October 27, 2020

Re:Bulu binatang, wuduk, solat jemaah dll..

Home Forums Forum Masalah Fiqih Bulu binatang, wuduk, solat jemaah dll.. Re:Bulu binatang, wuduk, solat jemaah dll..

#151108474
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda dg kesejahteraan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. tidak membatalkan wudhu, namun tidak boleh ada saat kita shalat, jika tidak diketahui maka dimaafkan.

2. umumnya yg dipakai untuk pakaian adalah sudah disembelih dan dibersihkan, maka boleh dipakai, jika mati dalam keadaan tidak disembelih maka diperbolehkan selama ia adalah hewan ternak, namun harus dibersihkan bulunya dari kulitnya, barulah kulitnya boleh dipakai.

3. betul, jika kita dalam mimpi itu tahu atau diberitahu ia adalah Rasulullah saw maka beliau adalah Rasulullah saw, walau berujud orang lain.

4. sebagian ulama tetap memakai gelar radhiyallahu \’anhu untuk sayyidina Ali, namun sebagian memakai gelar Karramallahu wajhah karena beliau tidak pernah menyembah patung berhala, namun ada juga yg menyebut beliau Alaihissalam, sebagaimana imam Bukhari dalam shahih Bukhari, menyebut sayyidina Ali alaihissalam, karena ahlul bait Rasul saw.

5. pendapat itu lemah, namun bisa saja dipakai saat darurat, sebagaimana musim haji.

6. hal itu boleh saja, namun sebagian ulama dalam madzhab syafii mengatakan bahwa cara seperti itu akan menyebabkan makmum batal shalatnya, karena saat imam berdiri dan makmumnya sujud, maka posisi bokong makmum akan didepan imam, maka mendepani imam akan membatalkan shalatnya, maka posisi itu bisa membuat makmum batal shalatnya, jika bokongnya sampai mendepani imam saat imam berdiri.

terimakasih atas doanya saudaraku.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru