December 2, 2020

Re:istighotsah di kuburan,batu akik dan hukum rajah

Home Forums Forum Masalah Umum istighotsah di kuburan,batu akik dan hukum rajah Re:istighotsah di kuburan,batu akik dan hukum rajah

#177775120
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. doa dikuburan hukumnya sunnah dan dalilnya sangat banyak dan diakui dalam jumhur seluruh madzhab, ziarah kubur malam hari sering dilakukan Rasul saw, demikian riwayat Shahih Bukhari dan lainnya, maka selama tak ada pada ritual itu penyembahan atau pengagungan pada Jin atau perbudakan jin, maka hal itu boleh bahkan ada landasan dalilnya.

2. saya tidak menemukan riwayat shahih bahwa batu akik punya khasiat, namun teriwayatkan pada shahih Bukhari Rasul saw menempelkan ibu jari beliau kelidah beliau saw, lalu menempelkannya ke tanah dan berdoa : Demi tanah bumi kami, demi air liur sebagian dari kami, sembuhlah yg sakit pada kami (Shahih Bukhari), menunjukkan pemgobatan dg debu, batu atau apa saja selama disertai doa pd Allah swt merupakan hal yg sunnah.

3. teriwayatkan pada Tafsir Imam Qurtubi dan riwayat hadits yg kuat bahwa hal itu diperbolehkan, yaitu menuliskan doa dan ayat ayat Alqur;an untuk dibawa atau dipakaikan pada bayi dll, namun tergantung isi doa tsb, jika mengandung penyembahan pada Jin, atau perbudakan jin maka diharamkan dalam syariah.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru