January 20, 2021

beban di akhirat

Home Forums Forum Masalah Umum beban di akhirat

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #181508364
    Handika Adi Wisnu
    Participant

    Assalamualaikum bib,

    semoga Rahmat Allah senantiasa menaungi Habibana..

    Ana mau bertanya langsung aja ya ni bib,
    1) ana punya guru Habib Abdullah bin ahmad Al Athos dari pekalongan, beliau ngajar dengan ikhlas apakah boleh saya memberi beliau amplop? saya takut malah menyinggung beliau…kan tidak boleh sedekah buat Habaib…
    2)apakah baik mengajak teman berbuat kebaikan tetapi ana masih belum istiqomah menjalankan kebaikan itu,ana takut jadi beban buat ana juga…
    3) setiap ilmu yang di dapat yang tidak di amalkan akan menjadibeban buat kita di akhirat,bagaimana bib menyikapi ini?ana takut jadinya…
    4) Saya di tinggalkan beberapa benda seperti cincin dan lain lagi dari alm.buyut tapi saya tdk mau menggunakan dan menyimpannya sebaiknya gimana bib?
    doakan ana agar istiqomah bib…

    sekian bib…
    semoga Habibana selalu sehat dan ana bisa selalu menemani habibana dalam majelis…

    #181508369
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. beliau orang mulia dan sangat saya cintai, sampaikan salam saya untuk beliau, mengenai memberi amplop, maka hal itu boleh selama diniatkan hadiah, jika beliau bertanya maka katakan hadiah, sungguh Rasul saw menerima hadiah dan melarang (makruh) menolak hadiah walau pada orang yg berkecukupan, sebagaimana riwayat shahih Bukhari bahwa Rasul saw memberi Umar ra uang, maka Umar ra berkata : Wahai Rasulullah (saw) berilah pada yg membutuhkan, aku berkecukupan. maka Rasul saw bersabda : terimalah wahai umar, ini hadiah untukmu dan jauhkanlah sikap sombong. (Shahih Bukhari), tentunya bukan berarti umar ra bersifat sombong, namun penolakan hadiah bisa menjebak orang tsb pd sifat sombong, dan hadiah adalah sunnah diterima.

    2. mengajak orang berbuat kemuliaan walau kita belum mengamalkannya adalah salah satu bentuk pengamalannya, misalnya kita mengajarkan kemuliaan shalat witir, menyampaikan haditsnya, namun kita belum mengamalkannya, maka kita mendapat pahala dg mengajarkannya, dan mendapat dosa jika menyembunyikan ilmu.

    mengenai firman Allah swt : Sangat besar kemurkaan Allah ketika kalian mengatakan/mengajak pada hal hal yg kalian tidak perbuat.

    ayat itu turun untuk para munafik yg ketika diperintahkan jihad oleh Allah swt mereka tidak mau ikut dg Rasul saw, namun berpura pura baik dg memerintahkan orang lain berjihad.

    3. saudaraku, pelajari semua ilmu, amalkan yg mampu kita amalkan, dan sisanya Insya Allah akan datang waktunya kita mampu mengamalkannya, jika tidak maka kita dimaafkan Allah swt karena sudah berbuat semampunya.

    4. benda benda itu boleh disimpan sebagai kenang kenangan atau dijual, tidak haram menyimpannya, para sahabat banyak menyimpan bekas benda benda peninggalan Rasul saw, dan menjadikan barang bekas para shalihin sebagai berkah adalah diperbolehkan dalam syariah.
    Sebagaimana firman Allah swt : “Berkatalah Nabi mereka pada mereka, bahwa bukti bahwa ia diberi kekuasaan adalah peti yg didalamnya terdapat ketenangan dari tuhan kalian, dan bekas bekas barang peninggalan keluarga Musa (as) dan Keluarga Harun (as) yang dibawakan oleh Malaikat, sungguh pada hal itu terdapat tanda tanda jika kalian benar benar beriman” (QS Al Baqarah 248).

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #181508432
    Handika Adi Wisnu
    Participant

    Assalamualaikum…
    semoga Habibana Selalu sehat..
    seneng ane bisa buat Habibana Bahagia…
    kemarin maulid Habibana bilang Habib bahagia..
    melanjutkan ni bib
    1)jujur bib ane kagum tapi juga sedih beliau kalo ngajar di tempat ane (ane jg baru ikut) mulai abis isya slesai jam 10-stngah 11an malem.. beliau pulang dianter tapi nggak sampe rumah dikarenakan kata temen ane yg nganter terlalu jauh padahal nganter naik motor sdkn beliau naik angkot..tmpat ane di swadarma,ulujami sedangkan beliau rumahnya dekat bandara Soetta…subhanallah.. dan beliau suka nyamar kalo ada acara malah duduk dibelakang ditempat adem nggak mau kelihatan…
    2)ane mau mendalami ketauhidan tapi ana nggak punya pembimbing ane takut salah jalan,rumah ane tetanggan dengan Yayasan Habib Jindan,tapi ane nggak nyantrenn apa ada pembingbing sektar rumah ane selain Habib Jindan dan Habib Ahmad..
    3)bib kalo ana mau minta do\’a and Tabarruk dengan Habaib baiknya kemana aja ya bib?
    4)Apa Habibana dekat dengan Habibana Saggaf bin Mahdi?apakah beliau pernah menolak ketika akan diserahkan Qutbil aulia oleh Habib Umar bin Hud?
    ane dengar beliau seorang yang sanat mengagumkan disisi Allah,kaya Habibana budupekertinya damai mencerminkan Rasulillah saw..
    5)bib apa pandangan Habibana tentang perbedaan agama dan Penistaan agama kemarin ana mendengar dari Habib Rizieq yang membuat ana harus bertanya lagi…
    6)Apakah kata yang baik untuk mengajak keluarga khususnya orang tua ke Majelis bib?
    mohon do\’anya ya bib agar ana Istiqomah..agar ana dan keluarga selamat dunia akhirat

    Sekian bib,semoga Habibana selalu sehat,panjang umur dan semakin mengundang Ribuan Hati para pecinta Rasulullah saw
    ane Rindu Fath Jkarta…
    Ana Rindu Jakarta serambi Madinah Al Munawwaroh
    Ana Rindu Jakarta Kota Kedamain kota Para Pecinta Sayyidina Muhammad saw..
    Ana Yakin maulid Akbar kemarin belum setengan dari Para Pecinta Rasulullah aw dijabodetabek yang hadir InsyaAllah..amiin
    wassalamualaikum..

    #181508440
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. demikian adab yg luhur saudaraku, sebenarnya saya juga anda lihat jarang muncul di evnet evnet besar, bukan lain karena malas dikerubuti dan didudukkan didepan, saya sembunyi dimanapun pasti ketahuan dan dikerubuti, sungguh duduk sendiri tanpa diperdulikan orang sangatlah indah dan nikmat.

    2. ada Ustaz Khairul Hidayah, rumahnya di seskoal dekat rumah saya, ada pula hb Alwi Alhabsyi di Rawa belong, ada banyak lagi yg lainnya, anda dapat menanyakan alamat jelas mereka dan data datanya di Alfakhriyah pimp hb jindan.

    3. habaib sepuh di jakarta saat ini sudah sangat sedikit, namun ada Hb Abdurrahmab bin syeikh alattas di Tebet, ada Hb Husein bin Umar bin hud Alattas di Gang 100 di wilayah tanung barat Lenteng agung.

    4. kami saling mengenal namun tidak terlalu akrab dg beliau saudaraku, namun sefham saya beliau jarang kunjung jumpa dg Alhabib Umar bin Hud Alattas, wallahu a;lam.

    5. kita dg hb rizik satu tujuan namun berbeda cara, beliau membenahi dg ketegasan dan saya dg kelembutan, namun satu tujuan dan tak ada permusuhan, kami akrab dan sering smsan dan telpon2.

    6. ajak dulu ke tempat tempat yg mereka sukai, setelah itu mereka akan mengikuti anda ketempat yg anda sukai, berlemah lembutlah pada mereka saudaraku.

    terimakasih atas doanya saudaraku, doa anda adalah doa dan harapan Rasul saw dan seluruh para wali Allah swt yg hidup dan yg telah wafat.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru