October 30, 2020

Reply To: Cium Tangan

Home Forums Forum Masalah Fiqih Cium Tangan Reply To: Cium Tangan

#216092884

Wa alaikum salam wa rohmatullahi wa barokatuh…

Kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda, selamat datang di web pecinta Rasulullah SAW.
Saudaraku yang dimuliakan ALLAH, semoga engkau sealu dalam lindungan dan naungan rahmat kasih sayang ALAH.
Masalah didalam mencium tangan, hal yang sunnah yang diajarkan didalam islam, yang utama ialah kepada orang tua kita, diantaranya ada 3. 1. Orang tua yang melahirkan kita (Ayah & Ibu). 2. Orang tua yang menikahkan kita dengan anaknya (Ayah Mertua & Ibu Mertua). 3. Orang tua yang mengajarkan ilmu kepada kita (Guru). dari semua maka walaupun lebih muda dari kita seperti guru tetaplah usahakan untuk kita mencium tangannya.
Dan yang lainnya juga seperti orang oang sholeh maka dianjurkan kita mencium tangannya, dan juga habaib (keturunan Rasulullah SAW) walaupun habaib tersebut masih muda karena mereka para habaib darah dagingnya bersambung dengan darah daging Baginda Rasulullah SAW, pernah diceritakan Sayyidin Zaid bin Tsabit adalah guru dari Sayyidina Abdullah bin Abbas Radhiallahu anhuma, sayyidina Abdullah ibnu Abbas selalu membawakan kuda milik gurunya bahkan ketika dinaiki oleh gurunya karena adabnya terhadap guru, suatu ketika ia membawa kuda yang dinaiki oleh gurunya yaitu sayyidina Zaid bin Tsabit, ketika beliau turun dari atas kuda ia langsung mengambil tangan sayyidina Abdullah bin Abbas dan menciumnya dan kemudian ia mengatakan: “bahwa yang tadi kau membawa kudaku adalah hormatmu terhadap guru, adapun aku mencium tanganmu karena engkau adalah keluarga Rasulullah SAW”.
Beginilah adab dan akhlaq yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW maka hendaknya kita mengamalkan hal itu, tidak ada keburukan dalam mencium tangan justru memuliakan, bahkan sering kita melihat orang orang sholeh saling berebut ingin mencium tangannya masing masing, bahkan dianjurkan pula mencium tangan anak kecil karena mereka masih belum memiliki dosa dan mengajarkan kita untuk selalu rendah hati dan tidak sombong. Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat,
Wa alaikum salam wa rohmatullahi wa barokatuh.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru