October 30, 2020

Re:Arwah, dll

Home Forums Forum Masalah Tauhid Arwah, dll Re:Arwah, dll

#193803313
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kurindukan dan kucintai,
1. ruh yg telah wafat tidak bisa menghantui pada yg hidup, namun dg izin Allah jika Allah swt izinkan bisa saja selama ia shalih atau dimuliakan Allah swt, ia berkomunikasi dg yg hidup, atau menjadi Ibrah/pelajaran bagi yg hidup, namun hal itu jarang sekali terjadi, mengenai dalilnya adalah mimpi Abbas ra mengenai perjumpaannya dg abu lahab yg disiksa dikubut dan diringankan setiap senin, hal itu diriwayatkan pd Shahih Bukhari. maka dijelaskan oleh para imam, perlu pertimbangan berat untuk menolak suatu hal jika teriwayatkan pada Shahih Bukhari.

mengenai minta ditahlilkan tentu bukan itu maknanya, kejadian yg sebenarnya adalah keinginan Allah swt agar keluarga almarhumah memahami keshalihan almarhumah, dan mengingatkan keluarga dan keturunannya agar lebih banyak mengingat kematian.

2. hal itu dimaafkan karena sulit dihindari, demikian dalam madzhab syafii

3. memang yg kering dg yg kering tidak saling menajiskan, namun lantai tak menjadi suci sebelum sudah berusaha dibersihkan atau sulit dibersihkan, maka ia suci secara mutlak.

4, hal itu berbeda saudaraku, bekerja dg non muslim halal dan suci daripada bekerja pada muslim yg tak mengeluarkan zakat atau pengusaha riba dll, dan bekerja pada muslim yg pengusaha hal yg haram menjadi syubhat, namun itu jika kitatidak tahu apakah uang yg kita terima itu memang hasil kejahatan atau bukan.
jika kita yakin misalnya melihat langsung ia mencuri lalu memberikannya pada kita, maka haramlah uang itu.

5. ya saudaraku tercinta, dan boleh.

6. doakan saya. itulah wasiat dan nasihat hamba

Demikian saudaraku yg kurindukan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

salam rindu

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru