October 20, 2020

Re:Bersyariat

#142904552
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
syariah adalah seluruh ajaran hukum islam, berupa Tauhid, Fiqih, terkait pada Alqur\’an dg tafsirnya, Hadits dg asbab nya, dan seluruh ajaran yg ada pada islam, itu disebut ilmu syariah, yaitu ilmu ilmu yg diajarkan oleh Rasul saw untuk hal hal yg dhohir.

Makrifah yg dimaksud adalah tasawwuf, ilmu kesucian jiwa, ini diluar fiqih, misalnya begini, seorang memiliki sebidang tanah namun ia tidak punya saksi atau surat bukti tanah, lalu datang seorang penipu kepada hakim membawa dua orang saksi yg bersaksi atas nama Allah (walau dusta) bahwa tanah itu miliknya, maka hakim secara syariah mestilah memutuskan bahwa tanah itu milik si penipu, walau hakim dalam hatinya tahu bahwa ia ditipu, namun hakim tak bisa bertindak melawan syariah.

demikianlah syariah jika tidak disertai makrifah, yaitu tasawwuf, ilmu kesucian jiwa dalam mengenal Allah,

atau contoh lain orang yg ingin berzina dg istri orang lain yg miskin, ia bisa saja membayar suaminya yg miskin itu dg perintah : kamu cerai saja istri kamu dengan talak tiga, biar ia iddah, lalu saya akan nikah dg nya seminggu, lalu saya cerai dg talak 3 lagi, lalu ia iddah, maka ia nikah lagi dg kamu, saya bayar deh kamu 10 juta\". ini perzinahan namun dalam syariah ia sah sah saja, bukan berzina, namun tetap Allah swt melihat niat seseorang

hal diatas tak akan terjadi jika orang tsb mengenal sidang akbar dihari kiamat.

inilah yg dimaksud barangsiapa yg belajar syariah tanpa belajar tasawwuf maka ia sesat dan menyesatkan, demikian sebaliknya.

jika seseorang hanya mempelajari tasawwuf dan tidak mempelajari syariah, maka ia telah meremehkan perintah Allah swt dg ajaran Rasul Nya swt, maka iapun sesat.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru