December 3, 2020

Re:kesalahan besar

Home Forums Forum Masalah Umum kesalahan besar Re:kesalahan besar

#183035095

Wa \’alaikum Salam Warohmatulloh wa Barokatuh
Alhamdulillah akhirnya antum dapat menyampaikan pertanyaaan dan permasalahan kepada kami. Walau quota terbatas namun insaallah hati selalu dekat.

Setiap orang yang bertaubat dengan ‘taubah nashuha’ Alloh SWT akan mengampuni segala kesalahannya, (QS. Attaubah ayat 104). Nabi Muhammad SAW bersabda; “Semua manusia berbuat salah, yang paling baik dari mereka adalah orang yang bertaubat.” (HR.Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah dengan sanad yang kuat). Selama kita bertaubat dengan sungguh-sungguh; menyesali perbuatan buruk kita, segera keluar dari dosa tersebut, dan berniat kuat tidak akan mengulangi lagi, maka pintu taubat dan ampunan Alloh SWT terbuka lebar untuk kita.
Semoga Alloh SWT mengampuni segala salah dan dosa antum serta kita semua. Amiin.
Terkadang Perasan hina di hadapan Allah dan rasa takut kepadaNya serta harapan yang besar kepadaNya lebih di sukai oleh Allah dari pada ketaatan yang tidak membuahkan rasa takut dan harapan kepadaNya

Seorang ‘guru ruhani’ (mursyid) adalah seorang yang hatinya penuh dengan rasa cinta kasih dan sayang kepada sesama manusia terlebih kepada kaum mu’minin. Pastinya dia tidak akan menolak seseorang yang didalam jiwanya punya keinginan kuat untuk menjadi shaleh dan baik, siapapun mereka. Antum dapat mencari seorang mursyid dengan berusaha mengenal lebih dekat para ulama shalihin yang perbuatan serta perilaku mereka bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan kita sebelum kita dengar ucapannya. Kalau antum tidak bisa bertemu langsung dengan mereka, antum dapat mendekat dan belajar dari murid-murid mursyid tersebut. Dan apabila seorang hamba betul betul memiliki kesungguhan yang mantap maka para guru yang akan mencarinya.

Seorang yang melakukan kesalahan kepada manusia lain, maka ia harus bertangggung jawab kepada orang tersebut, selain bertaubat kepada Alloh SWT. Bila antum ingin menikahi wanita kedua, rasanya antum harus menyampaikan kepada wanita pertama, agar jangan seperti ‘habis manis sepah dibuang’. Setelah itu barulah antum ambil keputusan, tentunya setelah musyawarah dengan sanak kerabat dan istikharah. Semoga Alloh SWT memberikan jodoh wanita yang baik dan shalihah buat antum. Amiin.
Wallohu a’lam.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru