October 28, 2020

Re:nafkah

Home Forums Forum Masalah Fiqih nafkah Re:nafkah

#129531831
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda dg kesejahteraan,

saudariku yg kumuliakan,
1. kewajiban nafkah adalah pada suami, namun jika suami tidak mampu menafkahi karena sakit atau cacat, atau sudah berusaha namun tidak mencukupi, maka kewajiban padanya gugur,

jika ia mampu namun tidak menafkahi maka ia terkena dosa besar,

istri boleh bekerja membantu suaminya dan tidak wajib, bukan kewajiban istri menafkahi suami namun boleh saja jika ia menghendaki.

2. suami berkewajiban untuk mengumpuli istrinya, jika ia tidak memenuhinya maka terkena dosa, jika ia tidak mengumpulinya karena sakit maka tidak menjadi dosa, jika dengan sengaja maka terkena dosa, namun jika istrinya tidak merasa dirugikan dan didholimi, maka tak menjadi dosa.

3. kewajiban suami adalah menafkahi istrinya dg 3 hal, nafkah dhohir, yaitu sandang pangan, lalu nafkah batin, yaitu berupa dua hal, mengumpuli istrinya, dan mendidiknya dg bimbingan agama, jika tak mempunyai waktu mengajar karena sibuk atau lainnya maka wajib mendatangkan guru dan wajib pula ia membayar guru untuk itu atau mendanai urusan bimbingan rohani istrinya.

saudariku, jika saudari keberatan maka boleh mengajukan cerai, namun saran saya jangan dulu kearah cerai, namun cobalah bicarakan berdua, jika masih belum menemui jalan keluar, maka kumpulkan tokoh keluarga kedua belah fihak, merembukkan masalah bersama hingga ditemui kesepakatan yg jelas,

saya mendoakan semoga Allah swt memberikan jalan keluar yg terbaik pada anda.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru