January 21, 2021

Re:Sunatullah

Home Forums Forum Masalah Fiqih Sunatullah Re:Sunatullah

#72943791
Munzir Almusawa
Participant

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Kemuliaan Arafah semoga membuka kebahagiaan bagi anda sepanjang tahun.

1. mengenai hal ini, kita perlu jelas dulu makna musibah, musibah adalah hal yg sangat merugikan bagi kita dan sangat tidak kita sukai, juga memutus kenikmatan yg ada pada kita, namun pada hakekatnya musibah yg kita kenal berupa sakit, hambatan, rintangan, bencana, dll itu adalah rahmat Nya swt bagi kaum mukminin, karena itu adalah penghapus dosa.

1. dan yg sebenarnya hakikat musibah itu adalah dosa kita, walaupun biasanya kita tak merasa hal itu sangat merugikan kita, tak terlihat berupa bencana besar, sebagaimana penyakit, bencana alam dll, namun pada hakekatnya itulah musibah yg terbesar.

2. sunnatullah adalah perbuatan Allah, suatu keputusan yg dikehendaki Allah untuk terjadi, contohnya : sudah merupakan sunnatullah bahwa setiap yg hidup akan mati, setiap kenikmatan dunia akan berakhir, setiap kesulita akan berganti kemudahan\", dan juga yg semacamnya, yaitu takdir Allah yg Allah kehendaki untuk terjadi.

3. mengenai QS Alfath ayat 23 Allah menjelaskan bahwa bila mereka masih memerangimu di perjanjian Hudaibiyah maka Akan Allah musnahkan kesemua mereka, dan tak akan kau temukan Sunnatullah (ketentuan Allah) itu berubah\". (Tafsir Imam Attabari Juz 26 hal 93)

boleh boleh saja mengganti nama / menambah nama, demi kecintaan kita pada Nabi saw, saksinya adalah Allah swt, tak perlu merubah nama di ktp dlsb, cukup kita kabarkan pada orang2 dekat kita, dan niat itu tetap diketahui Allah

mengenai hal itu, Maha Suci Allah swt yg membuktikan kepada kita keagungan Sayyidina Muhammad saw yg membias kepada alam semesta bahkan pada setiap rahim..

demikian saudaraku yg kumuliakan,

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru