January 22, 2021

Re:Jam malam akhwat menurut hadits ada tidak..?

Home Forums Forum Masalah Fiqih Jam malam akhwat menurut hadits ada tidak..? Re:Jam malam akhwat menurut hadits ada tidak..?

#72755421
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keluhuran semoga selalu menghiasi hari hari anda,

mengenai larangan bagi wanita keluar rumah adalah ditakutkan fitnah dan bahaya, tidak ada suatu hadits atau ayat yg melarang wanita keluar pada batas jam tertentu di malam hari, ini semua muncul karena khaafuddharar alannisa, (ditakutkan mudharrat bagi wanita), maka hukumnya berbeda beda dengan sikon di suatu wilayah,
waktu waktu yg rawan bagi wanita keluar, bisa di siang hari atau di malam hari, namun tidak ada suatu larangan jelas keluarnya wanita di malam hari selama tidak dirisaukan fitnah dan gangguan.

mengenai wajibnya bersama muhrim adalah bila mengadakan perjalanan jauh, dan bisa walinya atau muhrimnya mewakilkan kepada muhrim temannya, misalnya ia pergi wanita bertiga dengan seorang suami dari salah satu dari ketiganya, maka wali / muhrim dari dua wanita yg lain ini bisa mewakilkan dan menitipkan pada si suami wanita ketiga..

bahkan di Yaman tempat saya berguru, disana semua wanita masih menggunakan cadar dan sangat tertutup dari pergaulan, mereka justru keluar malam bila ingin ziarah dan atau mengunjungi tempat ibadah atau lainnya, karena justru sepi dan tak banyak lelaki berkeliaran, namun tentunya mereka tidak sendiri, dan sikonnya pun aman dan disana khususnya di kota Tarim, sangat teramat jarang terjadi kejahatan.

demikian saudariku yg kumuliakan,

wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru