December 2, 2020

Bahasa Neraka dan tanya yang lain

Home Forums Forum Masalah Umum Bahasa Neraka dan tanya yang lain

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72307064
    dailami firdaus
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr.Wb

    Habib Munzir yang saya muliakan. mohon maaf sebelumnya apabila saya ada beberapa pertanyaan Saya yang kurang berkenan. langsung saja ya:
    1. ketika menghadiri Ta\’lim rutin didaerah saya. Ustadz saya pernah mengatakan bahwa diakhirat nanti bahasa yang digunakan di Surga adalah bahasa Arab. Sedangkan bahasa yang digunakan di neraka adalah bahasa India. kemudian hal itu saya ceritakan kepada keluarga Ibu dan saudara perempuan saya yang tidak dapat mengikuti pengajian tersebut. kemudian adik saya menceritakan kepada teman-temannya disekolah. namun ada beberapa teman yang tidak mempercayai hal tersebut . pertanyaan saya adalah dari mana dalil bahasa neraka tersebut? agar saya dapat memberikan bukti bahwa pernyataan guru saya adalah benar. karena pada waktu Ta\’lim tersebut saya tidak sempat menanyakan hal tersebut disamping diangap kurang sopan akan pertanyaan tersebut.

    2. Apakah Marga Besymeleh dan Alzahir termasuk dari Dzurriyyah Rasulullah SAW? kalau benar sampai kemana Nasab tersebut. maksud saya apakah sampai ke sayyidina Hasan atau husein?

    3. Dilihat dari kalender masehi. malam takbir akan jatuh pada malam selasa. apakah Majelis di Masjid Almunawwar akan tetap dilaksanakan? (ingin saya sih tetap dilaksanakan)

    4. ada beberapa ulama yang saya pernah dengar bahwa mereka pernah bermimpi Rasulullah. Apakah mimpi bertemu Rasulullah boleh di ceritakan kepada khalayak ramai? bagaimana hukumnya menceritakan mimpi kita kepada khalayak ramai. baik itu mimpi yang baik ataupun mimpi yan buruk?

    Saya kira sekian pertanyaan saya
    semoga pecinta Rasulullah dapat bermimpi beliau sebelum ajal tiba dan semoga di bulan Ramadhan nanti kita dapat bertemu malam Lailatul Qadar. Aamiiin

    #72307088
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya kemegahan Ramadhan semoga selalu melimpah kepada anda dan keluarga,

    1. mengenai bahasa penduduk sorga dan bahasa penduduk neraka tidak ada satu hadits shahih pun yg menjelaskannya, namun Imam Ibn Hazm menukil dalam kitabnya, bahwa terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini, sebagian pendapat mengatakan bahasa penduduk sorga dan neraka adalah bahasa Arab, karena dalam Alqur\’an berkali kali Allah berfirman : KETIKA MEREKA PENDUDUK NERAKA BERKATA ………………., dan ayat seperti ini belasan kali terdapat dalam Alqur\’an menceritakan ucapan mereka, dan ucapan mereka dengan bahasa Arab, demikian pula firman firman Allah swt PENDUDUK SORGA BERKATA :…………. belasan kali pula ayat semacam ini muncul dalam ALqur\’an, inilah pendapat yg pertama.

    pendapat kedua bahwa Allah swt mengirim para nabi dengan bahasa mereka masing masing, nabi Ibrahim dengan bahasa Ibraniyyah, nabi Musa dengan bahasa Suryaniyyah dan masing masing Nabi membawa bahasa yg berbeda.

    maka kesimpulannya tidak ada satu itsbat (dalil) yg dapat dijadikan rujukan jelas bahwa bahasa ahli sorga adalah bahasa arab dan bahasa neraka adalah bahasa arab atau lainnya.
    (Al Ihkam oleh Ibn Hazm Juz 1 hal 36).

    namun banyak pendpt para ulama mengenai hal tersebut, barangkali guru anda mendengar dari riwayat para ulama atau guru gurunya, wallahu a\’lam.

    2. Basyumailah adalah dari Assegaf, demikian pula Azzahir, namun adapula dari yg bukan dzurriyyah, dengan nama fam yg sama.

    3. demikian insya Allah, kita akan mengadakan Takbiran Akbar di Almunawar Insya Allah, bila bertepatan dengan malam Idul Fitri sebagaimana 4 tahun yg silam.

    4. mimpi yg baik sunnah diceritakan pada khalayak selama itu tak membawa fitnah bagi masyarakat, dalilnya sebagian ulama mengakatakan adalah ayat terakhir dalam surat Addhuha : \"DAN DARI NIKMAT NIKMAT TUHANMU ITU CERITAKANLAH\" (QS Ad Dhuha 11), mengenai mimpi buruk maka Rasul saw melarang kita menceritakannya : ketika datang seorang Badui menceritakan bahwa ia bermimpi lehernya dipenggal, maka Rasul saw bersabda : \"Jangan kau kabarkan godaan dan tipuan syaitan pada orng orang\" (Shahih Muslim hadits 2268). adapula hadits lain yg mendukung hadits ini bahwa mimpi baik sunnah dikabarkan dan mimpi buruk makruh diceritakan.

    mohon maaf atas keterlambatan jawaban wahai saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru