July 26, 2021

Re:Ikhlasnya sang Imam dan ktk kt dicuekin

Home Forums Forum Masalah Umum Ikhlasnya sang Imam dan ktk kt dicuekin Re:Ikhlasnya sang Imam dan ktk kt dicuekin

#90485414
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kasih sayang dan Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. keikhlasan imam dan kekhusyu;annya sangat berpengaruh pada jiwa makmum, namun jika jiwa makmum tidak khusyu, tak bisa ia memvonis imamlah peyebabnya, karea ada juga Imam seorang khusyu dan ikhlas namun makmumnya lah yg tidak konsen, namun jiwa Imam umumnya sangat berpengaruh pada makmum.

2. terkadang masalah materi ini menjijikkan, namun terkadang juga kita mesti memaklumi, ada orang yg krn terjebak dahsyatnya kesulitan dalam materi, misalnya sedang dikejar2 penagih, atau kontrakan rumah, atau biaya anak yg sakit, atau hal hal mendesak lainnya yg membuatnya kehilangan kontrol, hingga berbuat yg tidak senonoh,
walau tak sepatutnya Imam berbuat demikian, hal ini salah namun dalam beberapa hal perlu dimaklumi dan kita menahan diri.

3. bantulah semampunya jika anda punya kelebihan materi, jika tidak maka berusahalah menenangkannya bahwa hidup ini tak selalu susah, dan setiap musibah itu diganjar pahala, jika anda tak mampu menasehati karena segan, maka doakanlah kemudahan baginya dan kekhusyuan.

Rasul saw sering shalat ditempat yg jauh yaitu di masjid Quba (Shahih Bukhari) padahal rumah beliau saw berdempetan dg Masjid Nabawiy.
hal ini menjadi dalil diperbolehkannya hal tsb.

berusahalah ramah padanya, niscaya ia akan berubah menjadi teman akrab anda dan lumer, kalahkan dan tundukkan ia dengan akhlak anda.

karna kemenangan yg hakiki bukanlah mengalahkan lawan dengan kekerasan, namun kemenangan hakiki adalah menundukkan lawan hingga berubah menjadi pendukung dan pembela, dan senjata untuk mencapainya adalah akhlak dan budi pekerti mulia.
.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru