Senin 5 Mei 2014, Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah


C
eramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran

Senin, 5 Mei 2014


الحمد لله والصلاة
والسلام على سيدنا رسول
الله محمد ابن عبد الله
وعلى آله وصحبه ومن وا

لا
ه أما بعد الحمد لله

Para habaib, para kiyai, para asatidzah, hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT. Kita mendengarkan barusan apa yang disampaikan oleh AdDai ilallah Al habib
Abdulbarri bin smith mudah-mudahan diberikan keberkahan oleh Allah SWT, Alhabib Abdul barri ini merupakan sahabat saya senior saya, sahabat alhabib Munzir
beliau aslinya dari Manado tinggal saat ini di Palu tepatnya Alkhairot Al Habib Idrus bin Salim Al Jufri, beliau berda’wah didaerah sana, kemudian sengaja
tiap tahun datang ke Jakarta duduk disini di Jakarta untuk menghadir pembacaan shohihil bukhori di Kwitang dan beberapa tempat yang lain. Mudah-mudahan
kehadiran beliau di kabulkan oleh allah subhanallahu taala. Dan kita semua yang hadir disini mendapatkan keberkahan imamul bukhori warijaalul
muhadditsinnabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Hadirin sekalian yang dimuliakan allah subhanahu wataala. Hari ini yang pertama dari
pada bulan rajab, dalam pertemuan lalu saya mengingatkan tentang kemuliaan bulan suci rajab dan apa yang harus di kerjakan oleh hamba dibulan suci rajab,
diantaranya adalah untuk berpuasa di beberapa waktu karena pahalanya di sisi allah taala, sebagaimana istighfar kita sangat di anjurkan memperbanyaknya di
bulan rajab yang suci ini sehingga dinamakan bulan rajab ini dengan syahrul istighfar bulan, memohan pengampunan dari Allah subhanahu wataala, dan banyak
lagi amalan amalan, yang mana kesemua itu sebagai persiapan kita untuk menyambut menghadapi bulan suci ramadhan yang mudah muadahan kita mendapatkannya
dipanjangkan umur oleh allah subhanahu wataala, kemudian juga keistimewaan bulan rajab ini adalah bulan di isra mi’rajkannya baginda nabi besar Muhammad
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, peristiwa yang agung peristiwa yang di abadikan oleh allah di dalam Al Qur’an. Allah menyatakan:


سبحن الذي أسرى بعبده ليلا
من المسجد الحرام إلى
المسجد الأقصا الذي
بركناحوله لنريه من ايتنا
إنه هو السميع البصير .


“Maha suci Allah (subhanallah, di dalam kalimat ini terkandung makna yang amat mendalam) yang memperjalankan hambanya di malam hari dari masjidil harom
ke masjidil aqso, yang dipenuhi keberkahan oleh Allah di sekitarnya, agar kami perlihatkan kepadanya tanda-tanda kebesaran kami (kata Allah)
sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat.”

Dalam perjalanan isra’ wal mi’raj terdapat pelajaran yang sangat besar, yang diajarkan oleh Allah yang diperlihatkan oleh Allah kepada baginda nabi besar
Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam yang kemudaian untuk disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam kepada sekalian umatnya, karena itu dibulan Rajab ini kita punya tiga kali hari senin malam selasa ini, malam selasa berikutnya dan yang berikutnya
kemudian acara malam selasa yang ke empat yang akan kita adakan di Monas, mudah-mudahan Allah kasih kelancaraan, Allah kasih kemudahan dan Allah kasih
keberkahan, amiin. cuma tiga kali senin ini kita ingin membahas sejarahnya, kita cuma mendengar namanya doang isra wal mi’raj. Tapi pada tahu gak? Kisah
sejarahnya secara terperinci? Malu kalau kita tahu sejarah artis. Kita belajar disekolah sejarah kemerdekaan, boleh bagus sejarah pahlawan-pahlawan, tapi
yang lebih patut kita pelajari di atas itu semua adalah sejarah kehidupannya Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Sebab dengan
mempelajari sejarah kehidupan Nabi muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam keimanan akan kokoh dalam hati kita, jangankan kita Nabi
Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam manusia yang sudah sempurna keimannya Allah SWT menceritakan kepada beliau tentang kisah
nabi-nabi yang terdahulu, setelah Allah ceritakan kisah nabi-nabi yang terdahulu secara terperinci apa yang Allah katakan kepada Rasulullah Shalallahu
alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam? Allah katakan:


وكلا نقص عليك من أنباء
الرسل ما نثبت به فؤادك


“Dan semuanya telah Kami ceritakan kepada Mu ya Muhammad tentang kabar mereka para utusan-utusan Ku, untuk mengokohkan hatimu didalam keimanan kepada
Allah SWT”.

AnNabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam yang keimanannya sudah sempurna bertambah makin sempurna lagi dengan diceritakan sejarah para
utusan Allah SWT. Ini yang kita denger adalah kisah dari para pemimpin utusan-utusan Allah yaitu Baginda Nabi Besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa
shahbihi wa sallam, sehingga diriwayatkan tentang berbagai kisah isra wal mi’raj diberbagai hadits, Syaikhuna Al imam Muhadditsu lharomain Sayid Muhammad
bin Alwy Al maliki didalam kitabnya وهو بالأفق الأعلى beliau membawakan
hadits-hadits Nabi muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam yang menceritakan peristiwa isra wal mi’raj lebih dari dua puluh sampai tiga
puluh hadits lebih menceritakan secara terperinci dan juga para ulama lainnya, banyak diantara mereka yang merangkumnya menjadi satu buku, beberapa dari
mereka susun dalam bentuk syair, dengan bentuk pujian yang indah untuk nabi muhammad shallahu alaihi wa aalaihi wa shabihi wa sallam di antaranya dalam
fassal maulid simtuddurar ungkapan yang sangat-sangat indah di unggkapkan oleh al habib ali bin muhammad al habsyi tentang peristiwa isra mi’rajnya nabi
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam sebagimana imam abdurrahim al bur’i seorang wali besar di zamannya betapa banyak syair-syair yang beliau
tulis tentang peristiwa isra mi’raj nabi shallahu alaihi wasallam itu semua di lakukan untuk apa keimanan agar makin berkembang di dalam hati seseorang di
antara kita insyaallah di malam malam ke depan kita akan membahas tentang sejarah isra mi’raj nabi muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam terperinci, guru kami AsSayyid Muhammad bin Alwi AlMaliki beliau mengarang satu kitab sebagaimana imam barzanji mengarang kitab tentang kisahnya
isra wal mi’raj yang biasa di bacakan di empang bogor tiap akhir kamis terakhir bulan rajab dalam karangan yang di karang oleh al habib Muhammad bin Alwi
Maliki

أنوار البهية في إساء
ومعراج خير البرية

beliau merangkum hadits-hadits yang di riwayatkan tentang peristiwa isra mi’raj menjadi satu kitab yang panjang, insyaallah kita akan bahas hal-hal yang
penting kalau kita bahas semuanya waktunya gak bakalan cukup tapi insya Allah pelajaran-pelajaran penting yang Allah katakan dalam Al Qur’an yang Allah
perlihatkan kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Pertama-tama yang harus kita ketahui bahwasanya benar adanya terjadi suatu peristiwa yang agung yaitu peristiwa isra wal mi’raj, perjalanan dimalam hari
dari masjidil Harom kemasjidil Aqso kemudian perjalanan mi’raj yaitu dari bumi naik ke langit hinggan nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi
wa sallam menghadap Allah, dan ini diceritakan didalam Al Qur’an sehingga gak ada lagi yang bisa membantahnya sebab keimanan seseorang kepada Allah engga
dianggap kalau dia tidak beriman dengan peristiwa isra wal mi’raj. Sebagaimana juga diriwayatkan dalam hadits-hadits yang sangat banyak hingga mencapai بلغ درجة التواتر itu hadits sudah tidak bisa
dibantahkan lagi tentang terjadi isra wal mi’raj. Kemudian para ulama berbeda pendapat kapan terjadinya? Kejadiannya betul ada namanya isra wa mi’raj tapi
kapannya berbeda pendapat. Beberapa mengatakan dibulan rabiul awal, beberapa megatakan dibulan ramadhan tapi sebagian besar pendapat mengatakan terjadinya
pada bulan Rajab. Setelah wafatnya Abu Thalib pamannya Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam setelah wafatnya Khodijatul Kubra istri
tercinta Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dan setelah kembalinya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam dari Thaif, sebagian besar ulama berpendapat demikian. Kemudian ditanggalnya merekapun berbeda pendapat namun pendapat yang terkuat mengatakan
terjadi pada malam dua puluh tujuh Rajab terjadi isra wal mi’rajnya baginda Nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Ya
Rabb..mudah-mudahan yang pada bawa pulpen dan buku tulis dijadikan oleh Allah sebagai ulama ‘amilin, dan saya seneng disini ada beberapa yang pada bawa
buku tulis pada nulis, ente mau cari susah beginian, mudah-mudahan Allah bimbing kita kejalan yang Allah ridhoi,amiin.

Suatu malam yaitu pada malam dua puluh tujuh tersebut, nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam sedang tidur, didalam riwayat
beliau sedang tidur di hijir Ismail disamping Ka’bah. Saat itu nabi muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam sedang tidur disamping
beliau adalah sayiduna Hamzah dan disamping satunya lagi sayidina Ja’far ibn Abi Thalib, nabi Muhammad ditengah-tengah mereka, kemudian datanglah malaikat
Jibril, malaikat Mikail dan malaikat Israfil. Saat itu nabi Muhammad dibawah, dan dibaringkan samping sumur zam-zam oleh para malaikat saat itu dibelah
dada beliau dan dikeluarkan hati beliau dan disucikan dengan air zam-zam. Nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dibelah
dada beliau untuk disucikan hatinya selama hidupnya terjadi beberapa kali, menurut pendapat yang kuat terjadi empat kali, dan salah satunya adalah pada
saat sebelum isra wal mi’raj. Satu hal yang harus kita ketahui dada baginda nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dibelah dan
dikeluarkan hatinya untuk disucikan bukan artinya hati beliau kotor. Al Imam Alhabib Ali Al habsyi mengatakan:


وما أخرج الأملاك من قلبه
أذى – ولنكهم زادوه طهرا
على طهر

Para malaikat tidak pernah mengeluarkan kotoran dari hati beliau melainkan menambahkan kesucian diatas kesucian. Ini yang dilakukan oleh para malaikat
sebab sudah dari awal beliau manusia sudah paling suci dialam semesta Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, dalam beberapa riwayat memang
dinyatakan bahwa para malaikat ketika dalam peristiwa yang lain yaitu ketika diasuh oleh sayidatina Halimatussa’diyah dibani Saad ketika itu dibelah juga
dada Rasulullah didalam beberapa riwayat sebagai mana Al Imam Al Hanafi didalam sirohnya menyatakan dalam suatu riwayat dikeluarkan dari hati Rasulullah حظ الشيطان bagian syaiton, beberapa orang salah faham ada
mengatakan ada kotoran hitam dihati Rasulullah yang dikeluarkan bukan seperti itu maksudnya, seorang ulama besar dari kota Hadramaut guru dari Al Imam Al
Qutub Al habib Alwi bin Abdullah bin Syihab yaitu Al Arif billah Al imam Al Habib Abdullah bin Idrus al Idrus pemimpin para aulia dizamannya beliau
mengatakan tentang hal ini, yang dimaksud dengan حظ الشيطان kalimat حظ adalah bagian syaiton dalam bahasa arab artinya begitu. Apa maksudnya? Kita harus tahu syaiton, iblis dari sejak awal
dilaknat oleh Allah SWT putus asa dari rahmat Allah engga bakal pernah dapet rahmat Allah SWT kita tahu dan Al Qur’an menyatakan tentang hal itu, makanya
kita bilang syaitonirrojim tau apa artinya? Yang sudah diputuskan dari rahmat Allah. terus apa urusannya sama nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa
shahbihi wa sallam? Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam Allah ciptakan adalah kasih kasang yang murni dengan arti kata yang
sesungguhnya sebab beliau adalah lambang kasih sayang Allah hingga beliau sendiri menyatakan

أنا رحمة المهدى
Aku adalah rahmat yang dihadiahkan oleh Allah untuk alam semesta. Hingga didalam ayat kita baca للمؤمنين رءوف رحيم diberikan ini gelar
oleh Allah untuk nabi Muhammad رءوف رحيم dalam ayat yang lain juga Allah menyatakan;


وما أرسلناك إلا رحمة
للعالمين

kami tidak mengutus mu melainkan rahmat untuk alam semesta. Kita setuju dengan hal ini, nah cuma syaiton juga bagian dari alam semesta, kalau syaiton sudah
putus dari rahmat Allah cuma yang jadi masalahnya nabi muhammad rahmatnya bagi alam semesta termasuk syaiton, nah ini yang dikeluarkan dari hati
Rasulullah, bukan kotoran tapi bagian dari kasih sayang Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam untuk syaton itu yang dikeluarkan dari
hati Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Jadi bukan kotoran tapi rahmat yang sudah meluber dari hati Rasulullah hingga syaiton
terputus dari rahmat dan kasih sayangnnya Allah Ta’ala, makanya benar yang dinyatakan oleh Alhabib Ali habsyi :


وما أخرج الأملاك من قلبه
أذى – ولنكهم زادوه طهرا
على طهر

mereka para malaikat gak mengeluarkan kotoran sama sekali dari hati nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam melainkan mereka
tambahkan kesucian diatas kesucian, kemudian setelah dituangkan dengan kesucian dengan kemulian kemudian ditutup itu dadanya Rasulullah dan gak ada sama
sekali ada rasa sakit yang dirasakan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, kemudian setelah itu didatangkan untuk Rasulullah
Buroq, buroq ini adalah pernah dikendarai oleh para nabi-nabi sebelum nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, termasuk Nabiallah
Ibrahim ketika membawa Siti Hajar dan nabi ismail ke Makkah dibawa saat itu nabi Ibrahim mengendarai Buraq. Engga ada seorang nabi melainkan kendaraannya
adalah Buroq, kita sering dengar nama Buraq tapi seperti apakah Buraq? Kita dengerin yang diriwayatkan didalam hadits, didalam riwayat disebutkan buraq itu
adalah binatang menyerupai keledai lebih besar dari keledai lebih kecil daripada kuda atau baghal, saya tidak tau bahasa indonesianya baghal, tapi dulu
nabi Muhammad pernah dihadiahkan baghal dari raja Mesir. Baghal hasil dari perkawinan antara kuda dan keledai nah ini baghal keturunnya, dia bentuknya
hampir mirip dengan kuda tapi lebih kecil dan lebih besar dari keledai. Didalam riwayat di sebutkan bahwasanya ini buraq apabila melangkah langkahnya jauh,
sejauh apa? sejauh batas akhir pandangan seseorang, sejauh akhir pandangan seseorang nah disitu satu langkahnya buraq, dan buraq cepet dan ada sayapnya ini
riwayat menceritakan seperti itu. ada beberapa hal yang perlu diluruskan beredar gambar buraq mukanya muka perempuan cakep banget rambutnya panjang,
masyaallah… terus pake make-up lagi, kita pengen tanya make-up nya merk apa tuh? Make up nya merk apa kita bingung siapa yang bikin apa dari cina apa
dari mana? Ni semua datengnya dari musuh-musuh islam dan riwayat tidak menyebutkan semacam itu riwayat menyebutkan seperti yang tadi disebutkan. Tuh gambar
semacam itu hanya bikinan dan palsu. Kita tanya emang yang tadi bikin gambar pernah ngelihat Tuh buraq? Itu ada qoidah;


إن كنت ناديا فالصحة وإن
كنت مدعيا فدليل

Kalau kita bawa kabar buktikan keabsahannya? Gambar nih dari mana? Ampe sekarang kagak tau darimana asal muasalnya kita tidak tahu.

Kelana sudah dipasangkan diatas Buraq, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam oleh malaikat Jibril dipersilahkan untuk naik keatas
Buraq, saat itu Buraq agak liar dikit, agak susah dinaiki oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, jibril ngelihat gitu dipegang
tuh Buraq, Jibril bilang sama Buraq: ”

Ya Buraq kenapa jadi liar begini? Tahu gak siapa yang akan menunggangimu sekarang ini? Demi Allah (kata Jibril) belum pernah Allah menciptakan
seseorang yang lebih semulia kecuali ini orang”,

Buraq denger begitu gemeteran langsung diem nurut dinaiki oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. Maka berangkatlah, Sayidina
Minkail pegang tali kekangan, sayidina Jibril pegang pelananya, nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam duduk diatasnya.
Ditempuhlah perjalanan panjang, perjalanan dari Masjidil Harom sebagai mana Allah bilang, ahli tafsir mengatakan yang dimaksud dengan Masjidil harom ini
adalah Makkah secara keseluruhan ke Masjidil Aqso, tuh perjalanan ditempuh dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqso naik ke langit balik lagi ke Makkah
kerumahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, Al Imam AdDaiba’i ketika menceritakan secara ringkas peristiwa ini beliau
bilang:


ثم أرده من العرش قبل أن
يبرد الفرش وقد نال جميع
المأرب

Imam AdDaiba’i menceritakan nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dikembalikan dari langit ke Makkah itu kasur beliau masih
anget, ente duduk sekarang disini bangun berasa angat kan bekas duduk ente, tapi berapa lama paling angetnya? Gak lebih dari dua menit. Nah itu dikatakan
masih anget nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam sudah balik lagi ke tempat tidurnya. Perjalanan mukjizat mau ngomong apa kita?
Akal gak sampai kesitu. Kalau akal sampai disitu namanya bukan mukjizat, ini mukjizat dari Allah dan terdapat dalam Al Qur’an. Perjalanan dari masjidil
Harom ke Masjdil Aqso, diperjalanan Nabi Besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam gak langsung pergi langsung ke masjidil Aqso,
tapi keliling-keliling dulu diajak ama Malaikat Jibril, keliling kemana? Nah kita pengen tahu, dan keliling kemana? Padahal bisa aja langsung ke Masjidil
Aqso naik kelangit ngadep Allah turun lagi tuntas sudah, tapi engga, transitnya banyak banget, berhentinya banyak banget. Diamana aja beliau berhenti?
Ketika menempuh perjalanan sayidina Jibril mengatakan kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam ketika sampai disuatu tempat
dipenuhi dengan pohon kurma yang sangat banyak terus itu tempat ada beberapa gunung yang sangat bercahaya tentram itu tempat hingga detik ini, dan setiap
orang yang dateng kesitu akan merasakan kenikmatan keterntraman yang sangat luar biasa, dan ketika menyaksikan itu gunung yang bercahaya pasti kita akan
cinta pada itu gunung, hingga detik ini. AnNabi diajak kesitu ama malaikat Jibril sesampainya disitu Jibril mengatakan Ya Muhammad turun Engkau disini
shalat lah, nabi shalat engga basa basi engga banyak nanya sama malaikat Jibril, disuru beliau nurut, shalat disitu lepas shalat nabi naik lagi ke atas
Buraq lanjutin lagi perjalanan, nabi gak nanya,تسليم penyerahan keseluruhan kepada Jibril,
maka Jibril yang mulai ama nabi Muhammad, Ya Muhammad tau gak engkau barusan shalat dimana? Nabi balik nanya; dimana itu ya Jibril? Jibril bilang


صليت بالطيبة وإليها
المهاجرة

engkau shalat tau dimana? طيبة nama lain dari nama kota Madinah. Jibril bilang barusan engkau
shalat diMadinah dan kelak engkau akan hijrah kesana, Ya Rabb…mudah-mudahan Allah sampaikan kita diitu tempat,.amiiin. dan terus terang saya katakan tiap
orang yang datang ketempat itu bakal merasakan ketentraman, ketentraman yang gak bakalan didapetin ditempat lain, kebahagian kegembiraan lupa segala urusan
dunia, ketika ngelihat itu gunung yang bercahaya tahu itu gunung apa? gunung Uhud. Nabi waktu dateng dari peperangan tabuk yang nyambut beliau begitu sampe
di Madinah tuh gunung Uhud yang besar itu yang bercahaya, AnNabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam bilang:

أحد جبل يحبنا ونحبه

Gunung Uhud adalah gunung yang cinta kepada ku dan aku cinta kepada gunung uhud dan setiap orang beriman bakal cinta kepadanya”

Lanjut lagi perjalanan, ketika lanjut perjalanan Jibril bilang lagi ama nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam ya Muhammad turun
,shalat disini. Dimana? Dibawah satu pohon, pohon besar rindang, shalat disini, gak banyak omong nabi gak bilang ya Jibril ini hukumnya syirik apa gak
shalat dibawah pohon gini? Nabi gak bilang seperti itu! nurut aja udah. Shalat disitu, lepas shalat jalan lagi, nabi gak nanya tapi Jibril yang bilang ama
Rasulullah,يا محمد أتدري أين صليت ؟ ya Muhammad tahu gak Engkau barusan shalat dimana? saya engga tau. Jibril bilang

صليت بمدين عند شجرة موسى

engkau barusan shalat dinegeri Madyan, itu pohon tempat apa? tempat dahulu berteduhnya nabi Musa Alaihissalam, kenapa nabi disuru shalat dibawah itu pohon?
Nabi Musa berteduh diitu tempat berapa lama? Setahun dia tinggal dibawah itu pohon? Gak! Sesaat doang, diwaktu itu disaat masih muda sebelum diangkat Allah
sebagai nabi nabi Musa lari dari kejaran Fir’aun pergi ke madyan saat itu berteduh di bawah pohon yang rindang itu dipagi hari melihat orang-orang lagi
pada ngambil air diujung ada dua orang perempuan adik kakak mengambil air tapi mereka mundur jauh dari orang-orang laki, nabi Musa menghampiri mereka, ada
apa kalian, mereka katakan kami pengen ngambil air tapi kami malu disitu banyak orang laki, maka nabi Musa yang mengambilkan air untuk mereka. Tuh lihat
keadaan perempuan-perempuan suci kaya begitu….wahai hadirat, dan ini kisah diceritakan oleh Allah bakal jadi panutan buat para wanita-wanita. Dan Allah
takdirkan nabi Musa jodohnya dari salah satu dari wanita tersebut, putrinya nabi Allah Syuaib alaihissalam sebagaimana beberapa riwayat. Itu tempat berkah,
saat itu nabi Musa dibawah itu pohon lagi do’a sama Allah


رب إني لما أنزلت إلي من
خير فقير

” Ya Allah saya ini faqir terhadap karunia yang Engkau turunkan ya Allah,”

tuh do’anya nabiAllah Musa dibawah itu pohon, nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam setelah dua ribu tahun atau lebih
diperintahkan oleh Jibril dateng kebawah itu pohon untuk shalat ditempat itu ambil berkah dari nabi Musa alaihissalam. Nah sekarang juga kita diajari oleh
ulama-ulama kita untuk melakukan hal serupa, untuk mendatangi tempat-tempa berkah begini, alhamdulillah zaman itu kagak ada orang-orang ngaco kalau ada itu
pohon udeh ditebang. Ini pelajaran ini aqidah yang dibawa oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, dan inilah yang jalankan
oleh para ulama kita ngajari untuk mengambil berkah, tempat shalatnya dimana? Tempat dirinya dimana? Tempat duduknya dimana? Ambil keberkahan dari para
aulia Allah..! para sholihin kekasih-kekasih Allah, Apa sih yang kurang dari keberkahannya Rasulullah? beliau Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam sumber segala keberkahan, nabi Musa gak ada apa-apanya dibanding keberkahan nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, tapi
lihat…! Nabi Muhammad diperintahkan untuk ambil berkah dari nabi Musa Alaihissalam,. Allah….,sebab orang yang punya iman yang penuh gak bakal merasa
cukup, siapa yang lebih mulia daripada sayiduna Ali ibn Abi Thalib? Tapi nabi pesen ama Sayidina Umar ama Sayidina Ali; Ya Umar ya Ali cari yang namanya
Uwais Al Qarni..! Uwais Al Qarni seorang tabiin gak ketemu ama Nabi, dia pengen berjumpa dengan nabi tapi dia tidak bisa tinggalin ibunya dia urusin dia
bakti ama ibunya sampai ninggal nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, nabi sebut dia, dan pesen sama sayidina Umar sama sayidina Ali; Ya
Umar Ya Ali cari Uwais Al Qarni…! kalau engkau bertemu dengannya sampaikan salamku kepadanya dan engkau Ya Umar ya Ali minta do’a kepadanya! Bukan
artinya sayidina Uwais lebih mulia daripada sayidina Umar wa sayidina Ali, gak! Sayidina Umar sayidina Ali siapa yang lebih mulia dari mereka? Mereka
manusia-manusia pilihan Allah yang dipilih oleh Allah untuk mendampingi Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. tap begini ajaran
Allah..! begini ajaran Nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, ngambil berkah dari siapa pun gak pandang bulu, mau dia
diatas kita atau dibawah kita, sebab setiap orang beriman sadar kalau dirinya adalah hamba dihadapan Allah. Terus lanjut lagi perjalanan, begitu lanjut
perjalanan Jibril bilang lagi turun ya Muhammad shalat disini…! diatas satu bukit disuatu gunung, lepas shalat lanjut lagi perjalanan dari atas bukit itu
kelihatan bangunan-bangunan yang ada dinegeri Syam. Jibril berkata; Ya Muhammad tau gak barusan engkau shalat dimana? Kenapa nabi Muhammad gak langsung ke
Masjidil aqso tapi keliling-keliling dulu? Ni namanya kalau bahasa kita safari ziaroh. Terus kalau kita perhatiin. Biasanya tuh kalau sudah deket bulan
Ramadhan, bulan sya’ban kita diajari oleh orang tua kita ziaroh kemakam-makan orang tua kita, ziaroh ke para aulia Allah kita ziarohin, tar tuh kalau bulan
sya’ban makam-makam aulia penuh banget, kenapa begitu? Nih dalilnya, saya tanya peristiwa isra mi’raj tuh terjadi dua puluh tujuh rajab menjelang bulan
sya’ban? Nabi ngadain safari ziarohh ketempat-tempat berkah. Ke Madinah, ketempatnya Nabi Musa, ke tempat lahirnya nabi Isa, nih kuburan disitu kagak ada?
Tar dulu tar kita bahas kuburan. Nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam juga diajak ziaroh kubur, kuburannya siapa? Diajak ama Jibril ke
kuburannya nabi Musa Alaihissalam. Dan mereka para anbiya mereka hidup diatas kuburan mereka, mereka shalat mereka ibadah didalam kuburan mereka. Ketika
nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dateng kekuburannya nabi Musa beliau dapeti nabi Musa lagi shalat diatas kuburannya, saat
itu nabi Musa lagi bermunajat sama Allah, dalam munajatnya, ini diriwayatkan nabi Musa bilang dalam munajatnya:

يا رب أكرمته وفضلته

“Ya Allah…….. Engkau muliakan dia, Engkau angkat derajatnya dia”.

Tuh munajatnya nabi Musa dalam shalatnya diatas kubur, gak lama nabi Muhammad dateng, Nabi ngucapin salam wa nabi Muhammad juga ngucapin salam, cuma nabi
Musa tuh orangnya gak basi-basi sama orang, ngomong apa adanya, teges sekalipun sama Tuhannya, ama Allah SWT. Tuh dalam munajatnya dia angkat suara lantang
sama Allah, dengan tegas, يا رب أكرمته وفضلته Ya rabb, engkau
muliakan dia, Engkau angkat derajatnya dia, nabi Muhammad waktu dateng nabi Musa waktu tengah-tengah munajat, Jibril ngucapin salam wa nabi Muhammad
ngucapin salam, maka nabi Musa menghentikan munajatnya menjawab salamnya nabi Muhammad dan Malaikat Jibril, terus nabi Musa nanya; siapa yang bersamamu ya
Jibril? Bersamaku Muhammad…….. Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, nabi Musa kenal kata dia bagai mana engga, dibikin terperanjat nabi
Musa, kenapa tau terperanjat? Yang barusan nabi Musa sebut-sebut dengan suara lantang ama Allah nih orangnya baru saja dateng, Allahumma sholi Alaih….,
dalam munajatnya nabi Musa bilang يا رب أكرمته وفضلته yakni nabi Muhammad,
lagi doa begitu yang disebut-sebut dateng, Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, kaget nabi Musa disambut oleh nabi Musa dengan sambutan yang
meriah, hingga akhirnya mereka pamit, begitu pamit sebagaimana juga yang kita baca dalam shohihil bukhori dikwitang, nabi Musa nangis, nangis, dia ngadu
sama Tuhannya Ya Rabb anugrahMu besar untuk ini pemuda, nabi musa bilang ini pemuda sebab nabi Musa jauh sebelum nabi Muhammad dan nabi Muhammad baru,
Engkau jadikan umat yang masuk surga banyak dan Engkau jadikan umatnya yang masuk surga jauh lebih banyak, nangis nabi Musa ngelihat anugrah yang diberikan
kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, lepas isra mi’raj nabi cerita sama sahabat-sahabatnya nabi diajak ziaroh ketemu
nabiallah Musa terus nabi bilang sama sahabat-sahabatnya dan kuburannya عند كثيب الأحمرditentuin kuburannya nih suatu tempatكثيب الأحمر sampai nabi bilang ini diriwayat Muslim, nabi bilang لو كنت هناك kalau saya disitu, saya disitu akan saya unjukkan kuburannya nabiallah
Musa, ini dalam riwayat disebut begitu dalam hadits sohih, lihat….perhatikan apa nabi Muhammad bilang sama sahabat-sahabatnya, kalau aku disitu akan aku
unjukkan kuburannya. nabi bilang begitu sama sahabat-sahabatnya. apa yang nabi bilang? kalau aku disitu akan aku ratakan kuburannya?? Bakal apa nabi
Muhammad ngunjukkin kuburannya nabi Musa bakal sahabat-sahabatnya? Jawab sendiri kita tahu apa jawabannya? Supaya di datengin diziarohin tuh kuburan. Kalau
emang gak boleh diziarohin gak bakalan diunjukin oleh nabi, cuma saat itu jarak sangat jauh dari Madinah ke baitul Maqdis. cuma nabi nyatakan begitu kalau
aku disana akan aku unjukkan tuh kuburannya nabi Musa. Jadi perjalan isra wal mi’raj salah satu tujuannya adalah perjalanan ziaroh, hadirin yang dimuliakan
Allah ini baru sedikit potongan dari perjalanan nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dalam isra wal mi’raj. Insyaallah kita niat
ntar kalau dateng bulan sya’ban kita pada ziaroh nih dalilnya, yang lain yang gak demen ziaroh kita gak paksa, gak apa ente gak mau ziaroh tapi jangan
ganggu kita, kita punya dalilnya kita punya panutan yaitu nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, wa mudah-mudahan Allah bimbing
kita kejalan yang diridhoi Allah SWT wa insyaallah dalam pertemuan kita yang akan dateng lagi kita akan lanjutkan lagi ni mungkin kalau tiga pertemuan lagi
gak cukup, tapi insyaallah kita akan bahas dalam pengajian malam mingguan kita itu kita bahas kita bakal lanjutkan sejarah dari pada isra wal mi’rajnya
nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, mudah-mudahan Allah kasih keberkahan bakal kita sekalian, hadirin yg dimuliakan Allah SWT,
sebelum saya tutup ada yang saya ingin sampaikan tadi kita bicara tentang ziaroh kan? Insya Allah besok hari selasa khusus untuk kaum wanita acara hadroh
basaudan sekalian ziaroh, kalau kemarin hadroh sekalian ziarohnya dimakam Al hawi, qubatul alhabib Muhsin bin Muhammad Al Attas di Alhawi condet, untuk
hari selasa besok hadroh basaudan sekalian ziaroh akan dilaksanakan dimakam Alhabib Hasan bin Muhammad Al haddad Tanjung Priuk Peti Kemas, bagi kaum wanita
yang punya kesempatan diharapkan kehadirannya sebagaimana insya Allah hari kamis dari jam sepuluh pagi sampai jam dua belas akan diadakan pengajian juga di
Qubah Makam Al Arif billah Alhabib Abdurahman bin Abdullah Alhabsyi Cikini khusus untuk perempuan hari kamis juga.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, hari ini kita bahagia, dengan keislaman bapak Muhammad Yusuf, tujuh puluh tahun umur beliau dapet hidayah dari Allah, Ya
Rabb mudah-mudahan ini iman ini islam dijaga oleh Allah SWT, sampai akhir hayatnya hingga menghadap kepada Allah SWT, Amiin… dan juga ini malam kita juga
kehilangan seorang ulama besar merupakan guru besar daripada para ulama para asatidzah yaitu ketua MUI Jakarta Selatan, dan beliau juga Keluarga Dewan
Masjid Indonesia Jakarta Selatan, yaitu yang mulia Addai ilallah Kiyai haji Muhammad Sidiq Fauzi, yang telah meninggal dunia yang mudah-mudahan Allah
angkat derajat beliau, Allah ampuni dosa-dosa beliau dan mudah-mudahan dilahirkan lagi ulama-ulama yang mengajak kita kejalan Allah SWT, sebab mereka ini
merupakan paku-paku bumi, dengan keberdaan mereka diangkat musibah oleh Allah SWT yang akan menimpa umat, Imamul Haddad mengatakan:


بهم يدفع الله البلايا
ويكشف الرزايا ويسقي كل
خير ونعمة

Dengan berkat mereka diangkat bala diturunkan rahmat oleh Allah, kalau bukan keberadaan mereka para ulama para auliya para sholihin ni bumi udah
dihancurkan oleh Allah gara-gara kemaksiat siang malam yang dilakukan naik terus kelangit, tapi sekarang mereka dipanggil Allah… mudah-mudahan
diperbanyak lagi manusia-manusia yang taqwa para ulama-ulama yang diridhoi Allah SWT, orang-orang yang mulia disisi Allah SWT, wa terus beliau terkenal
dengan kecintaannya kepada keluarga nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, kecintaan yang luar biasa kecintaan yang mendalam, wa
nabi bilang والمرء مع من أحب seseorang akan bersama yang
dicintainya, wa mudah-mudahan kita dikasih panjang umur dengan ketaatan dan nanti ditutup usia kita dengan khusnul khotimah, dan kita dibangkitkan nanti
bersama para ulama, bersama mereka wa sholihin dan bersama orang-orang yang dirihoi Allah dan bersama baginda nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa
shahbihi wa sallam…..

Raih pahala, sebarkan kebaikan..

Comments are closed.