October 27, 2020

Re:mengenai sholat jum\’at & KPR

Home Forums Forum Masalah Umum mengenai sholat jum\’at & KPR Re:mengenai sholat jum\’at & KPR

#146617719
mfd
Participant

Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada di forum :

[b]1. bagaimana hukumnya Bib ambil KPR(kredit kepemilikan Rumah ) di Bank untuk beli rumah ( kebetulan rumah yg saya tempati sekarang rumah KPR )[/b]

[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan Anugerah semoga selalu tercurah pada anda,
1. mengenai Kredit merupakan riba yg jelas, sebab dalam transaksinya dijelaskan bahwa bunga penjualan sekian persen, namun ada hilah (jalan keluar) secara hukum syariah, yaitu saat transaksi misalnya :
Amar menjual mobil pada Zeyd dengan harga 50 juta, lalu zeyd membelinya namun dengan angsuran, maka Amar menaikkan harganya dan berkata : bolehlah diangsur setahun tapi dengan harga 60 juta.
maka Zeyd berkata dalam transaksi : \"SAYA BELI MOBIL ANDA DENGAN HARGA 60 JUTA DIANGSUR 1 TAHUN\".
maka transaksi ini tidak terkena riba,
yg terkena riba adalah bila ia berkata dalam Transaksi : \"SAYA BELI MOBIL ANDA YG BERHARGA 50 JUTA, DAN SAYA MENGANGSURNYA SETAHUN DENGAN MEMBAYAR TAMBAHAN BUNGA TERANGSUR 10 JUTA\"
maka ia terkena riba karena menyebut bunga dalam Transaksi.

transaksi yg pertama tidak riba, karena ia menyetujui begitu saja harga mobil itu walau pada dasarnya ia tetap memberi tambahan harga dari aslinya.
hampir semua kredit dimuka bumi mesti dengan sebutan persentase bunga, semoga Allah menyelamatkan muslimin dan mengampuni kita dari segala jaring jaring riba, sebagaimana sabda Rasul saw, bahwa kelak di akhir zaman seluruh ummatku terkena riba atau debunya.[/quote]

Berikut Linknya :
[url]https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=914#914[/url]

[b]3.Bgm hukumnya Bib sholat jum\’at yg diadakan di gedung2 perkantoran?yg sebagian besar makmunnya bukan orang mukim/setempat yg biasanya karyawan dari berbagai daerah?[/b]

[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Keridhoan dan kelembutan Nya semoga selalu membuka jalan kemudahan pada hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Masjid Jami adalah rumah ibadah yg diwakafkan karena Allah swt, semua masjid Jami sah dipakai jumat selama makmumnya banyak yaitu 40 orang penduduk atau lebih, walaupun berdekatan sekalipun.

mengenai jumat di gedung gedung atau lainnya menurut pendapat yg mu\’tamad dalam madzhab syafii tidak sah, namun sebagian para fuqaha kita saat ini mengatakan hal itu diperbolehkan, mengingat jika dilarang maka mereka tak akan melakukan jumat sama sekali, dan mustahil mereka mau keluar dari kantornya mencari masjid karena waktu yg diberikan sangat sempit, maka para fuqaha kita masa kini sebagian ada yg memperbolehkannya maslahatan lilmuslimin.

mengenai para wahabi ini memang sudah merasuk kemana mana, bahkan di masjid masjid jami pun mereka sudah berani membagi bagikan selebaran dan buku buku,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam[/quote]

Berikut Linknya :
[url]https://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=10679#10679[/url]

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru