October 21, 2020

Re:Bunga = Riba

Home Forums Forum Masalah Fiqih Bunga = Riba Re:Bunga = Riba

#199579893
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kurindukan dan kucintai,
jangan sebut hamba sebagai mursyid karena gelar itu terlalu jauh dari hamba, disebut guru pun hamba bagaikan orang yg banyak bergaul dg dokter dan tahu satu dua macam obat lalu suka mengobat orang, lalu orang memanggilnya dokter, tentunya ia bukan dokter, namun karena terus terusan disana sini dipanggil dokter, dan memang dokter jarang pula, maka daripada ribut dengan semua orang yg memanggilnya dokter maka ia pun membiarkannya, demikian pula ketika orang menyebut hamba sebagai guru.

terimakasih atas doanya, sungguh tiada hadiah lebih agung dari doa, Rasul saw bersabda: Tiadalah seorang muslim berdoa untuk saudara muslimnya kecuali malaikat berkata : amin dan bagimu seperti doamu pada saudaramu (Shahih Muslim)

1. tidak saudaraku, hal itu tidak menjadi riba karena dalam akad tidak menyebut riba dan lepas dari hal hal yg menjadi syarat dan rukun riba.

2. shalat memakai kaos kaki sah, karena kulit yg wajib menyentuh tempat shalat hanyalah sebagian kecil dari dahi, jika sebagian kecil dari dahi sudah menyentuh bumi walau sebagian tertutup rambut, kedua telapak tangan dan kaki tertutup kaus tangan dan kaus kaki, sah shalatnya.

3. yg dimaksud Ummiy sudah jelas dalam bahasa arab dan diperjelas dalam kitab kitab sejarah bahwa Rasul saw tidak bisa membaca dan menulis, sebagian ulama mengatakan yg dimaksud adalah tidak membutuhkan belajar membaca dan menulis namun tahu makna dan tidak mustahil menulis.

justru dalam hal ini menunjukkan puncak kejeniusan yg tidak ada pd orang biasa, yaitu cerdas dan mengetahui, tanpa perlu belajar pada manusia.

manusia belajar dg manusia lain bisa menjadi cerdas padahal ia buta, manusia bisa cerdas dan jenius padahal ia tuna rungu,

namun Rasul saw tidak membutuhkan huruf untuk mengetahui sesuatu, beliau saw bahkan mengetahui jenis jenis bakteri yg ada di sayap lalat sekalipun, seluruh ilmu kedokteran, biologi, fisika, antropologi, matematika, dll kesemuanya diketahui Rasul saw dan diajarkan oleh Rasul saw tanpa harus belajar pd manusia.

Rasul saw tidak belajar membaca dan menulis, demikianlah makna ringkasnya, namun beliau mengetahui semua ilmu, semua bahasa dan semua huruf.

4. saya ijazahkan seluruh dzikir salafusshalih, semua doa Rijaalussanad dan semua doa dan dzikir dari seluruh para wali dan shalihin, munajat dan dzikir para Ahlusshiddiqiyyatul Kubra, kepada anda, Ijazah sempurna yg saya terima dari Guru Mulia kita Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin hafidh yg sanadnya muttashil (bersambung) pada segenap para ulama, muhaddits, para wali dan shalihin. Ijazah ini mencakup seluruh surat dalam Alqur’an, wirid, dzikir, amalan sunnah, dan doa Nabi Muhammad saw dan doa para Nabi dan Doa seluruh Ummat Muhammad saw, dan seluruh Hamba Allah yg shalih. semoga anda selalu dalam kemuliaan Dzikir dan Cahya Munajat mereka. Amiin

saya Ijazahkan kepada anda sanad Alqur\’anulkarim dalam tujuh Qira\’ah, seluruh sanad hadits riwayat Imamussab\’ah, seluruh sanad hadist riwayat Muhadditsin lainnya, seluruh fatwa dan kitab syariah dari empat Madzhab yaitu Syafii, Maliki, Hambali dan Hanafi, dan seluruh cabang ilmu islam, yg semua itu saya terima sanad ijazahnya dari Guru Mulia Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Hafidh, yg bersambung sanadnya kepada guru guru dan Imam Imam pada Madzhab Syafii dan lainnya, dan berakhir pada Rasulullah saw.

saya Ijazahkan pada anda sanad keguruan saya kepada anda, yg bersambung sanadnya kepada Guru Mulia kita, hingga Rasulullah saw, ia adalah bagai rantai emas terkuat yg tak bisa diputus dunia dan akhirat, jika bergerak satu mata rantai maka bergerak seluruh mata rantai hingga ujungnya, yaitu Rasulullah saw, semoga Allah swt selalu menguatkan kita dalam keluhuran dunia dan akhirat bersama guru guru kita hingga Rasul saw.

saya ijazahkan pada anda shalawat yg paling saya cintai, yg diajarkan langsung oleh Rasul saw pada saya dalam mimpi, yaitu : ALLAHUMMA SHALLI ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD, WA AALIHI WA SHAHBIHI WASALLIM
anda boleh membacanya kapan saja dan berapa saja tanpa batas waktu dan jumlah.

5. hm.. saudaraku tercinta, iman itu selalu berubah ubah, kita terus dikepung oleh maksiat dan dosa, namun kiriman cahaya Allah siap menerangi dan meledak berpijar terang benderang meluluh lantahkan kegelapan hati..

semua yg kita lihat, kita dengar, dan semua yg ada pada kita ini adalah fana…, bayangkan jika itu terjadi.. semua yg ada pada kita dan sedang terjadi hilang dari kita, bayangkan tiba tiba semua berubah tiada.. hilangkan semua yg dibenak dan di hati dan difikiran…, anggap semua tiada.., lalu kita berdiri dalam keadaan tertunduk tak mampu mengangkat kepala dihadapan Yang Maha Berwibawa, Maha Raja Alam Semesta, lalu terdengar seruan yg menggetarkan, Hamba Ku, apa yg membuatmu lupa Dari Yang Maha Memilikimu dan Memiliki semua yg ada padamu dan memiliki semua masa depan Mu?

saudaraku tercinta, ingatlah masa depan kita Milik Allah swt, dan setelah itu kematian dan sirnalah semua ini, lalu apa?, kita melewati kehidupan, masalah, kenikmatan, pekerjaan, aktiitas, dlsb, lalu apa?, ada satu yg pasti.

kematian yg mengikuti kita lebih dekat dari bayangan kita sendiri, Tamu yg terakhir menemui kita dalam kehidupan ini akan datang, jika ia datang maka tiada tamu lagi yg menjumpai kita.., jika ia masuk ke suatu rumah maka ia tak keluar kecuali dg jerit tangis penduduk rumah,

ialah pencerai ruh dg jasad, yg membuat istri menjadi janda dan suami menjadi duda dan anak menjadi yatim..

ia akan datang.. namun ia hanya utusan, utusan Allah swt, datang membawa diri kita memisahkannya dari jasad, entah membawa kita dan menghantar ke Gerbang Istana Kasih Sayang atau Gerbang penjara Kemurkaan..

wahai diri kami yg lemah… ingatlah pada kelemahanmu.. bahkan kita tak memiliki diri kita sendiri dan tak memiliki masa depan kita..

ingatlah kelemahan kita.. ingatlah kelemahan kita… maka bersujud dan menangislah wahai diri ku pada Yang Maha Melihat dan Maha Memiliki..

ingat ucapan Nya swt kepada Nabi Daud as : Wahai Daud, jika mereka yg berpaling melupakanku itu tahu betapa Rindu Ku jika mereka kembali pada Ku, jika mereka tahu betapa Cinta Ku pada taubat mereka, dan betapa hangat Sambutan Ku jika mereka mau memperbaiki diri, maka jika mereka mengetahu itu maka mereka akan melayang terbang kepada Ku karena tak kuasa menahan rindu pada Ku,
Wahai Daud, itulah perbuatan Ku pada mereka yg berpaling pada Ku, bagaimana perbuatan Ku pada mereka yg selalu ingin bersama Ku?,

saudaraku tercinta, hari hari dakwah saya lewati dan saya sering menginngat anda, anda salah satu dari beberapa orang yg paling senior di web ini yg masih ada, saudara Muhammad afifi Nurullah… anda tahu?, alamat anda masih saya simpan di komputer saya sampai saat ini, ini ucapan saudaraku pd hamba:
[b][i]
Saya sangat rindu dg habib, jika suatu saat habib ke Purwokerto ini alamat saya bib:
Afif Kurniawan, Jl.Dr.Gumbreg ***** Mersi, Purwokerto Timur 53112. Telp : *******, email: elqornie@yahoo.com.
Rumah saya tidak jauh dg Makam Mbah KH.Abdul Malik Kedung Paruk bib, Guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan.
[/i][/b]
setiap kali saya membuka file dan terlihat tulisan ini, ingin rasanya meninggalkan kesibukan dakwah dan berangkat ke purwokerto sesaat untuk jumpa, lalu pulang ke Jakarta, namun Insya Allah kita akan jumpa dalam waktu mendatang. saya banyak keluar kota akhir akhir ini.

demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru