October 27, 2020

Re:sholat jumat

Home Forums Forum Masalah Fiqih sholat jumat Re:sholat jumat

#211136957
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan

saudaraku tercinta, shalat jumat tidak disyaratkan di masjid, boleh dimana saja, namun masalahnya apakah 40 orang itu penduduk setempat atau pendatang?
disinilah letak ikhtilafnya,

namun sebagian ulama mengesahkannya mengingat keadaan zaman yg berbeda, mengingat sulitnya muslimin mencapai masjid yg padanya ada 40 orang penduduk setempat, terutama di wilayah perkantoran, mereka sudah tak ada lagi penduduk setempatnya walau masjidnya ada, atau sekedar musholla di gedung tsb, jika dipaksakan harus demikian maka kemungkinan ribuan bahkan puluhan ribu karyawan atau siswa atau mahasiswa tidak melakukan jumat, maka tentunya lebih baik mengambil pendapat kedua yg mengesahkan Jumat walau kurang dari 40 orang dari penduduk setempat, dan boleh melakukan dhuhur lagi jika ragu.

dan walaupun pendapat terkuat dalam madzhab syafii harus 40 orang yg penduduk setempat (mustawthin, yaitu yg tinggal selama setahun diwilayah itu tanpa keluar dari wilayahnya kecuali akan kembali). namun ada pendapat dalam madzhab syafii yg mengesahkan walau dibawah 40 orang yg penduduk wilayah tsb/mustawthin.

syarat sah nya jumat adalah 6 poin :
1. kesemuanya berlangsung diwaktu dhuhur
2. diadakan di tempat yg ramai dg penduduk (utk demi mencapai jumlah yg memadai yaitu 40 orang penduduk setempat minimalnya)
3. agar para makmum kesemuanya niat berjamaah sampai sempurna rakaat pertama, jika pada rakaat kedua ada yg batal atau niat memisahkan diri dari jamaah, maka Jumatnya sah, asalkan sudah sempurna rakaat pertama
4. minimal jumlah yg shalat 40 orang, yaitu mustawthin, (demikian pendapat yg terkuat).
5. tidak didahului oleh shalat jumat yg sama ditempat yg berdekatan, (jika jumatan ditempat yg mendahului itu sudah penuh dan tempat sudah tidak memadai, maka sah yg jumatan ditempat lain, jika tidak maka batal jumat ditempat yg terdahului karena tempat pertama masih memadai.
6. didahului oleh dua khutbah sebelum shalat jumat.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

dan jangan Lupa membaca Aqur\’an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Alqur\’an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur\’an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru