October 24, 2020

Re:mohon nasihat dan saran

Home Forums Forum Masalah Umum mohon nasihat dan saran Re:mohon nasihat dan saran

#190379400
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. diriwayatkan bahwa Rasul saw masuk ke masjid, maka terlihatlah seorang lelaki dari Anshar yg bernama Abu Umamah ra, maka bersabda Rasulullah saw : Wahai Abu Umamah, mengapa kulihat maku duduk di masjid di selain waktu shalat..?”, ia menjawab : “gundah.. aku dijerat hutang wahai Rasulullah..”, maka bersabda Rasulullah saw : ”maukah kau kuajari kalimat yg jika kau ucapkan maka Allah akan menghilangkan gundahmu dan terselesaikan hutangmu?”, maka Abu Umamah ra : “ajari aku wahai Rasulullah..”, maka Rasul saw bersabda : “Jika di pagi harimu dan sore harimu ucapkanlah : [b]
[size=4]
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ [/size]
[/b]
Maka berkata Abu Umamah ra : kulakukan itu maka Allah menghilangkan gundahku dan dan terselesaikan hutangku” (Hadits hasan). (Al Adzkar Imam Nawawi)

2. banyak metode untuk mengobati penyakit hati seperti sombong, iri, riya, ujub, dengki dll, namun metode termudah adalah rindu pd Allah swt, ketika kita rindu pada Allah swt dg kerinduan yg mendalam, hati akan sejuk dan tenang, maka sirnalah semua peyakit hati, tidak ada sifat buruk dihati, hilang begitu saja, namun jika sudah lepas dari detik detik kerinduan pada Allah swt maka setelah beberapa lama akan kembali muncul penyakit2 hati tsb, maka dg memperbanyak mengingat Allah, perjumpaan dg Allah swt, rindu pd Allah swt, maka semua penyakit hati sirna, tak bisa merasa lebih dari orang lain, karena kesemuanya selain Nya swt adalah hamba, tak lebih dari hamba.

3. PNS termasuk pekerjaan jasa, dan penghasilan gaji darinya halal selama pekerjaannya halal, dan jika pun bersumber dari pajak, uang pajak tidaklah haram, karena uang pajak adalah hal yg lumrah dalam negara, mestilah ada dana untuk membangun jalan, dlsb termasuk para pegawai negeri, tentunya uang itu mesti ada, dan pajak mestilah ada pada setiap negara.

memang dalam syariah pajak tidak diakui, tapi dalam syariah tak menghukumi uang pajak sebagai uang yg haram

4. menjadi guru yg dicintai Allah dan Rasul Nya adalah dengan membimbing semampunya kepada murid2nya hal hal yg dicintai Allah dan Rasul Nya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru