October 21, 2020

Re:Adakah Bid\’ah Hasanah?

Home Forums Forum Masalah Fiqih Adakah Bid\’ah Hasanah? Re:Adakah Bid\’ah Hasanah?

#77326125
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kebahagiaan dan Cahaya Kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
ucapan imam syafii itu benar, dan ucapan Imam Imam ahlussunnah waljamaah itu benar dan semakna, kesemuanya tak menentang hal baru selama itu bermanfaat bagi muslimin, karena telah diperintah oleh Allah swt.

bid;ah adalah membuat buat shalat yg baru, menambah shalat jadi 6 waktu, menambah jumlah takaat shalat fardhu, dan hal hal semacam itu tentunya kategori bid\’ah yg buruk.

sebenarnya hanya perbedaan pendapat dalam bahasa, namun yg jelas, semua hal yg baru selama tidak bertentangan dg syariah, dan membawa manfaat bagi muslimin maka hal itu sudah diperbolehkan olrh Rasul saw sebagaimana hadits beliau saw : :\"Barangsiapa yg mengajarkan hal baru berupa kebaikan dalam islam, maka baginya pahalanya dan pahala orang yg mengikutinya, dan barangsiapa yg membuat kebiasaan buruk dalam islam, maka baginya dosanya dan dosa orang yg mengikutinya\" (Shahih Muslim).

sebagaimana Abubakar ra shiddiq ra menyetujui penjilidan Alqur;an, dan hal itu tak diperintah oleh Rasul saw, dan tak ada dalil yg mendukungnya, hanya maslahat muslimin saja.

demikian pula dua kali adzan pada shalat jumat, yg dilakukan mulai dimasa Utsman ra (shahih Bukhari) hal itu tak ada dalil pendukungnya, hanya maslahat muslimin saja, lalu apakah kita mengatakan para khulafa\’urrasyidin ini ahlul bid\’ah…?

penjelasan saya sebelumnya telah jelas dalam hal ini.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru