May 12, 2021

Arwah, dll

Home Forums Forum Masalah Tauhid Arwah, dll

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #193803307
    afif
    Participant

    Assalamu \’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Semoga naungan rahmat Allah selalu melimpahi hari-hari Habibana…
    Alhamdulillah akhirnya dapat quota juga, rindu sekali hati ini sekedar ingin bercakap-cakap dengan Habib.
    Habiby wa Murabby Ruuhy, saya ingin bertanya:
    1. Saat putri saya masih berumur 6 bulan, putri saya pernah diganggu makhluk halus sampai nangis terus-terusan. Saya sudah bacakan Surat Al-Baqarah, Ratib, Maulid, Hizb, dll tapi tidak ada perubahan. Kemudian saya minta bantuan orang pintar (tapi bukan dukun), katanya putri saya diganggu arwah seorang nenek, katanya dia masih mbahnya keluarga saya tapi sudah beratus-ratus tahun yg lalu, dia tidak bermaksud mengganggu, hanya ingin minta bantuan doa, dulu dia matinya tidak sempurna (muslim tapi prosesi penguburannya tidak sesuai Islam), jadi dia minta dibacakan Tahlil 3x malam Jumat. Memang sekitar dua minggu sebelum peristiwa itu, saya pernah mimpi didatangi seorang nenek dari belakang rumah, dia mengucapkan sesuatu tapi saya tidak paham sehingga tidak meresponnya. Kata orang pintar tersebut, dulunya makam nenek tersebut memang dibelakang rumah saya, saya dianggap mampu untuk menolong/mendoakan dia, tapi karena saya tidak merespon, jadi dia mencari perhatian dengan mengganggu putri saya. Saya sudah menegaskan kepada orang pintar tersebut, yg mengganggu putri saya itu jin atau arwah, dia menjawab bahwa ini arwah, karena belum sempurna jadi tidak bisa ke alam arwah dengan tenang. Sekarang usia putri saya sudah 10 bulan, dan Alhamdulillah sudah tidak pernah diganggu lagi. Saya ingin minta pendapat habib bagaimana? Apakah jika ada orang yg matinya tidak sempurna maka arwahnya bisa penasaran?
    2. Saya punya kucing yg sangat jinak & manja, sampai-sampai kalau saya shalat, kucing saya sering mengusap-usapkan tubuhnya ke sarung / kaki saya, saya takutnya kalau bulu kucingnya rontok di sarung saya, sahkah shalat saya bib?
    3. Lantai terkena najis yg kering kan dianggap suci, jika disentuh tidak menajiskan jika sama-sama kering. Yang ingin saya tanyakan, kesuciannya itu hanya selama dia kering atau dianggap suci secara mutlak bib?
    4. Tentang uang haram, jika kita bekerja pada non muslim yg jelas-jelas tidak mengenal halal haram, atau bekerja pada koruptor maka apakah upah/gaji yg kita terima juga haram? Atau misalnya jika kita diberi uang oleh orang padahal kita tahu bahwa itu uang haram (hasil mencuri misalnya), jika kita menerimanya maka uang yang kita terima masih termasuk uang haram atau tidak bib?
    5. Saya pernah bertemu dengan Habib waktu di Jogja dan pernah meminta ijazah umum. Bolehkah saya menganggap semua amalan sanadnya berasal dari habib? Dan bolehkah saya memberi ijazah kepada orang lain dengan jalur sanad dari Habib?
    6. Dalam poin terakhir ini saya tidak ingin bertanya, hanya ingin meminta nasehat/saran/perintah/teguran/apa saja dari Habib.
    Itu saja bib, maaf jika pertanyaannya terlalu banyak sehingga menyita waktu Habib.
    Jazakumullah khairan katsiran.
    Wassalamu\’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

    #193803313
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kurindukan dan kucintai,
    1. ruh yg telah wafat tidak bisa menghantui pada yg hidup, namun dg izin Allah jika Allah swt izinkan bisa saja selama ia shalih atau dimuliakan Allah swt, ia berkomunikasi dg yg hidup, atau menjadi Ibrah/pelajaran bagi yg hidup, namun hal itu jarang sekali terjadi, mengenai dalilnya adalah mimpi Abbas ra mengenai perjumpaannya dg abu lahab yg disiksa dikubut dan diringankan setiap senin, hal itu diriwayatkan pd Shahih Bukhari. maka dijelaskan oleh para imam, perlu pertimbangan berat untuk menolak suatu hal jika teriwayatkan pada Shahih Bukhari.

    mengenai minta ditahlilkan tentu bukan itu maknanya, kejadian yg sebenarnya adalah keinginan Allah swt agar keluarga almarhumah memahami keshalihan almarhumah, dan mengingatkan keluarga dan keturunannya agar lebih banyak mengingat kematian.

    2. hal itu dimaafkan karena sulit dihindari, demikian dalam madzhab syafii

    3. memang yg kering dg yg kering tidak saling menajiskan, namun lantai tak menjadi suci sebelum sudah berusaha dibersihkan atau sulit dibersihkan, maka ia suci secara mutlak.

    4, hal itu berbeda saudaraku, bekerja dg non muslim halal dan suci daripada bekerja pada muslim yg tak mengeluarkan zakat atau pengusaha riba dll, dan bekerja pada muslim yg pengusaha hal yg haram menjadi syubhat, namun itu jika kitatidak tahu apakah uang yg kita terima itu memang hasil kejahatan atau bukan.
    jika kita yakin misalnya melihat langsung ia mencuri lalu memberikannya pada kita, maka haramlah uang itu.

    5. ya saudaraku tercinta, dan boleh.

    6. doakan saya. itulah wasiat dan nasihat hamba

    Demikian saudaraku yg kurindukan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    salam rindu

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru