December 2, 2020

Re:Sirah sahabat

Home Forums Forum Masalah Fiqih Sirah sahabat Re:Sirah sahabat

#180258298
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
kitab sirah yg selalu saya rujuk adalah sirah Ibn Hisyam, ia kitab sirah tertua yg masih ada hingga kini, karena ia Tabiin, jumpa dg sahabat Rasul saw. dan ia sangat lengkap dan detail, sering disertai tanggal dan bulan kejadian kejadiannya.

mengenai fiqih dll saudaraku yg saya jadikan rujukan adalah gurunya, bukan kitabnya, sebab guru menyesuaikan kemampuan muridnya, sebagaimana saya dulu belajar fiqih mulai risalah jamiah, lalu safinah, yg itu adalah kitab dasar fiqih untuk anak kecil, namun karena yg mengajar adalah guru mulia, maka syarah (penjelasannya) sangat luas melampaui kitab kitab besar.
urutan fiqih yg saya pelajari adalah risalah jamiah, mukhtashar shoghir, Muqaddimah hadromiyah, Syarah Zubad, Yaqutunnafis ala madzhab ibn Idris, lalu Minhaj Linnawawiy.

kesemuanya diajar langsung oleh Guru Mulia atau kakak beliau yaitu Alhabib Ali Almasyhur bin Hafidh yg menjabat sebagai mufti hadramaut saat ini.

sirah awal buku adalah sirah Nurul yaqin, lalu sirah Ibn Hisyam.

tashawwuf awal kitab adalah bidayatul hidayah, lalu terus berlanjut dg kitab kitab Imam Hadddad dan imam ghazali dan ihya, kini saya membaca kitab kitab tasawwuf karangan guru mulia seperti Taujihunnabiih limardhaati baariih, dan yg dianjurkan beliau untuk saya baca, seperti Al Iidhah fii ulumil muqarrabin dll.

kesemuanya berbahasa arab, belajar bahasa arab tidak lama saudaraku, 1 tahun anda sudah bisa membaca dan mengerti kitab, dan untuk memperluasnya tentunya tidak ada batas waktunya karena bahasa arab sangat luas.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru