October 20, 2020

Re:mohon ijazah shalawat n adab kepada guru

Home Forums Forum Masalah Umum mohon ijazah shalawat n adab kepada guru Re:mohon ijazah shalawat n adab kepada guru

#188363535
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. saya ijazahkan kesemua itu pada anda, sebagaimana ijazah yg saya terima dari guru mulia yg bersambung sanadnya pada imam bushiri, imam jazuli dan lainnya.

2. bakti murid yg terbaik adalah meneruskan ajaran gurunya dan mengajarkannya, karena itu mengalirnya pahala lebih deras kepada gurunya,
saudaraku tercinta, saya belum pantas menjadi murid yg baik, bagaimana saya menjadi guru, kita bersaudara dan saling menasihati karena Allah, namun sanad keguruan anda telah berpadu dg sanad keguruan saya hingga kepada Rasul saw.

menghadiahkan amal adalah juga merupakan bakti pd guru atau pd orang yg kita cintai, al Imam abul Abbas muhammad bin Ishaq atssaqafiy, ia menyembelih 12.000 ekor kambing yg pahalanya dihadiahkan pada Rasul saw, dan menghadiahkan 12.000 khatam alqur\’an yg dihadiahkan pahalanya untuk Rasul saw, dan hal semacam ini berlandaskan dalil dalil shahih, sebagaimana Rasul saw menyembelih qurban dan berdoa : wahai Allah, terimalah qurbanku ini dari Muhammad, dari keluarga Muhammad dan Ummat Muhammad saw (Shahih Muslim), sampailah pahalanya itu pada keluarga dan seluruh ummat beliau saw hingga hari kiamat.

3. semua sunnah Rasul saw boleh dan berhak bahkan dihimbau oleh rasul saw untuk diamalkan ummatnya.

4. hal itu tak perlu padanya ijazah, namun dg ijazah afdhal, sunnah menggunakannya sepanjang 5 hasta dg lebar 1 hasta, demikian diajarkan oleh guru mulia kita, boleh menambahnya menjadi 7 hasta atau 9 hasta jika merupakan ulama yg memimpin ummat, dan disunnahkan memulai menaruhkannya pada kanan kepala, lalu melilitkannya kekiri, dan terus demikian.

ada beberapa sunnah dalam mengggunakan imamah/sorban dg riwayat yg berbeda dari Rasul saw, yaitu menutup seluruh telinga, membuka kedua telinga, memakai kuncir yg tak melebihi 1 hasta, atau tak menggunakan kuncir dibelakangnya, guru mulia memadukan semua riwayat itu dalam imamahnya, beliau, beliau menutup telinga kanan dan membuka telinga kiri, dan memakai kuncir dibelakang setengah hasta, paduan dari semua riwayat tsb, namun kita boleh memilih salah satunya.

5. dengan selalu memahami bahwa Allah swt lah yg Maha sempurna, dan semua makhluk hina bisa mendapat hidayah hingga jauh melebihi kita, dan jika melihat aib orang lain, ingatlah mungkin kita pernah berbuat aib yg lebih dari itu, atau Allah swt sudah memaafkan aib orang itu yg besar dan belum memaafkan aib kita yg kecil, dan penuhi hati dg kewibawaan Allah swt, maka saat itu kita tak akan bisa berprasangka buruk pada siapapun.

6. waktu isyraq dg kesepakatan ulama dimulai pada 1.45 menit dari adzan subuh, mengenai berakhirnya terdapat ikhtilaf, sebagian mengatakan hanya sekitar 10 menit saja, sebagian mengatakan terus berlanjut hingga waktu dhuha.
4.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru