May 8, 2021

bertanya masalah thariqoh

Home Forums Forum Masalah Tauhid bertanya masalah thariqoh

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #108833684

    Assalamu\’alikum Wr. Wb.

    Yang ana muliakan guru ana habibana Munzir Almusawa semoga senantiasa Allah panjangkan umurnya, sehatkan badannya, dan diberikan taufik, hidayah dan inayah-Nya sehingga dapat menuntun kita kejalan Baginda Rasulullah SAW.

    Ya Habib kemarin ane bertanya masalah thariqoh tapi ane belum menemukan
    pertanyaan dan jawabannya di webside, apakah ane yang keliru atau memang kaga sampai. habib sekarang ane bertanya lagi :

    sering ane membaca dalam majalah-majalah isalam tentang masalah thariqoh dengan berbagai macamnya dan berbagai macam keutamaannya orang-orang yang mengikuti thariqoh. dan ane sendiri belum pernah mengikuti atau masuk kedalam thariqoh tertentu sekarang yang jadi pertanyaan ane :

    1. apa hukumnya mengikuti thariqoh dalam menjalankan ajaran agama islam ?
    2. bagaimana hukumnya orang yang tidak masuk dalam thariqoh tertentu ? apakah mendapatkan keutamaan/kesempurnaan dalam beramal ?
    3. apakah Rasulullah pernah menyerukan umatnya untuk berthariqoh ?

    Ya Habib ane mohon maaf nanya lagi karena hal ini penting banget buat ane yang awam masalah thariqoh. dan ane ucapkan syukran katsiran atas penjelasan Habib

    Wassalamu\’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Hazami

    #108833694
    Munzir Almusawa
    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Ketenangan dan kesejukan hati semoga selalu menerangi hari hari anda

    saudaraku yg kumuliakan,
    tidak wajib bagi seorang muslim mengikuti thariqah manapun, dan tidak apa apa bagi muslim yg tak mau masuk thariqah, dan Rasul saw tak mengajarkan untuk menganut salah satu dari thariqah thariqah,

    Thariqah adalah suatu metode ibadah menuju Khusyu, ia adalah perantara saja, misalnya diantara perantara ibadah seperti Sajadah untuk shalat, atau perantara ibadah haji adalah pesawat terbang, tentunya Rasul saw tak pernah menyuruh kita shalat harus dengan sajadah, namun sajadah sangat dibutuhkan dalam shalat agar kita memastikan tempat kita suci,
    dan peswat terbang tak pernah diperintah oleh Rasul saw untuk mengendarainya, dan tak wajib kita harus dengan pesawat untuk pergi haji, bisa pakai kapal laut.

    namun hal hal itu adalah perantara saja, untuk lebih mudahnya, thraiqah thariqah itu bagaiakan layaknya travel travel menuju Allah.

    dan menganut salah satunya tentu diperbolehkan dan hal yg baik, karena tujuannya adalah Allah swt.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru