January 28, 2021

Re:Allah Tidak Terbatas

Home Forums Forum Masalah Tauhid Allah Tidak Terbatas Re:Allah Tidak Terbatas

#71966411
Munzir Almusawa
Participant

Alaikum salamullah warahmatuhu wabarakatuh,

Semoga Limpahan Rahmat Nya selalu menaungi antum setiap saat,

mengenai kalimat \"QAALALLAHU TA\’AALA\" dengan shighah fi\’il Madhiy, menunjukkan makna bahwa Kalam Allah itu Qadiimun Azaliy (Terdahulu sebelum terciptanya makhluk dan selalu Abadi tanpa berakhir).

afwan anda salah memahami mengenai Fi\’il Mudhari\’, karena Fi\’il Mudhari adalah kata kerja untuk masa sekarang dan yg akan datang, (Present Continuous Tense) dan tidak menggambarkan makna lampau (Past Tense).
dan Fiil Madhiy (Past Tense) adalah kata kerja untuk masa lampau.

maka kalimat Qaala Ta\’aala, menggambarkan bahwa Ucapan Allah swt itu telah terdahulu sebelum segalanya diciptakan, demikian pula tercantum di banyak ayat dalam Alqur\’an.

namun tak menutup kemungkinan dengan mengucapkan dengan shighah Mudhari\’, misalnya Yaqulullah ta\’ala, sebagai dialek bahasa.
boleh boleh saja karena Allah swt tidak bisa pula diikat dan dibatasi dengan ilmu sharaf atau Nahwu.

sebagaimana dalam Alqur\’an digambarkan bahwa Dhamir (Dhamir=subjek) Allah swt itu menggunakan Dhamir Mudzakkar (Mudzakkar = lelaki = huwa), bukan mu\’annats (mu\’annats = wanita = hiya), padahal Maha Suci Allah swt daripada pembatasan dengan jenis kelamin.

ini menunjukkan bahwa Dia Yang Maha Luhur tak bisa dibatasi dan digambarkan dengan ilmu sharaf dan Nahwu, dan tak akan terjangkau oleh semua ilmu pengetahuan yg ada di alam.

wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru