June 21, 2021

Re:tata cara shalat

Home Forums Forum Masalah Fiqih tata cara shalat Re:tata cara shalat

#73400267
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan kasih sayang Nya semoga selalu menghiasi hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,

1. saat sujud posisi kaki renggang sejajar dg lutut, namun bila didempetkna hingga bersentuhan kaki kiri dan kanan tidak membatalkan shalat.

2.ketika sholat berjamaah makmum dan imam membaca sami\’allahu liman hamidah, pada saat I\’tidal kedua tangan diangkat dan telapak tangannya terbuka dihadapkan ke kiblat, dan kedua ibu jarinya sejajar dg dua telinga.

3. saudaraku, menggerak2kan telunjuk itu tidak membatalkan shalat, dan tidak berdoa selepas shalat itu makruh hukumnya dan bukan haram, baiknya kita bersangka baik saja bahwa Imam itu barangkali ada tugas lain dan kesibukan lain yg membuat ia bergegas terburu buru dan berdzikir sambil berjalan, sebagaimana hal itu pernah dilakukan oleh rasul saw diriwayatkan dalam shahih Bukhari bahwa Rasul saw selesai shalat langsung bangun terburu buru pulang, ketika ditanya beliau saw berkata bahwa ada harta fuqara dirumahku yg belum kutunaikan,

hadits ini memberikan dalil bahwa boleh langsung meninggalkan shalat tanpa doa bila ada udzur, juga bila ada majelis Ilmu atau lainnya, namun bila tak ada udzur maka hukumnya makruh.

oleh sebab itu wahai saudaraku, tak dibenarkan Mufaraqah (memisahkan diri) dari Imam yg berbuat makruh, kecuali bila ia berbuat hal yg membatalkan shalat,\’

saudaraku mengenai tuntunan shalat, saya kira sudah cukup yg dikeluarkan oleh departemen agama, yg telah bergambar dan disertai terjemah dan huruf arabnya, buku itu sesuai dg madzhab syafii dan itu sudah cukup untuk menjadi rujukan, kesemuanya sesuai dg dalil yg jelas dari Imam Syafii walaupun mereka tak mencantumkannya.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a;lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru