October 21, 2020

Re:MAKNA WIRID

Home Forums Forum Masalah Tauhid MAKNA WIRID Re:MAKNA WIRID

#131869019
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Anugerah dan Cahaya Rahmat Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
penjelasan tsb hanya sekilas saja, karena kalimat tsb sangat luas maknanya, mengenai kalimat ALhamdulillah, disabdakan oleh Nabi saw : \"Kalimat Alhamdulillah memenuhi timbangan amal\"

kenapa bisa demikian?, karena kalimat Alhamdulillah adalah pujian pads Allah, dan Allah swt suka dipuji, dan bukan karena Allah membutuhkan pujian, namun pujian itu datang dari cinta, maka orang yg banyak memuji Allah tentunya ia mencintai Allah, maka orang yg melafadhkan kalimat itu ia telah bersyukur pada seluruh kenikmatan Allah swt, karena hamba tak bisa memberi apa apa pads Allah, ia hanya bisa memuji saja, dan maka kalimat itu memenuhi timbangan amal, karena itu adalah puncak dari kemampuan cinta hamba pada Allah.

semakin banyak seseorang memuji Allah maka akan semakin Allah buat kehidupannya terpuji.

demikian sekilas makna Alhamdulillah.

makna kalimat Laa ilaha Allah sangat luas, Rasul saw bersabda : Barangsiapa yg mengucap Laa ilaha ilallah dari dasar hatinya dg ikhlas, maka Allah haramkan ia dari api neraka\"

kita bertanya, kenapa ?, lalu apakah cukup dg mengucap kalimat itu tanpa perlu mengamalkan syariah lainnya?

tentunya bukan demikian, tapi justru mereka yg mengucapkan kalimat suci itu dg ikhlas bahwa tiada tuhan selain Allah, maka Allah akan menumbuhkan sifat sifat luhur di hatinya, dan menyucikan hatinya dari sifat sifat buruk, maka ia akan semakin cinta beramal dan semakin berat/malas berbuat dosa.

karena kalimat Laa ilaha illallah adalah ucapan kesetiaan kita pada Allah, bukankah kita sudah muslim dan sudah mengakui Tiada tuhan selain Allah..?, lalu untuk apa kaimat itu diulang2 lagi..?

contoh mudahnya begini, kita punya ibu, tentunya ibu sudah tau bahwa kita tak punya ibu yg lain selainnya, namun ketika kita ucapkan pada ibu kita. : wahai ibu, engkau adalah ibuku satu satunya, dan tiada ibu bagiku selainmu seorang\"

tentunya ibu itu akan lebih menyayanginya, karena kalimat itu adalah bentuk kesetiaan kita,

dan lebih lagi Allah swt.. inilah kalimat yg menyiratkan kesetiaan kita pada Allah swt, maka Allah swt mengharamkan kita dari neraka, dan menumbuhkan sifat sifat luhur pada pribadi kita

kalimat Allahu AKbar sangat luas, sekilas maknanya adalah kalimat itu menafikan seluruh kekuatan makhluk, hanya Allah swt, menafikan seluruh nama makhluk, hanya Allah swt Yang Maha ada, Maha berkuasa atas segala hajatku, maha berkuasa atas menyingkirkan segala musibahku, dst dst..

maka mereka yg mengucap kalimat itu mereka telah menafikan seluruh kekuatan makhluk, hingga terbit kekuatan Allah pada gerak geriknya dan hari harinya,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru