October 20, 2020

Re:Do\’a bersiwak/TAWASUL

Home Forums Forum Masalah Umum Do\’a bersiwak Re:Do\’a bersiwak/TAWASUL

#76593837
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kesejukan sanubari semoga selalu mengiringi hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
Sabda Rasul saw : “Namailah (nama nama kalian) dg nama nama para nabi, dan nama yg paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman, dan yg paling tepatnya adalah Harits dan Hamaaam, dan nama terburuk adalah Harb dan Murrah” (Sunan Imam Baihaqi Alkubra Juz 9 hal 306)

Seorang wanita dinamai Murrah, maka Rasul saw melarangnya, maka dinamai Barrah, maka Rasul saw menyarankan agar diganti dengan Zainab. (HR Sunan Abu Dawud hadits no.4953)

Sabda Rasulullah saw : “nama yg hina dihari kiamat adalah nama yg mengambil nama para malaikat” (shahih Bukhari hadits no.5852).

Hadits hadits diatas ini bukan hal yg wajib dilakukan, namun sunnah, dan makruh, tidak pula haram menggunakan nama nama tersebut.

Nabi saw melarangnya karena banyak orang orang kafir jahiliyah menyukai nama nama yg buruk, seperti Murrah yg berarti pahit, atau Harb yg berarti perang atau sadis, nama nama buruk itu tak disukai oleh rasul saw, namun rasul saw menyukai nama nama yg baik, dan nama nama para malaikat banyak dipakai oleh orang nasrani dan yahudi, maka nabi saw tak suka pula meniru mereka.

Namun tak ada nama yg haram dipakai kecuali nama Allah swt.

demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

wallahu a’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru