January 24, 2021

Re:HUKUMBERWUDHU DI KAMAR MANDI

Home Forums Forum Masalah Fiqih HUKUMBERWUDHU DI KAMAR MANDI Re:HUKUMBERWUDHU DI KAMAR MANDI

#71793636
Munzir Almusawa
Participant

Alaikum salam wr wb,
Alhamdulillah saya sehat wal afiat dan semoga anda dan keluargapun demikian, selalu dalam Naungan Kelembutan Nya yg Abadi.

1. Berwudhu didalam toilet hukumnya makruh namun sah wudhunya, asalkan tidak terdapat Najis, dan bila kita syak mengenai keberadaan Najis di tempat itu maka tempat itu tetap suci, terkecuali kita jelas jelas menemukan najis di tempat tersebut, dengan salah satu dari tiga sifat Najis, yaitu : Warna, Bau, dan Rasa.
Contohnya kita melihat najis dilantai toilet berupa air seni misalnya, lalu seekor lalat menyentuh najis itu dan adapula seekor lalat lain yg menyentuh air suci.., lalu keduanya menghilang.. tiba tiba anda merasakan bahwa seekor lalat menyentuh kulit anda dan terasa basah, maka anda tetap dalam keadaan suci, selama betul betul ada sifat yg meyakinkan bahwa yg menempel pd kulit anda itu adalah lalat yg menyentuh Najis, yaitu dengan mengenali salah satu dari tiga sifat diatas, tanpa pembuktian maka tidak terhukum najis.

2. mengenai bacaan dzikirnya, boleh diucapkan dalam hati tanpa melafadzkannya

3. boleh berdoa didalam hati tanpa melafadzkannya.

4. Majelis kita di Bekasi telah dibuka di wilayah Jatiwaringin, Lobang Buaya, Radar Kalimalang, dan Curug serta Pondok Gede, namun sejak 2003 lalu terhenti untuk sementara, dan kami telah berembuk untuk mengatur jadwal kembali di wilayah wilayah tersebut dan akan mulai diaktifkan.

yaitu di Majelis Taklim Fadhlurrohman. Jalan Jatiwaringin Raya No. 30. Pd Gede Bekasi pada hari Ahad Ba\’da Isya 12 Feb 06

Baarakallahu fiina wa iyyakum..

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru