November 29, 2020

Re:masalah keluarga akhi30(2)

Home Forums Forum Masalah Umum masalah keluarga akhi30(2) Re:masalah keluarga akhi30(2)

#161950795
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1, Hal itu adalah saat imam membaca fatihah, dan diwaktu diluar shalat, sebab diperjelas oleh Rasul saw dalam sabdanya : Tiada shalat bagi yg tidak membaca surat Alfatihah (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Abu Dawud dan lainnya) maka merupaka kesepakatan seluruh madzhab bahwa membaca fatihah wajib bagi makmum kecuali yg masbuk, setelah ia selesai membaca fatihah barulah ia mendengarkan bacaan surat Imam, dan Imam memang disunnahkan berhenti setelah membaca fatihah sekedar beberapa detik untuk memberi kesempatan bagi makmumnya membaca fatihah, lalu barulah imam meneruskannnya.

2. yg dimaksud dalam hadits itu adalah bacaan surat setelah fatihah, makmum tak perlu membaca surat lain lagi, kecuali jika saat shalat sirran.

3. maksud dari hadits itu adalah ikuti imam dan jangan bertakbir sebelum imam bertakbir. dan jangan membaca fatihah sebelum imam membacanya.kecuali saat shalat sirran karena bacaan imam tidak terdengar maka ia ma\’dzur

4. tentunya makmum tidak dibenarkan mengikuti kerasnya bacaan imam.

5. sunnah makmum menegurnya jika mendengarnya dan tidak wajib bagi makmum menegurnya, kecuali jika bacaan fatihah salah dan merubah makna maka makmum menegurnya, jika ia tidak memperbaikinya maka makmum mufaraqah dari imam karena bermakmum padanya batal.

6. hal itu tidak dibenarkan dalam syariah, maka berbuatlah semampunya untuk menghindarinya, dan perbanyak istighfar dan amal shalih untuk yg kadung telah diperbuat.

7. teruslah bertobat dg sungguh sungguh, biarkan mata yg telah berzina itu bersimbah aitmata taubat, dan jika berbuat lagi maka berrtobat lagi, sampai kita bosan dan berhenti dari perbuatan itu, dan jangan sebaliknya, yaitu tidak berhenti berbuat hal itu hingga bosan bertobat.

8. anda bertobatlah pada Allah dan mengeluarkan sedekah untuk mengkafaratinya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Multimedia

Oh Bayiku

Artikel Terbaru