December 3, 2020

Re:terimaksih&mhn penjelasan

Home Forums Forum Masalah Umum terimaksih&mhn penjelasan Re:terimaksih&mhn penjelasan

#162898500
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur\’an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudariku yg kumuliakan,
1. selama belum ada tim ahli dari kaum muslimin yg bisa dipercaya yg membuktikan sekaligus bersaksi bahwa pada cosmetik itu mengandung hal yg haram maka hukumnya halal memakainya, karena hukum haram baru terjadi jika ada pembuktian dan kesaksian.

2. jika ia menghalangi sampainya air ke ke kulit maka wudhunya tidak sah, bisa diketahui dg ketebalannya, jika ketika dikorek dg kuku atau lainnya maka terkelupas, maka jelas ia menghalangi anggota wudhu, jika tidak maka tidak.

3. sikap hati hati adalah mulia.

4. jika tidak sadar maka tidak dosa, karena Allah swt memaafkan ketidak tahuan dan lupa, namun saran saya sesekali anda mengaji bersama beberapa orang, yg satu membaca yg lain menyimak, demikian bergantian, demi memperbaiki diri kita atau teman kita yg salah dalam membaca.

5. yg dilarang adalah foto makhluk bernyawa yg digambar dg sempurna dan serupa dari rambut hingga kaki.

mengenai foto para shalihin maka tidak ada larangannya bahkan hal yg mulia, memajang foto guru mulia dan orang shalih adalah hal mulia, sebagaimana sabda Nabi saw : Maukah kuberitahu orang orang mulia diantara kalian?, mereka yg jika dipandang wajahnya akan membuat orang ingat pada Allah. (HR Adabul Mufrad oleh Imam Bukhari)

mengenai larangan memasang lukisan dimasa Nabi saw, yg para kuffar menggambar para shalihin dan nabi dimasanya dahulu, dilarang oleh Rasul saw, karena disembah, namun jika justru untuk menambah ketakwaan kita pada Allah swt maka hal itu baik.

sebagaimana seorang sahabat yg menyimpan sehelai rambut Rasul saw, lalu ditunjukkan pada sahabat lainnya setelah Rasul saw wafat, maka berkata sahabat lainnya : kalau aku memiliki rambut itu bagiku lebih baik dari dunia dan segala isinya (Shahih Bukhari).

dan banyak riwayat shahih lainnya yg mendukung hal ini.

Yaasin Fadhilah sama dengan surat Yaasiin, cuma pada beberapa ayatnya ditambahi doa doa, maka itu adalah sunnah, karena Rasul saw pun teriwayatkan jika membaca suatu ayat beliau berhenti dan berdoa, maka hal itu baik.

mengamalkan wirid/hizib relatif, umumnya doa dibaca paling baik dimalam hari, namun ada banyak hadits hadits nabi saw yg meriwayatkan doa doa yg sunnah dibaca dipagi hari, atau sore hari, atau siang hari, atau malam hari, maka tergantung pada doa dan hizib tsb.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru