October 27, 2020

Re:hukum bunuh labah-labah

Home Forums Forum Masalah Umum hukum bunuh labah-labah Re:hukum bunuh labah-labah

#98730307
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya anugerah Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dan keluarga,

Saudariku yg kumuliakan,
yg dimakruhkan membunuh laba laba adalah yg tidak mengganggu, yaitu yg sering bersarang dirumah, berbeda dengan laba laba berbisa, dalam bahasa arab ia tidak dinamai Ankabut, yg makruh dibunuh adalah Ankabut, yaitu laba laba jinak yg sering bersarang dipojok pojok atap rumah, boleh membuang sarangnya namun makruh membunuhnya.

mengenai cecak ini, sudah digelari oleh Rasul saw : Fuwaisiqa, yaitu si kecil yg fasiq, maka kita memahami bahwa Rasul saw tak sembarang bicara, beliau tak suka mencaci atau meberi gelar yg buruk pada manusia dan seluruh makhluk Allah swt,

maka bila beliau saw sampai menggelarinya spt itu maka tentulah hewan ini jahat, dan Rasul saw memerintahkan utk membunuhnya, riwayat awalnya sebagaimana dijelaskan bahwa disaat Ibrahim as dilemparkan ke Api namrud maka semua hewan berusaha memadamkan api ibrahim as itu, kecuali cecak. maka Rasul saw memerintahkan untuk membunuh hewan ini dimanapun kita jumpai. (Tafsir Imam Bn katsir juz 3 hal.185, Tafsir Imam Attabari Juz 17 hal 45)

dan bahwa Rasul saw memerintahkan untuk membunuh cecak (Shahih Muslim hadits no.2238)

sabda Rasulullah saw : \"Barangsiapa yg membunuh cecak dg satu pukulan maka baginya 100 pahala, dan bila dg dua pukulan maka terus berkurang dan berkurang\" (shahih muslim hadits no.2240)

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru