October 27, 2020

Reply To: Maulid Nabi

Home Forums Forum Masalah Umum Maulid Nabi Reply To: Maulid Nabi

#216093450

Saudaraku yang dimuliakan oleh Allah, beruntung sekali anda telah mengenal jalan yang lebih benar sehingga tidak terpengaruh dengan paham mereka.

Mengenai bacaan istighfar dengan tambahan Astagfirullahal ‘Azhim maka hal tersebut sangat baik dan mulia. “Al Azhim” adalah salah satu nama asmaul husna jadi tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Mengenai niat shalat, benar yang mereka ucapkan bahwa niat tempatnya di hati, namun ijtihad ulama mazhab syafi’I hukumnya sunnah jika dilafazkan, Indonesia adalah negeri mayoritas bermazhab syafi’I alangkah baiknya kita mengikuti pendapat mayoritas. Dan dengan niat dilafazkan akan membantu hadirnya niat dalam hati.

Adapun peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah perkara yang disyariatkan, cukup contoh bagi kita Nabi Muhammad SAW yang selalu merayakan maulidnya setiap hari senin dengan berpuasa sunnah. Adapun kebiasaan yang ada di masyarakat peringatan maulid diawali dengan membaca qur’an, lalu kajian sejarah Nabi, doa shalawat serta pujian yang diakhiri ceramah nasihat agama, maka keseluruhannya adalah perkara baik yang sama sekali tidak bertentangan dengan agama

Saran kami, hendaknya saudara tetap menghormati perbedaan pendapat, selalu tunjukkan akhlak baik kepada mereka insha Allah secara perlahan hidayah akan datang kepada mereka dan juga perkuat pengetahuan tentang syariat islam dengan istiqomah menghadiri majelis-majelis yang berpahamkan aswaja.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru