October 30, 2020

Re:Ismu A\’Zham

Home Forums Forum Masalah Tauhid Ismu A\’Zham Re:Ismu A\’Zham

#145280261
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. berbeda pendapat para ulama akan hal itu, sebagian mengatakan Ismul A\’dham adalah nama yg keseratus, namun pendapat yg lebih kuat bahwa Ismul A\’dham bukan dari angka ke seratus, karena Nama ALlah swt sangat banyak dan bukan hanya 99, namun yg di Alqur\’an saja 99, namun adalagi yg tak ada di Alqur\’an, sedangkan Ismul A\’dham adalah Nama yg berbeda dari nama nama tsb, dan sebagian ulama berpendapat bahwa ia tersimpan pada Basmalah, namun yg jelas, Ismul A\’dham tak diketahui kecuali oleh orang orang tertentu yg sangat dekat dengan Allah swt.

sebagaimana Imam Ibn Katsir, Imam Attabari, dll dalam tafsirnya mengatakan bahwa Haamiim, Alif Laam miim, dll itu adalah Ismul A\’dham.

dan banyak lagi perbedaan pendapat dalam hal ini.

2. asma\’ artinya nama nama, yg dimaksud dalam istillah in adalah doa dg Nama Nama Allah, maka hal itu sudah perintah Allah, sbgmn firman Nya swt : \"Sungguh Allah itu mempunyai nama nama yg indah, maka serulah Dia (swt) dg nama Nama itu\" (QS Al A\’raaf 180)

namun masa kini ada yg menjadikan kalimat itu sebagai istilah untuk ilmu ilmu yg diragukan kebenarannya, ilmu kebal dlsb, ada diantara ilmu ilmu itu yg tidak sesat, namun ada juga yg bertentangan dg syariah.

3. khodam berarti pembantu, namun di indonesia kalimat itu dipakai sebagai Jin.

Jin bisa membantu manusia, dan boleh boleh saja, yg tidak boleh adalah memperbudak jin, atau menyembah jin.

kalau mereka sukarela membantu atau karena berterimakasih lalu mereka mengabdi pada kita maka tak ada larangannya.

Jin makan dari sisa sisa manusia berupa tulang tulang, jin ada yg muslim ada yg kafir, bahkan ada pendapat ulama yg memperbolehkan menikah dg jin, namun dg syarat2 tentunya.

4. saya sarankan anda membaca dzikir Subhanallahi wabihamdih, bacalah 100X setiap pagi dalam keadaan suci, dzikir ini disarankan oleh Nabi saw sebagaimana sabda beliau saew : Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih dilautan (Shahih Bukhari)

dan sabda Rasulullah saw : \"Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih\" (Shahih Muslim)

dzikir ini mencerahkan wajah, menenangkan hati, menyejukkan jiwa, dan membuka banyak kemudahan,

kenapa?

karena kita menyukai dan mencintai dan mengamalkan ucapan yg dicintai Allah, maka Allah akan memberi apa apa yg kita senangi dan sukai, yaitu kecerahan wajah, kemudahan hidup, dan ketenangan hati

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru