December 1, 2020

ANAK

Home Forums Forum Masalah Umum ANAK

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72106391
    zainal abidin
    Participant

    [b]Assalam Mualaikum Wr Wb
    Ahlan Wasahlan Bikum Ya Habibana Munzir Bin Fuad Bin Abdurahman Almusawa.
    Semoga Habib dlm keadaan sehat wal afiah & selalu tabah menegakkan panji2 Rasulullah SAW. Salam Hormat & Takzim ana bi Habibana Munzir.
    Ya Habib,afwan ana mau bertanya ?
    1.Bagaimana hukumnya mengadakan tujuh bulanan pada anak pertama & kita tidak mampu ?Sedang menurut orang2 tua bahwa tujuh bulanan anak pertama wajib & bagaimana kalau kita mengadakannya hanya berdua dgn istri ?
    2.Masalah aqiqah,bolehkah kita melaksanakannya pada waktu 40 hari setelah anak kita
    lahir atau 7 hari ?
    3.Memberi nama anak, afdolnya pada waktu 7 hari atau 40 hari ?
    4.Mohon doanya Habibana Munzir,supaya anak ana rezal ?
    Atas jawabannya ana mengucapkan Jazakumullah,,
    Wassalam Mualaikum Wr Wb…[/b]

    #72106398
    Munzir Almusawa
    Participant

    [b]Alaikumsalam wrahmatullah wabarakatuh,

    Curahan Anugerah ilahi semoga selalu meredam segala rintangan anda, dan menerrbitakan Matahari Kebahagiaan pada kehidupan anda dan keluarga,

    1.acara 7 bulanan itu merupakan suatu hal yg bukan Fardhu atau wajib, hal ini diada adakan oleh kaum muslimin dg tujuan mulia, yaitu selamatan dan tasyakuran serta doa agar Allah menyelamatkan kelahiran itu dan melimpahi keberkahan, hal ini boleh boleh saja, dengan landasan dalil hadits Rasul saw : \"Barangsiapa yg mengadakan suatu kebiasaan baru yg baik dalam islam maka baginya pahalanya dan pahala mereka yg mengikutinya, dan barangsiapa yg mengadakan kebiasaan baru yg buruk dalam islam maka baginya dosanya dan dosa yg mengikutinya\" (Shahih Muslim Hadits no.1017). namun sesekali janganlah kita menganggap hal hal ini menjadi kewajiban yg bila ditinggalkan akan membawa musibah, Bala dan dosa.

    2. Aqiqah dilakukan Rasul saw pada hari ketujuh setelah kelahiran, lalu menggunting rambutnya lalu diberi nama. (Shahih Almunntaqa Ibn Jarud hadits no.910, Shahih Ibn Hibban hadits no.5311)

    3.sebaiknya diberinama pada hari ketujuh sebagaimana hadits diatas
    semoga selalu keberkahan terlimpah atas Rezal yg dimuliakan Allah, agar Allah mencurahkan kebahagiaan baginya dunia dan akhirat, dan melepaskan segala rintangan dalam hidupnya dan membimbingnya selalu dalam cahaya keluhuran Nya, amiin[/b]

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru