November 29, 2020

ajari berziarah

Home Forums Forum Masalah Umum ajari berziarah

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72923470
    Muhammad Syafii
    Participant

    Assalamu\’alaikum wr wb.

    Semoga habib Munzir dan keluarga selalu sehat wal afiat dan selalu berada dalam naungan keridhoan Allah SWT.

    Bib sebelumnya ana minta maaf kalau permintaan ana merupakan suatu kelancangan.

    Bib ana mohon bimbingannya. Ana mohon sekali agar habib membimbing ana dalam melakukan ziarah. Bib ajarkan ana dong bagaimana langkah-langkah atau tata cara berziarah yang baik menurut bimbigan sayyidina Muhammad SAW. Karena setiap ana ingin menziarahi keluarga ana, ana harus mengajak seseorang yang bisa memimpin ziarah tersebut dan ana hanya bisa mengikutinya saja namun apabila orang tersebut tidak bisa menemani ana berziarah terkadang ana suka sedih karena harus membatalkan niat ana untuk berziarah kepada keluarga ana tersebut. Mohon bimbingan habib Munzir agar ana dapat memimpin diri ana sendiri ketika ana ingin berziarah kepada keluarga ana.

    terima kasih sebelumnya. semoga permintaan ana ini tidak berlebihan.

    #72923481
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kemuliaan Dzulhijjah seoga selalu tercurah kepada anda dan keluarga,

    saudaraku yg kumuliakan, dalam berziarah tidak ada suatu cara khusus yg ditentukan dalam syariah, namun kembali kepada si peziarah itu sendiri untuk memilihnya selama tidak melanggar syariah maka boleh boleh saja.

    Rasul saw diriwayatkan dalam shahihain bahwa beliau saw bersalam kepada makam, lalu berdoa. dan beliau saw memerintahkan pula bagi kita untuk bersalam kepada ahlilkubur.
    namun memang para salafuna ada yg menambahkannya dg surat yaasin dan tahlil saat berziarah, maka hal itu boleh boleh saja karena dzikir dan Alqur\’an diperbolehkan dimana saja di Bumi Allah ini.

    namun yg jelas sebagaimana dijelaskan pd hadits Rasul saw bahwa ahlilkubur itu merasa tenang dengan kedatangan para peziarah kepadanya (Tafsir Imam Ibn Katsir juz 3 hal 439).

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru