November 24, 2020

Bal\’am bin Ba\’ura

Home Forums Forum Masalah Fiqih Bal\’am bin Ba\’ura

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #124597482
    Muhammad
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr. Wb

    Curahan Rahmat & Kelembutan Allah SWT semoga selalu tercurah untuk guruku yg mulia al Mukarrom al Alim ak Habib Munzir al Musawa dan keluarga.

    Ada beberapa pertanyaan habib :
    1. Apakah betul bahwa Nabi Musa as dan umatnya tersesat di padang tih selama 40 tahun karena doa Bal\’am bin Ba\’ura? Atau hanya umatnya saja ? Dan betulkah akhirnya Nabi Musa as mendoakan keburukan untuk Bal\’am bin Ba\’ura ?
    2. Betulkah bahwa Qodar setiap org diturunkan oleh Allah SWT antara jam 03.00 – 03.30 diakhir malam ?
    3. Tolong habib ceritakan sedikit pengalaman habib tentang malam Lailatul Qadar baik berupa mimpi ataupun langsung, supaya lbh memberikan keyakinan dan semangat kepada saya.

    Jazaakallah khairul jazaa Jazaakumullah khairon katsir….

    Wassalamualakum Wr.Wb

    #124597495
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kemuliaan Ramadhan,kesucian Rahmat, pengampunan, pembebasan dari neraka dan Cahaya Lailatulqadar semoga menerangi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    1. Nabi Musa as dan ummatnya diuji oleh Allah karena mereka tak mau menjalankan printah Allah swt untuk berjihad, namun mereka menjawab : pergilah engkau dan tuhanmu untuk berperang, kami duduk menunggu disini, maka musa as marah dan mengadu pada Allah, maka Allah menurunkan ujian pada Musa as dan ummatnya dengan berputar putar di wilayah Attih, mereka bangun tidur sudah berada di tempat semula, demikian hingga 40 tahun, hingga Nabi Musa as wafat, Nabi Harun as wafat, namun mereka diberikan mata air dari 12 mata air, diberikan makanan oleh Allah swt, sebagaimana firman Nya swt (QS Almaidah 24-26).

    mengenai Ba\’\’am bin Ba;ur di jelaskan bahwa ia adalah seorang shalih dari Ummat musa as yg diutus oleh Musa as kepada penguasa penguasa dholim, namun kemudian ia kufur dan balik mendoakan kecelakaan bagi Nabi Musa as, demikian dijelaskan pada Tafsir Imam Ibn Katsir, Tafsir Imam Attabari dan lainnya,

    mengenai Musa as kalah oleh doa Bal\’am maka hal itu mustahil, karena Allah swt tak akan membuat utusan Nya swt dikalahkan oleh doa orang kafir, namun Allah swt ingin menguji Musa as dan ummatnya.

    2. sasya belum menemukasn riwayat shahih akan hal itu.

    3. malam lailatul qadar dijelaskan oleh para Imam kita, ia adalah tidak panas dan tidak dingin, langit gelap berkabut, dan suasana sepi mencekam, dan malam itu adalah turunnya ribuan malaikat sebagaimana firman Nya : \"Diturunkan pada malam itu Ruh (Jibril as) dan para malaikat dengan Izin tuhan mereka…..dst\" (QS Al Qadr).

    saya selalu berdoa agar setiap nafas saya diberikan kemuliaan Lailatul Qadar, dan hal itu tidak mustahil bagi Allah, dan kita tidak dilarang untuk berdoa.

    Dialah swt pemilik Lailatul qadr dan menumpahkan ANugerah kemuliaannya setiap tahunnya kepada siapa yg dikehendaki Nya swt

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru