April 11, 2021

Re:Siksa Kubur

Home Forums Forum Masalah Umum Siksa Kubur Re:Siksa Kubur

#82595226
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. riwayat itu adalah dari shahih Bukhari, bukan pohon, tapi dua lembar daun, namun ragu para ulama antara apakah yg dimaksud adalah sebentar saja lalu setelah mengering maka disiksa lagi, atau justru siksaannya akan berakhir setelah daun itu mengering.

ikut2an menancapkan daun/dahan pohon dimakam demi meringankan siksa tentunya bukan hal yg bisa dipastikan hasilnya berupa keringanan untuk ahlilkubur.

anda dapat mengirim amal sedekah yg pahalanya untuk yg telah wafat, atau ALqur\’an, atau shalawat, atau dzikir, atau amal amal lainnya, kesemuanya disampaikan pada mayyit.

2. saya belum menemukan riwayat shahih dari hadits bahwa Ahlil kubur dihentikan siksanya di bulan ramadhan, walaupun itu adalah kabar masyhur dikalangan fuqaha.

3. insya Allah demikian, cuma sayangnya masyarakat kita mayoritas belum sampai ke jenjang dunia maya, maka perkembangan dakwah melalui web agak tersendat, padahal ceramah bisa langsung disaksikan di web ini, mereka yg tak bisa hadir di majelis kami bisa tetap mendengar dan menyaksikannya, namun karena keterbatasan di negeri kita maka hal ini masih cenderung lamban.

4. insya Allah

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru