May 11, 2021

Amar ma\’ruf nahi munkar

Home Forums Forum Masalah Fiqih Amar ma\’ruf nahi munkar

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #107930180
    Abdul Wahid Moh
    Participant

    Ass. \’Alaikum Wr. Wb. Ya Habib yg sy cintai, amar ma\’ruf nahi munkar merupakan perintah agama. Amar ma\’ruf adalah hal yg kadang kala sering sy lakukan meskipun belum sempurna pelaksanaannya, akan tetapi untk nahi munkar ini ya habib seolah-olah merupakan amalan yg sangat sulit Bib, apalagi suatu kemungkaran dikerjakan oleh orang tertentu dan posisi kita di pihak yg lemah atau tertekan. jadi Bib gimana? dan apakah kita mendapat dosa karena membiarkan kemungkaran karena posisi kita lemah yg sebenarx mampu tapi tida punya keberanian. mohon penjelasan habib.

    #107930204
    Munzir Almusawa
    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan dan kesejukan hati semoga selalu menaungi hari hari anda

    saudaraku yg kumuliakan,
    anda jangan terjebak dengan kesempitan makna, karena amar makruf itu adalah bagian dari nahi munkar, dan nahi mungkar pun adalah bagian dari amar makruf.

    Nahi Mungkar itu bukan harus marah dan emosi, nahi mungkar bisa dengan uang, jabatan, harta, bahkan dengan senyum..

    para pemilik jiwa yg suci dan ahli dzikir, mereka bisa melarang orang berbuat mungkar tanpa berucap, orang memandang wajahnyapun sudah membuat orang meninggalkan maksiat dan bertobat, Rasul saw bersabda : \"Maukah kalian kuberitahu siapakah yg paling mulia diantara kalian?, mereka adalah yg jika dilihat wajahnya membuat orang teringat pada Allah\" (HR Adabul Mufrad oleh Imam Buhkari).

    nah, pertajam wajah anda dengan cahaya dzikir, cahaya alqur\’an,cahaya wudhu, rindu pada Allah, maka orang memandang wajah anda sudah membuat hatinya luntur dan ingin berbuat baik..

    akhlak yg indah bisa membuat orang meninggalkan semua maksiatnya dan bertobat.., nah.. warisilah kemuliaan akhlak sang Nabi saw wahai saudaraku

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru