November 25, 2020

Re:Amalan sifat 20

Home Forums Forum Masalah Tauhid Amalan sifat 20 Re:Amalan sifat 20

#109270251
bky
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

Saudaraku yang kumuliakan, berikut pertanyaan yang sudah ada di forum:

[quote]Berikut jawaban Ustaz Khairullah

Jawaban pertanyaan :
1. Kelebihan atau manfaat mempelajari sifat-sifat 20 dapat menyelamatkan orang-orang yang mempelajarinya dari kesesatan paham tentang Allah sebagai contoh bila seseorang memahami betul akan sifat Mukholafah lil hawadits maka ia tidak akan berkeyakinan Allah duduk diatas arsynya seperti duduknya kita, atau Allah mempunyai tangan seperti tangan kita ketika membaca atau mendengar ayat-ayat seperti :
ثم استوى على العرش. يدالله فوق أيديهم
Dan lain-lainnya

2. Sifat Allah swt yang berjumlah 20 terbagi kepada 4 bagian, 1.Nafsiyyah yaitu sifat wujud, 2.Salbiyyah yaitu Qidam, Baqo, Mukholafah lil hawadirs, Qiyamuhu binafsih dan wahdaniyyah, 3.Ma\’ani yaitu Qudrah, Iradah, Ilmu, Hayat, Sama\’, Bashor dan kalam, 4.Ma\’nawiyyah yaitu Qodiirun, muriidun, a\’limun, hayyun, sami\’un, bashirun dan mutakallimun.
Sifat-sifat ma\’aniy yang berjumlah tujuh sifat semuanya mempunyai ta\’aluq kkecuali sifat hayat, qudroh berta\’aluq dengan yang mumkin (sesuatu yang boleh adanya dan tiadanya) dengan dua ta\’aluq yaitu shuluhiy qodim dan tanjizi hadits. Makna Ta\’aluq Shuluhiy qodim bahwa qudrat Allah pada zaman azali boleh menciptakan yang mumkin dan boleh juga tidak menciptakannya dengan artian pada zaman azali qudrat Allah boleh saja menciptakan si zaid sebagai seorang raja atau petani atau pekerja atau sifat lainnya. Adapun Tanjiziy hadits yaitu berta\’aluqnya qudrat Allah pada sesuatu yang mumkin yang telah diinginkan Allah keberadaannya pada sifat tertentu artinya ta\’aluq qudrah pada zaid yang telah diinginkan keberadaanya sebagai seorang raja didunia adalah ta\’aluq tanjiziy hadits. Jadi ta\’aluq tanjiziy khusus untuk keadaan zaid yang sekarang. Oleh karena itu shuluhiy dimasa azali lebih umum daripada tanjiziy.
Sifat Iradah berta\’aluq kepada yang mumkin juga dengan dua ta\’aluq yaitu shuluhiy qodim, tanjiziy qodim dan sebagian ulama menambahkan tanjiziy hadits sehingga berjumlah 3 ta\’aluq. Shuluhiy qodim artinya boleh saja pada zaman azali Allah mengkhususkan mumkin dengan sifat-sifat apapun yang saling berlawanan artinya pada zaman azali boleh saja Allah mengkhususkan zaid dengan sifat pendek atau tinggi, hitam atau putih, pintar atau bodoh dst. Tanjiziy Qodim artinya pada zaman azali Allah telah mengkhususkan zaid dengan sifat tertentu baik pendek saja atau tinggi saja, hitam saja atau putih saja dst sebelum zeid diciptakan.
Sifat Ilmu berta\’aluq dengan yang wajib, yang jaiz dan yang mustahil dengan satu ta\’aluq yaitu tanjiziy qodim artinya bahwa segala perkara telah tersingkap bagi Allah pada zaman azali maka ta\’aluq ilmu juga dinamakan ta\’aluq inkisyaf.
Sifat sama dan bshor berta\’aluq dengan segala yang maujud (ada) dengan ta\’aluq inkisyaf artinya segala yang maujud baik berupa zat ataupun suara tersingkap oleh sama dan bashor hanya inkisyaf (tersingkapnya) zat dan suara oleh bashor tidak sama dengan bashor setiap keduanya mempunyai jalur masing-masing.
Sifat kalam berta\’aluq dengan yang wajib, yang jaiz dan yang mustahil dengan ta\’aluq dilalah artinya kalam niscaya kita akan paham dari sifat tsb segala yang wajib yang jaiz dan yang mustahil.
Ini semua singkat yang bias dijelaskan
Wallahu a\’lam[/quote]
berikut linknya:
https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=7&id=10993&lang=id#10993

Wassalam,
AdminIII

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru