November 29, 2020

Re:tanya fiqih

Home Forums Forum Masalah Fiqih tanya fiqih Re:tanya fiqih

#158860240
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. asuransi kesehatan dan asuransi lainnya selama menguntungkan sefihak dan merugikan lainnya maka hal itu tak dibenarkan oleh Allah swt.

2. Bank Konvensional terlibat jelas dg riba, dan hal itu tak dibenarkan dalam syariah, maka sebaiknya dihindari.

3. diriwayatkan dari al faqih muhammad bin said al khaulaniy berkata: dikabarkan padaku oleh al faqih al Allamah Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Jadid Al Hasani berkata : dikabarkan padaku olej al faqih azzahid al balali dari Hasan bin Ali bin ABi Thalib ra, bahwa ia berkata ketika mendengar muadzin mengucao asyhadu anna muhammadarrosulullah : MARHABAN BI HABIIBI WA QURROTU AINI MUHAMMAD BIN ABDILLAH barangsiapa yg mencium kedua ibu jarinya dan mengusapkannya pada kedua matanya, maka mata itu tak akan terkena kebutaan atau sakit mata (ktb maqosid hasanah li imam al hafid assakhowi)

demikian pula dikatakan oleh asysyamsu muhammad bin sholah al madani yg menjadi Imam dan Khatib di Madinah, dalam salah satu ucapannya dari guru gurunya bahwa yg melakukan hal itu dan membaca : SHALLA \’ALAIKA YA SAYIDI YA RASULULLAH, YA HABIB QOLBIY, YA NUR BASHORI, YA QURRAT AINI, lalu ia berkata : Sejak kuamalkan itu hingga kini tak pernah aku terkena sakit mata sama sekali.

(ktb kasyful khofa\’ wa muzil al ilbas li imam assyeh ismail bin muhammad bin abdul hadi al aj\’aluuniy)

jika ada fihak yg mengatakan hal ini dhoif, maka ia adalah perbuatan sahabat Radhiyallahu ;anhu, maka ini merupakan dalil kuat untuk diikuti, karena mereka adalah orang yg sangat mengikuti Nabi saw.

4. mereka bukan muhaddits dan Albanni bertentangan dg Jumhur seluruh madzhab, mengenai hasan albanna adalah seorang sufi mulia, namun jika yg diajarkannya tidak sejalan dg yg disampaikan para Imam dan Muhaddits maka fatwanya tertolak.

5. mengenai mengusap dada selepas shalat sambil membaca doa hal itu banyak dilakukan oleh para ulama salaf, namun tidak kesemuaya melakukannya, dan saya tidak menemukanna dalam riwayat shahih, namun boleh diperbuat

6. puasa daud boleh dimulai kapan saja tanpa syarat batas waktu akhir dan awalnya, misalnya sebulan, seminggu, setahun atau lainnya, namun jika nadzar untuk berbuat demikian maka wajib melakukannya jika mampu

7. diriwayatkan pada Shahih Bukari bahwa Rasul saw memperbuatnya, namun para Muhaddits menjelaskan bahwa Rasul saw tidak puasa dihari syak, yaitu hari akhir sya\’ban yg bisa jadi merupakan awal ramadhan.

8. saya Ijazahkan pada dzikir Subhanallahi wabihamdih, bacalah 100X setiap pagi dalam keadaan suci, dzikir ini disarankan oleh Nabi saw sebagaimana sabda beliau saew : Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih dilautan (Shahih Bukhari)

dan sabda Rasulullah saw : \"Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih\" (Shahih Muslim)

dzikir ini mencerahkan wajah, menenangkan hati, menyejukkan jiwa, dan membuka banyak kemudahan,

kenapa?

karena kita menyukai dan mencintai dan mengamalkan ucapan yg dicintai Allah, maka Allah akan memberi apa apa yg kita senangi dan sukai, yaitu kecerahan wajah, kemudahan hidup, dan ketenangan hati

saya mengamalkannya 1000X setiap harinya, karena saya ketagihan dengan kenikmatan yg berlimpah dan kesejukan hidup serta ketenangan yg terbit sebab dzikir itu, Subhanallahi wabihamdih.. Maha Suci Allah dan bagi Nya Pujian Mulia.., teruslah memuji dan menyucikan Nya swt, Dia sudah Maha Suci dan Maha Terpuji, maka Dia swt akan melimpahkan pada anda kesucian hidup dan keterpujian.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru