Senin 21 April 2014, Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah


C
eramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran

Senin, 21 April 2014

الحمد لله والصلاة
والسلام على سيدنا رسول
الله محمد ابن عبد الله
وعلى آله وصحبه ومن والاه

أما بعد الحمد لله

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah tadi kita denger apa yang disampaikan oleh guru kita habib Abdurahman Basyurah dan habib Hud, ada beberapa orang
ditanya; ente kalo tidur biasanya semaleman, bangun tidur apa yang ente lakukan? Kita kalo bangun tidur apa yang kita lakukan? Ni ada orang ditanya; ente
kalo bangun tidur abis tidur pules bangun tidur apa yang ente lakukan? Saya habib biasanya kalo bangun tidur, rebahan dulu istirahat dua puluh menit baru
bangun. Udah tidur pules begitu melek bangun, apa yang ente lakukan? Ya rebahan dulu istirahat dua puluh menit, itu yang tidur pules berjam-jam itu bukan
istirahat? Banyak begitu apa sedikit? Mayoritas orang bangun tidur gak langsung bangun, tau itu kenapa? Itu yang tadi disampaikan oleh habib Hud kalo ente
baca dzikir yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam

; سُبْحَانَ اللهِ [×33].
الحَمْدُ للهِ [×33]. اللهُ
أَكْبَرُ [×34]

kemudian dilengkapi oleh:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ
لَهُ لَهُ المُلْكُ
وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِي
وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى
كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Dia jadi perkasa jadi superman deh, iya dan ini sudah dicoba habib Hud coba, semua orang yang pengen ngalamin ini amalan dia coba, bangun tidur iya seger,
kuat seharian engga capek. Kenapa? Ini ajarannya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, jarang-jarang kita denger habib Hud nyampein, dan terus beliau juga bilang yang pengen lengkap lagi ngaji di Kebon
Nanas dan ini juga saya himbau hadirin sekalian untuk ikut ngaji ditempatnya habib Hud tiap kamis pagi, saya pernah sekali hadir cuma karena kesibukan
ngajar dipesantren disana, beliau pagi ngajar di Kebon Nanas di Assalafi yang punya kesempatan untuk hadir insyaallah bawa manfaat, juga habib Hud banyak
ngajar diberbagai tempat kitab AnNasoih Diniyah dan kitab-kitab yang lainnya semuanya bawa manfaat yang punya kesempatan untuk belajar ambil ilmunya wa
terus juga seperti yang beliau bilang tentang Barra ibin Adzim:

رب أشعث مدفع بالأبواب لو
أقسم على الله لأبره

Baju dekil cuma saya bilang bajunya habib Hud rapi bersih cakep wa biasa do’a insyaallah do’anya diijabah Allah SWT bakal kita sekalian, wa apa yang
disampaikan oleh habib Abdurahman juga insyaallah bawa manfaat bakal kita sekalian.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, insyaallah mudah-mudahan Allah kasih kemudahan, Allah kasih rizeki yang berkah bakal habib Hud itu kitab yang
beliau janjikan 40 hadits mudah-mudahan kita bisa manfaatkan, insyaallah. Terus ada beberapa yang mau saya sampaikan tentang adab tidur. Diantara adab
tidur kita disunnahkan baca ayat kursi sebelum tidur, pahalanya besar, sampai sahabat bilang didalam beberapa riwayat tentang ayat kursi. Sayidina Ali ibn
Abi Thalib bilang; ane nggak pernah dapetin orang yang punya akal sehat kalo tidur melainkan pasti baca ayat kursi, yang bilang siapa? Sayidina Ali ibn Abi
Thalib. Ana gak dapetin orang yang mempunyai akal sehat kalau tidur baca ayat kursi. Dan dulu para sahabat begitu, kita diajarin ama Rasulullah demikian.
Ada satu kali cerita, ceritanya siapa? Cerita Abu Hurairoh. Abu Hurairoh radhialalhu taala anhu wa ardlo beliau diperintah oleh Rasulillah Shalallahu
alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam untuk ngeronda jaga malam, kebetulan AnNabi Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam ada gudang, gudang
makanan untuk beliau bagi-bagi kepada fuqoro walmasakin, Rasul memerintahkan salah seorang sahabat sayidina Abu Hurairoh untuk jaga malam. Nabi wanti-wanti
hati-hati entar ada maling. Jaga yang bener. Orang dulu kalo ngeronda bukan main gapleh. Orang dulu kalo ngeronda dipake sembahyang malam. Abu Hurairoh
sambil ngeronda sembahyang malam diitu gudang, dia lagi sembahyang tiba-tiba dia ngedenger suara kresek-kresek, dia buru-buru selesain itu shalatnya lepas
shalat dia liat, ni suara engga wajar, tiba-tiba betul dugaannya seperti yang Rasul bilang, betul ada maling, ditangkep ama Abu Hurairoh, dapetin bocah
kecil lagi mau nyolong gandum, ditakep ama Abu Hurairoh. Siapa luh? Ampun-ampun jangan tangkep saya! Ngga ada akan saya bawa engkau kehadapan Rasulullah,
ini barang punya Rasulullah bakal dibagi-bagiin bakal faqir miskin. Ni bocah nangis jangan…jangan…ampun…ampun…saya taubat deh enggak bakalan
nyolong lagi. Betul? Janji? Nggak bakal nyolong lagi? Iya saya janji yang penting jangan bawa saya ke Rasulullah. ya udah saya lepasin…jangan diulangi
lagi! Terus dilepas. Pagi-pagi Abu Hurairoh shalat subuh, begitu selesai shalat subuh belum cerita, nabi sudah bilang ama Abu Hurairoh; Apa yang dilakuin
ama tawanan mu ya Abu Hurairoh semalem? Nabi sudah tau. Iya ya Rasulullah semalem ana dapetin ada maling masuk kegudang, dia mau nyolong, bocah, ana mau
tangkap, ana bilang ana mau bawa ente ke Rasulullah, dia teriak, dia nangis, minta dilepasin, dia janji gak bakalan nyolong lagi. Nabi bilang dia entar
malam bakalan dateng lagi. Udeh malam seperti biasa Abu Hurairoh sembahyang malam. Bener, denger lagi kresek-kresek yang gak wajar. Selesai shalatnya
beliau ngendap-ngendap beliau dapetin betul bocah yang semalam dateng lagi, ditangkep lagi ama Abu Hurairoh, ngga ada ampun ni malam! dia nangis
lagi…jangan…jangan tangkep saya…ini yang terakhir..saya janji gak ngulagi lagi….dia nangis kejer. Engga tega Abu Hurairoh, bocah. janji? Janji
nggak bakalan lakuin lagi? Ya udah awas kalau kau lakuin lagi!.udah engga. Pagi-pagi sembahyang subuh ketemu nabi, nabi tanya langsung, gimana semalam ente
punya tawanan? Nabi sebut tawanan. Abu Hurairoh bilang lagi betul seperti yang engkau bilang tapi dia janji nggak bakalan dateng lagi. Udah kapok katanye,
engga kata nabi entar malam dia bakalan dateng lagi. Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam. Tengah malam sudah ditungguin ama Abu Hurairoh, Abu
Hurairoh sudah nungguin, betul bunyi kresek-kresek lagi. Disamperin ama Abu Hurairoh begitu disamperin langsung ditangkep ama Abu Hurairoh. Ketika
ditangkep, udah.. Abu Hurairoh bilang gak ada ampun lagi, ngga ana janji gak ngulangi lagi, ngga ada ente sudah tiga kali ente kerjain ana ente bohong.
Engga ada ampun ana bawa ngadep Rasulullah. jangan…jangan…jangan bawa ana kehadapan Rasulullah. engga ada..ente udeh bohongin ana tiga kali. Ni bocah
bilang gini deh ya Abu Hurairoh, ente jangan bawa ana kepada Rasulullah sebagai gantinye ana ajarin ente do’a. Abu Hurairoh demen ilmu kayak tadi habib
Abdurahman sampein, dia bingung dia hadepin yang bener-bener dia cari, ilmu. Dia tanya do’a apa yang mau ente ajarin ama ana? Suatu do’a yang kalau ente
baca orang macam ana ni ngga bakalan dateng lagi ganggu ente. Oh gitu boleh deh ente ajarin ana, tapi awas kalau ana bakal baca ente jangan dateng. iya!
Apa itu? kalau ente mau tidur ente baca ayat kursi, sebab kalau ente baca ayat kursi sebelum tidur orang macam ana enggak bakalan bisa dateng lagi. Udah
dilepas ama Abu hurairoh. Pagi-pagi lepas shalat subuh nabi tanya lagi; apa yang ente lakukan sama tawananmu semalam? Abu Hurairoh bilang ketangkep lagi
dia dateng lagi seperti yang Engkau bilang, tadinya engga ada ampun, tapi terus terang ana kemakan kesogok sama dia. Kesogok apa? Dia bilang jangan bawa
dia ke Rasulullah sebgai gantinya ana ajarin ente ilmu. Apa yang dia ajarin? Ana diajarin sebelum tidur suru baca ayat kursi kalau ana baca maka orang
macam dia gak bakalan datang lagi. Nabi bilang

لقد صدقك وهو كاذب

“Sungguh iya telah berucap jujur padahal dia pendusta besar”, kali ini dia berucap jujur. Abu Hurairoh nanya, siapa itu bocah ya Rasulullah? ente tau itu
siapa? Itu syaiton. Yang menjelma dalam bentuk manusia. Saya baca tuh hadits, saya ngobrol sama habib jindan ni kalau kalau dialam kita ama ni bib ya?
Habib Jindan duduk mikir mungkin kalo bahasa kitanya tuyul kali ya? Tuyul tau tuyul? Jin yang demen nyolong, bocah lagi. Penangkalnya apa? Ayat kursi. Tuh
ajarannya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam, makanya sebelum tidur baca ayat kursi pahalanya besar untungnya besar ngga
bakalan diganggu ama syetan engga bakalan diganggu ana jin, nabi udah bilang begitu. Para sahabat dulu diajarin ama nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa
aalihi washahbihi wa sallam begini, wa terus masih banyak lagi sebenernya adab tidur yang lainnya yang diajarin ama nabi Shalallahu alaihi wa aalihi
washahbihi wa sallam ketika seseorang hendak tidur, diantaranya seperti yang tadi kita denger daru habib Hud yang beliau sampaikan dari guru kita yang
mulia Alhabib Abdullah bin Husain Syami Al Attas seorang wali besar seorang wali besar yang dimuliakan oleh Allah SWT, kita diajarin sebelum tidur tuh
biasain ambil wudlu nabi ngajarin begitu, wudlu yang sempurna, lepas itu kalo memang sebelum itu kita sudah shalat yang tadi disebutkan shalat
sunnatarridlo dan sebagainya. Alhabib Abdurahman bin Muhammad AlMasyhur pengarang kitab Bughiatul Mustarsyidin, beliau itu selama waktu itu beliau cerita
baru empat puluh tahun tapi seumur hidup beliau gak pernah tinggal, apa itu? selama itu selama hidupnya lepas shalat isa tidak pernah tinggal selalu
membaca surat alif lamim sadjadah sama surat tabaarak, ni dua surat seumur hidupnya abis shlat isa engga pernah dia tinggal, ni istiqomah seperti ini bukan
seminggu dua minggu terus habis, ni istiqomah seumur hidup. Terus setelah wudlu dengan wudlu yang sempurna itu Al Imam Al Gozali mengatakan ketika kita
tidur, kita tidak tau siapa tau tidur gak bangun lagi, dan banyak begini tidur gak bangun lagi. Abis apa? Siapin dibawah bantal kita tuh biar ada wasiat.
Bukan handpone, tapi wasiat, wasiat tertulis kita punya hutang sama siapa? Ente niat bakal sedekah buat siapa? wasiat-wasiat ente tulis apa yang mau ente
sampein tuh biar siap dibawah bantal. Sekarang engga..yang ada apa dibawah bantal? Handpone. Orang dulu ngajarin yang ada dibawah bantal adanya wasiat dan
diatas bantal adanya siwak sebelum tidur bersiwak begitu melek bangun dari tidur ngucapin kalimat:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
محمد رسول الله

baru bersiwak, tuh diajarin begitu. Kemudian abis wasiat kita disunnahkan ketika berbaring tidur seperti habib Hud bilang tadi tidur nyamping seperti mayat
yang dibaringkan didalam kuburnya. Terus tidurnya nabi Muhammad tuh kadang kalau memang malam masih panjang harus tidur lelap beliau letakan pipinya diatas
telapak tangannya sebagai bantalnya Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam, namun kalau memang sebentar lagi subuh, tidur cuma sedikit kagak mau
lelap supaya bisa bangun cepet, beliau tidurnya jadi lengannya jadi bantalan, yang jelas kalau tidurnya mau lelap beliau baringkan kepalanya diatas telapak
tanganya tapi kalau beliau mau tidur sebentar agak nongak sedikit beliau sandarakan tangan untuk kepalanya ini Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi
washahbihi wa sallam begitu. Kemudian setelah itu ada beberapa do’a-do’a, banyak tadi sudah disampaikan beberapa oleh habib Hud wa insyaallah karena waktu
sudah sedikit tinggal sebentar lagi saya kira sudah cukup bakal pertemuan kita yang kita bahas banyak lagi tentang adab tidur orang yang menjalanin adabnya
tidur, tidurnya ditulis oleh Allah SWT pahala, yang ente dengar tadi dijalanin, diantaranya yang tadi habib hud bilang yaitu menghadap kiblat duduk setelah
kita ambil wudhu baca surat al ikhlas, al falaq wa surat Annas tiga kali terus kita tiup tiga kali terus kita usap keseluruh badan kita ini hadits sahih
seluruh badan kita dan kita lakukan semacam itu sebanyak tiga kali itu disunahkan, itu yang dilakukan oleh Nabi muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi
washahbihi wa sallam seperti apa yang ada disahihul bukhari terus diantara adabnya tadi seperti habib Hud sudah bilang;

سُبْحَانَ اللهِ [×33].
الحَمْدُ للهِ [×33]. اللهُ
أَكْبَرُ [×34]

terus ini do’a yang telah diriwayatkan oleh sayidina Barra’ bin adzim jadikan ini do’a yang terakhir apabila masih ada do’a-do’a yang lain insya Allah akan
saya sebutkan do’a-do’a sangat banyak banget, waktu saya belajar dihadramaut belajar ini doa bidayatul hidayah, banyak banget do’anya panjang doanya, kayak
kita baca wirid saya tanya mau tidur doanya banyak banget dijawab sama guru saya tidurnya panjang do’anya pendek, ya biar seimbang kita sudah menikmati
tidur panjang terus do’anya pendek habis itu mengharap pake mimpi indah, kagak ada begitu. Jalanin sunahnya Nabi dengan sebaik-baiknya wa insyaallah kalau
dapat rizqi dikasih mimpi indah oleh Allah SWT tapi mimpi bukan segalanya, kayak habib Abdurrahman tadi bawain ilmu tidak bisa kita dapat tidur mimpi jadi
‘alim, kagak ada. Sekarang orang yang mimpi pengen tidur aja, kenapa tidur? Engga ana pengan belajar dalam mimpi, denger beberapa cerita auliya Allah, dia
wali. Dia orang yang disayang oleh Allah. pengen belajar dalam mimpi jadi orang alim aja dalam mimpi, bukan dalam kehidupan nyata. Ni kita hidup dalam
dunia nyata bukan dunia maya bukan dunia mimpi. Dan masih bayak lagi sunnah-sunnah nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam wa
insyaallah masih banyak lagi yang akan kita bahas dalam pertemuan yang akan datang wa insyaallah ini malam bawa keberkahan bakal kita sekalian.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, hari kamis malam jumat yang lalu saya kebetulan ada kesempatan bisa hadir ditempatnya habib Muhsin acara malam
Jum’at setelah pengajian dirumah hadir terus begitu nyampe haji Ahmad lagi ceramah bawain dzikir Ya Allah…Ya Allah.., saya duduk dibelakang enak, enak
banget, tau kenapa saya bilang begini? Enak duduk dibelakang dibanding duduk didepan, didepan kita punya tanggung jawab gede, tapi duduk dibelakang kita
bisa nikmatin, abis denger panjang lebar kita asyik terharu ya tetep juga kita musti duduk didepan punya tanggung jawab yang besar mudah-mudahan Allah
kasih keringanan bakal kita mikul ni tanggung jawab. Kemudian hari minggu lalu abis hadir kwitang terus terang seneng tuh hari hari bahagia bakal saya,
kenapa tau? Sebenernya tuh waktu waktu tidur siang saya, waktu istirahat, cuma disms habib kita pada mau dateng, siapa? 40 orang dateng kerumah dari jemaah
Majelis Rasulullah komunitas orang-orang Tegal orang-orang Pekalongan, mereka kasih istilah sama saya orang “Betawi” saya bingung, betawi apa tuh? Orang
betawi tuh Brebes Tegal Slawi, 40 orang. 30 orang laki 10 orang perempuan, saya seneng mereka pada silatuhmi mudah-mudahan mereka pada diterima ama Allah
dikasih pahala sama Allah tiap langkah yang mereka langkahkan ditulis pahala besar oleh Allah, wa saya sangat seneng banget kita emang dididik begitu demen
ama tamu, seneng ama tamu yang dateng jam berapa pun, pernah suatu waktu dateng jam 2 malam tamu dateng sama saya, saya bilang saya nangis seneng banget
jam 2 malam masih ada orang dateng, alhamdulillah masih dicari, nikmat. Ini dalam riwayat disebutkan

إذا أحب الله عبدا أو في
رواية : إذا أراد الله بعبده
خيرا جاء حوائج الناس إليه

Allah kalau pengen kebaikan kepada suatu hambanya dijadikan urusannya manusia terselesaikannya lewat tangannya dia. Ini nikmat dari Allah makanya orang
jangan ngeluh apa yang Allah kasih bakal kita bagus aja wa insyallah Allah kasih keberkahan bakal kita sekalian wa ni sekarang diakhir bulan Jumadil Akhir
wa bakal dateng Rajab, Syaban wa Ramadhan dan biasanya sebelum Ramadhan banyak orang pada ziaroh ke berbagai tempat para ulama para auliya wa sholihin,
saya ingin kasih pengumuman bakal orang perempuan secara khusus ya insyaallah seperti yang biasa saya bilang hadroh basaudan yang biasa kita adakan diwakaf
alhabib Salim bin Jindan setiap hari selasa, diakhir bulan biasa diadakan ditempat saya yayasan Al fachriyah, Cuma kali ini insyallah biasanya kita kalo
mau masuk bulan Rajab hadroh basaudannya pindah-pindah, pindah-pindah kemana? Ni khusus bakal orang perempuan bukan untuk orang laki, ni khusus dibulan
Rajab Hadroh Basaudan berziarah ke makam-makam auliya, kita mulai hari selasa ini di Al fachriyah, hari selasa berikutnya nanti dibeberapa tempat lagi
seperti di Empang Bogor, di makam habib Abdurahman Cikini, dimakam Kwitang, sampai deket Ramadhan sekalian penutupan, nah saya ngajak kaum wanita sekalian
yang punya kesempatan setiap selasa pagi jam 10 besok di Yayasan Al fachriyah dan selasa selasa yang berikutnya dibeberapa tempat auliya yang lainnya,
mudah-mudahan yang punya kesempatan bisa hadir membawa keberkahan bakal kita sekalian alhamdulillah membawa nikmat dari Allah SWT. Ini malam kita dapet
hadiah besar kita dapetin habib Abdurahman, habib hud semuanya bersambung kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi washahbihi wa sallam.

Raih pahala, sebarkan kebaikan..

Comments are closed.