October 26, 2020

Re:tanya diri

Home Forums Forum Masalah Umum tanya diri Re:tanya diri

#215291492

Waalaikum Salam Warahmatullah Wa Barakatuh,
Amin.. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. Semoga ‘afiyah dari Allah SWT selalu tercurah kepada kita semua.

Untuk yang apa antum tanyakan kepada saya tentang shalawat Nabi Khidir. Mohon maaf, saya belum mengetahuinya. Namun, jangan khawatir, Insya Allah para ulama yang lain mengetahuinya.

Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW apapun bentuk dan shighahnya adalah baik dan mulia serta penuh keberkahan. Bahkan ulama menyatakan bahwa amal ibadah seseorang tidak dapat dipastikan apakah diterima oleh Allah atau ditolak. Karena terkadang orang yang beramal ibadah ada beberapa kekurangan dalam ibadah yang dia lakukan, baik dari syarat dan rukunnya maupun dari perkara keikhlasan dan bathinnya. Kecuali shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Shalawat kepada beliau pasti diterima oleh Allah Ta\’ala demi kemulian dan martabat Rasulullah SAW di sisi Allah. Dan hal ini ada dalil dan haditsnya sebagaimana dinyatakan oleh para ulama.
As-Sayyid Al’Allamah Muhammad bin Alwi Al-Maliki, menukil dari Al’Allamah Ibnul Qayyim dan Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Haitami, dalam kitab ‘Syaraful Ummatil Muhammadiyyah, beliau menyebutkan tidak kurang dari 39 faedah, fadhilah dan keutamaan membaca Shalawat kepada Baginda Rasulullah SAW, diantaranya; melaksanakan perintah Allah SWT, diangkat sepuluh derajat, dicatatkan sepuluh kebaikan, sebab diampuni kesalahan dan dosa, mendapatkan kedekatan bersama Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat, dimudahkan segala hajat dan keinginan, dsb. Luar biasa manfaat Shalawat itu.

Oleh karena itu shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW adalah bagus dan bermanfaat serta membawa keuntungan di dunia dan di akhirat, apapun bentuk bacaan dan shighahnya.

Adapun tentang shalawat yang bagaimana yang harus kita rutinkan dan baca? Apakah yang kita pilih atau yang guru kita pilihkan untuk kita?
Sekali lagi saya katakan, bahwa shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW adalah bagus, baik dan bermanfaat serta membawa keuntungan di dunia dan di akhirat, apapun bentuk dan shighahnya.
Dan pastinya yang dipilihkan oleh guru kita untuk kita adalah hal yang terbaik.

Mudah-mudahan Allah memuliakan antum hingga dapat berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan mimpi dan sadar dan semoga Allah selalu memberikan Taufiq dan HidayahNya kepada antum agar dapat senantiasa meneladani baginda Rasulullah SAW dalam setiap keadaan. Amiin.

Wassalam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru