November 28, 2020

Re:Mohon Pencerahan Habiby

Home Forums Forum Masalah Umum Mohon Pencerahan Habiby Re:Mohon Pencerahan Habiby

#166396705
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur\’an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
hamba hanyalah seorang hamba penuh dosa yg berharap doa jamaah agar diberi pengampunan oleh Allah swt.

terimakasih atas doanya saudaraku tercinta.

1. hitungan dirham dalam rupiah sulit dijelaskan, karena ia terikat dg perhitungan emas, bukan mata uang kita, namun perhitungannya 200 dirham adalah seharga 84 gram emas murni.

makna hadits itu adalah disunnahkannya bersedekah dihari jumat, bahkan dalam hadits lainnya Rasul saw menyarankan sedekah walau dg sebutir kurma, jika tak ada maka dg ucapan yg indah.

sedekah hukumnya sunnah, dan bersedekah bisa dg harta, dan bahkan Rasul saw bersabda semua perbuatan baik adalah sedekah (Shahih Bukhari).

namun dalam hadits tsb terkhususkan sedekah dg harta.

2. sebagian ulama memakruhkan istinsyak di bulan ramadhan, namun sebagian tetap melakukannya, dan Guru Mulia kita dan Jumhur madzhab syafii tetap melakukannya.

3. tentunya cinta kita dijawab dg cinta yg lebih dari Rasul saw, dan rindu kita dijawab dg rindu yg lebih dari Rasul saw, namun hal itu belum ditampakkan, namun pasti ditampakkan, mungkin bukan berupa mimpi tapi berupa doa dari Rasul saw untuk anda yg merindukannya, beliau saw telah merindukan kita yg mencintai beliau saw sebagaimana hadits shahih Muslim, bahwa Rasul saw bersabda : Ummatku yg paling mencintaiku adalah yg hidup setelah aku wafat, dan mereka sangat ingin jumpa dg ku lebih dari harta dan keluarganya, inilah kita Insya Allah.., kita meninggalkan harta dan keluarga demi hadir di majelis, maka itulah cinta, padahal kia tidak melihat Rasul saw disitu.

jika seandainya Rasul saw terlihat disitu maka kita mungkin setahun sebelumnya sudah berkumpul ditempat itu untuk melihat wajah beliau saw.. inilah kerinduan beliau saw untuk kita.

dunia bukan tempat balasan amal, namun tempat beramal, di dunia kita merindukan Rasul saw, dan diakhirat kita akan jumpa dg sang kekasih saw, amiin

Rasul saw mengakui cinta ummatnya pada Allah dan pada beliau saw walau dari pendosa, sebagaimana ketika seorang pemabuk yg dihukum, lalu mabuk lagi dan dihukum lagi, lagi dan lagi, maka diantara sahabat murka dan mencacinya, Rasul saw bersabda : Jangan kau caci ia, Dan Demi Allah sungguh aku mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul Nya. (Shahih Bukhari).

Hujjatul Islam Al Imam ibn Hajar Alasqlaniy dalam Fathul Baari Bisyarah shahih Bukhari menjelaskan bahwa hadits ini memperjelas bahwa maksiat dan dosa tidak bisa menafikan hubungan cinta dg Allah dan Rasul Nya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a\’lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru