November 23, 2020

Re:kapan & kenapa

Home Forums Forum Masalah Umum kapan & kenapa Re:kapan & kenapa

#161720775
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
marah dalam syariah bukan emosi, tapi kesal pada perbuatan seseorang yg melanggar aturan Allah swt.

caranya bisa dg teguran lembut, bisa dengan pandangan wajah yg cemberut, bisa dg teguran, bisa dg teguran pedas, bisa dg senjata jika diperangi.

ketika Rasul saw dianggap tidak adil dalam membagi ghanimah, Rasul saw merah padam wajahnya dan marah, namun ucapan yg keluar dari beliau saw adalah : Kasih sayang Allah untuk Musa as, ia mendapat kecaman dari ummatnya lebih dari ini dan ia bersabar.. (Shahih Bukhari).

suatu ketika Rasul saw bersabda dihadapan para sahabatnya, tiadalah hal yg belum kulihat kecuali diperlihatkan saat ini oleh Allah, maka bertanyalah…, maka para sahabat bertanya (seakan mencoba), siapa ayahku?, Rasul saw menjawab : ayahmu fulan bin fulan, lalu sahabat lain bertanya : siapa ayahku ?, Rasul saw menjawab lagi ayahmu fulan bin fulan, lalu mulai riuh para sahabat seakan penasaran bahwa Rasul saw tahu semua, maka merah padamlah wajah Rasul saw, dan beliau saw terlihat marah, maka Umar bin Khattab ra berlutut ketakutan melihat wajah beliau saw yg demikian itu dan berkata : Kami beriman pada Allah dan Rasul Nya, kami ridha bahwa Allah adalah tuhan Kami, dan Islam agama kami, dan Nabi Muhammad adalah nabi kami..!, maka redalah kemarahan Nabi saw. (Shahih Bukhari).

ketika Rasul saw keluar ditengah malam, istrinya yaitu Aisyah ra mencarinya dan curiga Rasul saw pergi pada istrinya yg lain, maka Rasul saw pulang kerumah dan menegur aisyah dg teguran Pedas : apakah syaitanmu sedang datang pada dirimu?! (Shahih Muslim).

bisa dg pedang dan senjata jika musuh menyerang dg senjata.

tapi bukan emosi dan amarah yg kita kenal., emosi dan amarah dg caci maki adalah dosa.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru