June 23, 2021

Re:Shalat Sunnah Isyraq

Home Forums Forum Masalah Umum Shalat Sunnah Isyraq Re:Shalat Sunnah Isyraq

#73234671
Munzir Almusawa
Participant

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keagungan Arafah semoga selalu menerangi hari hari anda sepanjang tahun,

1. Shalat Isyraq merupakan hal yg sunnah, dilakukan saat terbitnya matahari, para fuqaha memperkirakannya adalah 1.45 menit (105 menit) setelah adzan subuh maka masuklah waktu isyraq dan berakhirlah waktu subuh, maka bila adzan subuh pk 4.00 tepat misalnya, maka isyraq adalah pk 5.45 menit. Sabda Rasulullah saw : ?Barangsiapa yg shalat subuh lalu duduk berdzikir hingga terbitnya matahari (Isyraq) maka baginya pahala bagaikan pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna (HR Imam Tirmidziy hadits no.586)

3. dzikir boleh dg jari sebagaimana perbuatan Nabi saw dan boleh dg tasbih/alat penghitung, dan inipun baik, dan lebih memudahkan kita, karena dimasa Rasul saw belum ada alat tasbih sebagaimana sekarang, pernah teriwayatkan bahwa salah seorang istri Rasul saw berdzikir dg batu batu untuk menghitung, maka Rasul saw tak melarangnya namun mengajari dzikir yg tidak terlalu menyulitkannya, karena cukup repot tentunya berdzikir dg batu batu kerikil,

berbeda dg tasbih yg ada masa kini, anda dapat berdzikir beribu ribu kali dg tasbih kecil yg berjumlah 100 buah dan pada kepalanya terdapat butiran2 kecil 10 buah.

dan anda dapat berdzikir dg sebelah tangan, bahkan hanya dg dua jari, dan sisa jari2 lainnya bisa bekerja lainnya.

mengenai afdhal nya maka tergantung kepada sikonnya, betul memang Rasul saw berdzikir dg jari, maka kita bisa bandingkan untuk pergi haji dg onta dan keledai, atau dg pesawat terbang, atau membangun masjid dengan tanah lumpur sebagaimana zaman Nabi saw, atau dengan beton dimasa kini. masing masing mempunyai kelebihan dan manfaatnya.

4. mengenai kewalian ini maka adik kandung lebih didahulukan bila ia sudah baligh.

semoga pernikahan yg nabawiy dalam cahaya keridhoan ilahi, semoga dzurriyah shalihin shalihat akan terlahir dari anda dan calon istri, semoga selalu dalam kebahagiaan dunia dan akhirat.

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a?lam

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru