareng dengan suara lantang, takbir
bareng-bareng dengan suara lantang, itu semua ada dalilnya ada haditsnya. Sayiduna Abdullah ibn Abbas meriwayatkan sebgaimana didalam shahihil bukhori wa
muslim beliau meriwayatkan

وروينا في صحيحي البخاري
ومسلم عن ابن عباس رضي الله
عنهما قال : كنت أعرف انقضاء
صلاة رسول الله صلى الله
عليه وسلم بالتكبير . وفي
رواية مسلم : (كنّا)

Abdullah ibn Abbas bilang dahulu saya dalam riwayat “kami” yakni para sahabat mengetahui Nabi Muhammad udah selesai shalat bersama sahabatnya, tau
dari mana? Suara yang keras yang dilantunkan oleh para musholi di Masjidnya Rasulullah dengan bertakbir kepada Allah SWT dalam riwayat berdzikir kepada
Allah SWT, bertahlil dan bertahmid. Artinya mengangkat suara dengan lantang setelah sholat dengan berdzikir itu adalah bagian dari sunnahnya nabi Muhammad
Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam dan itu yang dilakukkan didalam Masjidnya Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam
sebagaimana yang dinyatakan oleh sayidina Abdullah ibn Abbas yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhori wal Muslim,bukan hadits dho’if tapi shohiih,. kemudian
juga اللهم انت السلام istigfar tiga kali dan sebagainya itu
diriwayatkan oleh sohih muslim dari sahabat Tsauban, Rasul Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam kalau sudah selesai shalat beliau mengucapkan
استغفر الله 3× اللهم انت
السلام dan seterusnya, terus dalam riwayat yang lain kita dianjurkan baca tasbih tiga puluh tida kali, tahmid tiga
puluh tida kali, takbir tiga puluh tiga kali, itu datang fuqoro kepada Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam ngadu,
يارسول الله ذهب اهل
الدثور بالأجور Ya Rasulullah, orang-orang kaya (orang-orang berduit) mereka
ngadep Allah dapat pahala besar kita kagak, waduh nabi kaget denger gitu, bagaimana tuh? Iya mereka pada punya duit bisa pergi haji, bisa pergi umrah tiap
bulan, bisa sedekah, kita mau sedekah bagaimana kagak ada duit. Akhirnya AnNabi bilang sini ana ajarin ente satu amalan. Apa tuh amalannya? Abis shalat
baca tiga puluh tiga tasbih, tahmid tiga puluh tiga kali, takbir tiga puluh tiga kali, dan sempurnakan dengan:

لااله الله وحده لاشريك له
له الملك وله الحمد يحيي
ويميت وهو على كل شيئ قدير
sebagaimana dalam beberapa riwayat. Ni kalau kalian amalin jalanin ini engga ada yang seperti kalian pahalanya kecuali yang bikin amalan yang sama seperti
kalian. Akhirnya orang-orang miskin semuanya jalani dan mereka sudah sepakat diem-diem jangan cerita sama orang kaya ya! Mereka semua pada diem-diem ni
bakal mereka dari Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, begini mereka berlomba-lomba cari keridloan Allah SWT. Engga lama namanya
rahasia kalau sudah diketahui satu orang, bukan lagi rahasia lagi namanya, apalagi yang mengetahui banyak jadi rahasia umum, jangan cerita-cerita sama
orang ya, tiap ketemu orang sama orang omongannya sama. Jadi rahasia umum orang kaya pada denger wah engga bisa begini nih! Kita juga musti jalani akhirnya
orang kaya juga pada jalani ini semua. Alhasil ngadu lagi ama Rasulullah. Ya Rasulullah,…tuh amalan rahasia itu sudah kebuka dijalanin oleh orang kaya
kita kalah lagi. Apa jawab nabi? ذلك فضل الله يؤتيه
من يشاء Nabi bilang ini karunia Allah, Allah berikan kepada orang yang Allah mau dia juga pada ngamalin mau gimana
lagi, akan tetapi intinya tuh mereka begini para sahabat Rasulillah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam berlomba-lomba dalam kebaikan. Terus
juga didalam beberapa riwayat Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam dari Annas bin malik. Kata Annas bin malik Nabi Shalallahu alahi
wa aalihi washahbihi wa sallam kalau lepas shalat biasanya beliau mengusap dengan tangannnya kening beliau, kita juga diajari oleh guru-guru kita lepas
sholat kita mengusap muka kita atau kening kita, nabi juga dulu begitu. Terus nabi Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam baca dzikir-dzikir
tersebut. Guru kami Alhabib Salim bin Abdullah AsSyatiri yang mudah-mudahan Allah kasih sehat panjang umur. Kemarin kita nengokin beliau yang lagi sakit
yang sakitnya agak parah mudah-mudahan Allah angkat penyakitnya, panjangin umurnya, ya Allah kita sedih ngelihat guru-guru kita pada sakit, sampai disana
dapetin Alhabib Salim bin Abdullah AsSyatiri baru pulang dari ordo berobat penyakit jantungnya, engga boleh keluar rumah dulu sama dokternya katanya walau
ngajar kagak boleh, tapi semangatnya besar banget, tetep mau ngajar murid-muridnya ngelarang, habib jangan ngajar dulu! Murid-muridnya dimarahin. Ampe
akhirnya dokter yang telepon sama dokternya takut habib jangan ngajar. Engga berani dah, iya kalau engga tambah sakit, dokternya sayang sama dia, engga ada
engga boleh akhirnya engga keluar seminggu dua minggu engga keluar dulu ampe pulih banget, itu juga ditambah lagi sama dokternya sampai tiga minggu engga
boleh keluar. Kita temuin alhamdulillah beliau sampaikan salam beliau kepada kita sekalian, beliau bilang bahwasanya dzikir-dzikir yang dibaca setelah
shalat itu semuanya banyak dalilnya diantaranya beberapa dzikir yang dibaca bisa menyelamatkan seseorang dari api neraka ketika melewati jembatan yang
dibentangkan oleh Allah AsSirat diatas api neraka, dia akan melewatinya secepat kilat dengan mengamalkannya amalan yang ringan kita anggap, dan ini
dzikir-dzikir setelah shalat udah dirangkum menjadi satu oleh para ulama kita satu paket. Paket apaan? Ente bisa dapetin dalam kitab khulasotul maddad
disitu ente dapetin dzikir setelah shalat ente jalanin. Insyallah bawa manfaat bawa keberkahan bakal kita sekalian. Terus juga diantara yang kita bahas
diaca dauroh adalah tentang permasalahan qunut setelah subuh, kita shalat subuh baca qunut kan? Ada orang lain kagak baca qunut. Yang kagak baca qunut
bilangnya kita bid’ah. Darimana tuh bid’ah? Padahal kalau dia orang pada belajar bener bakal dapetin haditsnya dari Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam. Didalam haditsus shohih dari sayiduna Annas ibn Malik yang diriwayatkan oleh Al Imam hakim, Rasulillah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam kata sayiduna Annas ibn Malik tidak henti-hentinya didalam shalat subuh berqunut (membaca do’a qunut) sampai beliau meninggal dunia.
Tuh ada haditsnya didalam sohih. Sebagaimana didalam riwayat yang lain yang diriwayatkan oleh Al Imam Abu daud, al imam AtTirmidzi, Al Imam Nasa’i, wal
imam ibnu majah wal Imam baihaqi dan lain-lainnya wa riwayatnya banyak banget, didalam hadits sahih dari sayyidina Hasan bin Ali bin Abi Thalib, sayyidina
Hasan beliau mengatakan:

علمني رسول الله صلى الله
عليه وسلم كلمات اقولهن في
الوتر

Alhasan bin Ali mengatakan Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam mengajarkan kepada saya beberapa kalimat do’a yang hendaknya aku baca
pada saat shalat witir apa itu do’anya?

اللهم اهدنا فيمن هديت
وعافنا فيمن عافيت dan seterusnya sampai akhir do’a qunut yang
kita pelajari. Dalam beberapa riwayat yang lain yang diriwayatkan oleh adiknya sayyidina Hasan yaitu sayyidina Muhammad ibnu Hanafiyah putranya sayyidina
Ali bin Abi Thalib ibunya dari bani Hanifah bukan sayyidah fatimah az zahra lain ibu tapi putranya sayyidina Ali bin Thalib beliau mengatakan tentang do’a
qunut, beliau bilang ini

إن هذا الدعاء هو الدعاء
الذي كان ابي يدعو به في
صلاة الفجر في قنوته

dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-tirmidzi Muhammad ibnu Hanafiyah mengatakan ini (do’a qunut) adalah do’a yang dahulu ayahku membacanya (yakni
sayyidina Ali bin Abi thalib) didalam shalat subuhnya pada saat berqunut, dalam qunutnya didalam shalat subuh tuh yang dilakukannya oleh ayahku kata
Muhammad ibnu Hanafiyyah artinya yang namanya qunut dilakukan oleh sayyidina Ali bin Abi Thalib dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam dan diajarkan itu do’a kepada alhasan bin Ali bin Abi Thalib kepada sayyidina Ali bin Abi Thalib kepada para sahabat-sahabatnya yang
lain yang intinya ini adalah bagian daripada sunnahnya nabi muhammad Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, ini sekilas tentang pembahasan qunut
dan masih banyak lagi yang kita bahas dalam acara dauroh tersebut, diantaranya tentang pembahasan hukum kuburan dalam masjid atau didepan masjid ini yang
sering menjadi pembahasan sama orang-orang yang beda aliran sama kita cuma kalau mau dibahasa sekarang waktunya gak cukup yang intinya semuanya ada
dalilnya yang kita lakukan, yang dilakukan oleh para ulama kita, para habaib kita para kiyai kita gak sembarangan datang begitu saja, tapi semuanya ada
dalilnya dari al-qur’an dari haditsnya nabi muhammad Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, kemudian ada beberapa ma’lumat yang ingin saya
sampaikan, dalam acara daurah tersebut dimakam Al-imam Al a’rif billah al-habib Abdurrahman bin Abdullah al-habsyi cikini. Insya Allah bawa manfaat besar
bakal kita sekalian dan ummat. Kemudian seperti saya umumkan didauroh dan sekarang saya sampaikan acara daurah tersebut atau acara pesantren kilat tersebut
bersama majlis al-wafa bi ahdillah akan terus kita laksanakan setuju apa tidak? apa kita seumur hidup sekali aja tuh seperti yang kemarin. apa terus
lanjut? lanjut insya Allah, katakan tiga bulan sekali, empat bulan sekali kita akan membahas suatu pembahasan tertentu insya allah akan lanjut dan kita
akan atur itu semua, terus berkesinambungan ya kadang satu hari itu kita pulang bawa suatu pembahasan yang sempurna enak gak lupa lagi insyaallah bawa
perubahan besar, insyaallah acara dauroh tersebut akan terus berkesinambungan antara tiga bulan atau empat bulan sekali insyaallah tar kita lihat
bagaimana, kemudian juga ditempat tersebut di makam alhabib Abdurahman bin Abdullah Alhabsyi akan ada rutin pengajian khusus untuk kaum wanita ditempat
tersebut tiap hari kamis seminggu sekali yaitu dari pagi sampai dzuhur dari jam sepuluh kurang lebih sampai dzuhur dan insyaallah nanti ada
ustadzah-ustadzah yang akan mengajar setiap hari kamis pagi kita mulai dari bulan rajab kebetulan berpapasan dengan bulan mei awal rajab hari kamis pertama
dari bulan rajab insyallah kita akan mulai tiap hari kamis untuk kaum wanita pengajian dimakam alhabib Abdurahman bin Abdullah Alhabsyi Cikini. Yang
mudah-mudahan kaum wanita bisa mengikutinya bisa membawa manfaat yang besar insyaallah. Sebagaimana juga saya maklumkan saya sampekan bahwasanya ditempat
tersebut dimakan alhabib Abdurahman bin Abdullah Alhabsyi kita akan mengadakan pengajian rutin disana, pengajian rutin bagaimana? Ni pengajian rutin dah
banyak banget, engga. Saya sering dapat masukan habib malam minggu sudah lama kita engga ziaroh, dulu zaman habibana Munzir selalu ada ziaroh, dengan
berbagai macam alasan ya sekarang kita lanjutin lagi tuh ziaroh tapi tempatnya insyaallah akan kita tetapkan ya tiap sabtu malam minggu insyallah kita
mulai dari minggu kedua dibulan mei atau dibulan rajab. Pengajian rutin yang biasa malam minggu yang biasa berpindah-pindah saya liat undangan juga sudah
selesai sudah habis, insyaallah mulai bulan mei sabtu malam minggu kedua kita akan tetapkan, malam minggu kedua insyallah ni maklumat bakal kita samppaikan
diwebset, malam minggu kedua insyallah kita akan adakan setiap bulannya dimakam Alimam alhabib Abdurahman bin Abdullah Alhabsyi Cikini dan lepas majlis
kita ziaroh sama-sama, ziaroh ke makam habib Abdurahman atau ziaroh kemakam habib Ali bin Abdurahman Alhabsyi Kwitang, malam minggu ketiga insyaallah kita
akan tetapkan dimasjid Al Makmur dimana tuh masjid Al makmur? Tau tanah abang? Pasar tanah abang tau? Disampingnya ada masjid Al makmur masjid yang berkah
itu sudah ratusan tahun tuh masjid nah disitu insyallah kita ngambil keberkahan tuh masjid dari situ ntar kita lihat kalau memang ada tempat ziaroh deket
kita ziaroh sama-sama, malam minggu ke empat insyallah akan kita tetapkan dimasjid At Taubah, tau gak masjid At Taubah dimana? Habib kuncung disitu,
insyallah tiap malam minggu ke empat kita disitu sekalian kita berziaroh ke makam habib Ahmad bin Alwy alhadad dan sekalian kita berziaroh kemakam guru
habibana Munzir bin Fuad Almusawa mudah-mudahan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, malam minggu ke dua ke tiga ke empat, kelima? Ada gak? Kelima
jarang-jarang tapi kalau ada ntar kita atur cuma yang rutin kan dua, tiga dan empat, yang satunya mana bib? Yang satu ana pengen atur insyaallah
pindah-pindah, tar kita liat sikonnya bagaimana tar saya yang atur sendiri, begitu liat dibeberapa tempat saya kalau liat hadir banyak bendera macam-macam
ni yang dari cibinong, ni yang dari cakung, ni dari tambun, ni dari cikarang, dari beberapa tempat, insyallah dibeberapa tempat tersebutkan bakalan kita
adakan pindah-pindah, insyaallah. Selebihnya minggu ke dua, minggu ke tiga, minggu ke empat sudah tetap tempatnya g berubah . mudah-mudahan bawa keberkahan
bakal kita semua.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah terakhir pengen cerita dikit boleh? Cerita waktu kita ziaroh kesana, saya berangkat ke Hadramaut sama siapa kemarin? Ya
sama habib Muhsin, iya sama habib Muhsin Cuma apa siapa lagi? Ada yang tau gak? Tau saya berangkat ziaroh sama siapa? Sama ente orang semuanya, iya. Saya
ziaroh engga sendiri, engga Cuma berdua sama habib Muhsin, saya wakilin antum semuanya, kalian semuanya saya wakilin, insyaallah yang kita dapetin disana
antum dapetin semuanya. Saya bilang saya ngomong apa adanya, ketemu sama habib Umar bin hafidz, ketemu sama habib Masyhur disana, ketemu sama guru-guru
disana, saya bilang saya engga sendiri bib engga cuma berdua sama habib Muhsin, dibelakang saya banyak semuanya pada punya banyak hajat sama Allah diantara
hajatnya ni besok ni hari besok ampe rabu engga tau ampe berapa hari pada ujian nasional katanya ya? Ya Rab mudah-mudahan dikasih kemudahan sama Allah SWT
pada lulus semuanya insyaallah dengan nilai yang memuaskan yang insyaallah lebih dari yang kita harapkan insyallah, iya kita orang pengajian engga Cuma
fokus sama pengajian ama urusan sekolahnya kita, kita bakti sama orang tua, urusan sosial sama manusia, itu tanda kalau kita dapat hidayah dari Allah SWT,
engga boleh terbengkalai harus kita jalankan, bib saya belajar bahasa inggris disana disekolahan boleh engga bib? Boleh, siapa yang bilang kagak boleh?
Belajar yang pintar, belajar matematika yang pinter, tuh ilmu sebenernya milik kita datengnya dari Allah dari Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam, Cuma belakangan diakui sama dia orang padahal tuh semua milik kita semuanya, sayidina Rasulillah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam ketika ngelihat kecerdasan seseorang yang namanya Zaid bin Tsabit dipanggil sama Rasulullah; sini ana pengen ente belajar bahasa
asing! Apa? Kalau kita kan bahasa inggris, zaman nabi banyak orang yahudi banyak orang nasrani. Nabi bilang Ya Zaid ente belajar bahasanya orang yahudi!
Zaid bin Tsabit belajar sampai berhasil dia kuasai dengan sempurna bahasa abrani sehingga dia jadi penerjemahnya Rasulullah Shalallahu alahi wa aalihi
washahbihi wa sallam, tau engga tuh bahasa Abrani dikusai dipelajari oleh Zaid bin Tsabit berapa lama? Ente belajar bahasa inggris berapa lama? berapa
bulan? berapa tahun sampai ngusainya? Ini zaid bin Tsabit ngusai bahasa Ibrani dalam jangka waktu satu minggu, tuh liat! Dia selesai ngadep sama Rasulillah
Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, Ya Rasulillah sudah selesai saya kuasai kata Zaid bin Tsabit. Engga berhenti disitu, tar dulu belajar lagi
bahasa asing yang lain! Belajar apaan? Belajar bahasa Nasrani. Satu minggu juga sampe dikuasai. Sampai dia jadi penerjemahnya Rasulillah Shalallahu alahi
wa aalihi washahbihi wa sallam. Ente kalau pergi ke andalus zaman islam ketika berkibar berderanya itu berapa banyak ilmuan-ilmuan yang hebat luar biasa,
ni ilmu-ilmu yang sekarang ada yang diklaim dari barat sumbernya dari situ dari kita orang-orang islam, ente orang belajar yang benar, ya ana bilang pengen
lulus engga cukup Cuma minta air doain bib! Engga cukup disitu. Iya ana bukan dukun, wa habaib yang ada disini juga bukan dukun bukan pesulap, ya kita Cuma
doain mudah-mudahan ente orang pada lulus wa ente juga pada belajar yang bener, engga ada orang tidur besok jadi ulama besar, ente belajar sungguh-sungguh
belajar bener ente minta sama Allah insyallah dikasih kemudahan oleh Allah SWT. Wa terus terakhir saya mau sampaikan juga dalam acara dauroh kemarin ada
beberapa doa yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam kita juga pengen bagi bakal antum semuanya engga Cuma yang
hadir dauroh saja, ni doa namanya doa cinta, masyaallah…. ya bukan lebay tetapi bener, doa cinta bagaimana? Nabi ngajarinnya dengan cinta, apa? Rasul
Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam memanggil sahabatnya Muaz ibn Zabal, يا معاذ اني
أحبك Ya Muaz saya cinta sama kamu. Allahuma sholu alaih… enak gak tuh kira-kira Muaz? Ya Muaz saya cinta sama kamu kata
Rasulullah. Begimana tuh keadaannya Muaz waktu nabi bilang begitu? Ya Rabb mudah-mudahan kita dimuliakan sama Allah bisa denger ni kata-kata dari
Rasulillah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, apa artinya cinta kalau kita tidak dapetin ni kalimat dari Rasulullah? nabi bilang
يا معاذ اني أحبك terus nabi bilang

فلا تدعن ان تقول دبر كل
صلاة اللهم اعني على ذكرك
وشكرك وحسن عبادتك

karena itu ya Muaz jangan engkau tinggalkan ni doa, doa cinta dari Rasulillah. Tiap abis Shalat baca ini doa! Apa itu doanya? Ikutin sama-sama! Saya
bimbing;

اللهم اعني على ذكرك وشكرك
وحسن عبادتك

ni Muadz engga pernah tinggalin ni doa seumur hidupnya,kenape?ni bukti cintanya dia kepada Rasulillah Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam.
Terus Muaz pun sampein ni doa kepada murid-muridnya sehingga banyak muridnya, Muaz bilang kepada murid-muridnya; Ya Fulan saya cinta sama kamu sebagaimana
dulu nabi bilang cinta kepada saya, jangan tinggalkan ni doa

اللهم اعني على ذكرك وشكرك
وحسن عبادتك

tiap habis shalat. Muridnya Muaz nyampein juga kepada generasi berikutnya, dia bilang saya cinta kepadamu sebagaimana guru saya Muaz sampaikan kecintaannya
kepada saya sebagaimana juga dulu Rasulullah menyampaikan kecintaannya kepada Muaz jangan tinggalkan ini doa. Tuh generasi ke generasi para periwayat
hadits menyampaikan silsilah cinta kepada generasi setelahnya hingga rantaian cinta ini sampai kepada kami, saya juga mewakili dari para habaib yang ada
disini, kami mendengar dari guru kami yaitu habib Umar bin Muhammad bin salim bin Hafidz beliau bilang sama kita murid-muridnya إني
أحبك saya cinta kepada kalian sebagaimana saya dengar juga dari Alhabib Ali bin Abdurahman Al Jufri beliau bilang
إني أحبك sebaimana tahun 1420 H ketika saya pergi haji juga saya datang kepada guru kami yang mulia
محدث الحرمين Al imam Al Alamah sayid Muhammad bin Alwy Almaliki kita hadir dimajlisnya
beliau, saat itu juga beliau mengatakan ini dengan sanadnya yang bersambung kepada nabi Muhammad Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam, beliau
katakan kepada kita إني أحبك jangan tinggalkan ini doa:

. اللهم اعني على ذكرك وشكرك
وحسن عبادتك

dan sekarang saya mewakili para habaib saya katakan kepada kalian semuanya إني أحبك saya cinta kepada kalian
semua فقل دبر كل صلاة katakan setiap shalat lima waktu:

اللهم اعني على ذكرك وشكرك
وحسن عبادتك

Ya Allah bantu saya didalam berdzikir kepada-Mu mengingat kepada-Mu didalam bersyukur kepada-Mu dan didalam menghambakan diriku kepada-Mu ya Allah yang
diajarkan nabi Muhammad Shalallahu alahi wa aalihi washahbihi wa sallam dan saya ijazahkan ini semua kepada antum sekalin sebagaimana juga ratibul haddad,
ratibul Attas, yang ada pada khulasotul madad dzikir-dzikir yang diajarkan oleh guru-guru kami saya ijazahkan semua itu dengan sanadnya untuk antum
jalankan didalam pribadi kalian didalam rumah-rumah kalian dan dimasjid-masjid kalian, mudah-mudahan bawa manfaat untuk kita sekalian. Amiin.

Dan sebelum saya tutup saya ingin menyampaikan sebelum kita pulang dari hadramaut ke indonesia insyallah lepas ini kita sama-sama shalatul gaib, kita
kehilangan seorang ulama besar saat itu pas waktu itu kita lagi berziaroh kemakam Syaikh Said bin isa Al’amudi, ziaroh kemakam habib Thohir bin umar
Alhadad abahnya habib Muhammad bin Thohir alhadad yang dimakamkan di Tegal, dari situ kita berangkat ke Guwaireh ziarah ke makam Al imam Ahmad bin Muhammad
Al muhdor ayah dari habib Muhammad AlMuhdor yang dikuburkan di Surabaya yang mana keturunannya di Bondowoso, saat itu kita mendengar kabar wafat seorang
ulama besar di Ahwa deket Adn yaitu kakak daripada guru kami yaitu yang mulia habib Abu bakar Masyhur yaitu kakak beliau Al habib Muhammad bin Ali bin Abi
bakar Al masyhur yang mudah-mudahan Allah angkat derajat beliau insyallah lepas ini kita shalat gaib yang akan dipimpin oleh Alhabib hud bin Muhammad bin
baqir Al Attas, saat itu kita dapat kabar hari ahad, pulang dari ziaroh ke Tarim malam senin kita dapat kabar habib Umar tuh semangatnya bagaimana padahal
lagi repot ama acara kawinan anaknya, tengah malam beliau berangkat naik mobil tuh perjalanan 12 jam sampai ke Adn sampe ke Ahwa untuk hadir jenazah jadi
kita gak sempet pamitan secara langsung sama habib Umar tapi pagi-pagi sebelum naik pesawat kita telepon alhasil beliau doakan kita beliau ucapkan terima
kasih atas kehadiran kita terus beliau menyampaikan salamnya kepada kalian semua kepada temen-temen semuanya dan beliau doakan semuanya, mudah-mudahan doa
beliau diijabah Allah SWT. amiin

Raih pahala, sebarkan kebaikan..

Comments are closed.