October 21, 2020

Re:Meninggalkan sholat dan menggunjing

Home Forums Forum Masalah Umum macam macam Re:Meninggalkan sholat dan menggunjing

#147772363
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kesejukan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dg kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. kita mulai dan mengakhiri semua amal dg Ikhlas, semua amal yg dilakukan untuk mendapat keridhoan apalagi kecintaan Allah, maka amal itu menembus semua langit sampai kehadapan Allah swt.
jika amal kita yg terdahulu ada yg belum diniatkan sebgmn diatas, maka rubahlah niatnya walau sudah dilakukan, Insya Allah amal itu akan dirubah pula oleh Allah menjadi amal orang orang yg ikhlas.

2. maksud daripada ayat itu adalah Tahdzir, yaitu teguran agar orang orang yg shalat semakin berhati hati, jangan ada niat buruk atau riya dalam shalatnya, dan menjaga shalatnya semampunya agar sempurna.

3. ingatlah sabda Nabi saw : Barangsiapa yg menutupi aib orang muslim maka ia akan ditutupi kesalahannya dihadapan Allah swt kelak (shahih Bukhari), maksudnya bahwa semua orang saat disidang dan dipanggil oleh Allah, akan terlihat amal baiknya dan dosanya, maka orang yg selalu berusaha menutupi aib orang muslim dimasa hidupnya, maka dosanya tidak terlihat oleh khalayak seluruh manusia dipadang mahsyar, betapa malunya manusia ketika dosanya terlihat oleh seluruh manusia, temannya, ayah ibunya, kekasihnya, anak anaknya, dan semua manusia.
dan jika sudah terlanjur menggunjing cara terbaiknya adalah minta maaf pada yg digunjing, dan cara mengirim amal pahala padanya adalah alternatif kedua, yg diharapkan bisa menutup dosa tsb.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru