November 30, 2020

Bertanya mengenai Hadits-hadits akhir zaman

Home Forums Forum Masalah Umum Bertanya mengenai Hadits-hadits akhir zaman

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #86951024
    Ihsan Adhikatama A
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr. Wb.

    Semoga Habib Munzir, keluarga & Jamaah selalu dalam lindungan dan kasih sayang ALLAH SWT.

    Beberapa bulan terakhir ini saya sedang mengumpulkan Hadits-hadits mengenai akhir zaman baik dari buku maupun internet, dari beberapa pencarian ada 2 hadits yang ingin saya pertanyakan ke-Shahihannya kepada Habib selain karena tidak ada keterangan derajat Haditsnya ke 2 hadits ini jarang di bahas dari sumber-sumber yang saya peroleh.

    Berikut Hadits pertama :

    \" Telah terjadi zaman Kenabian atas kamu, maka terjadilah zaman kenabian itu sebagaimana yang ALLAH kehendaki. Kemudian ALLAH mengangkat zaman itu. Kemudian terjadilah Zaman Kekhalifahan (khulafa\’ ur Rasyidin) yang berjalan seperti Zaman Kenabian. Maka terjadilah zaman itu sebagaimana yg ALLAH kehendaki. Kemudian Allah Mengangkatnya, lalu terjadilah Zaman Pemerintahan yang Menggigit (Zaman Fitnah). terjadilah zaman itu sebagaimana yang ALLAH kehendaki. Kemudian ALLAH mengangkatnya pula. Kemudian terjadilah Zaman penindasan dan penzaliman (pemerintahan diktator) dan terjadilah Zaman itu sebagai mana yang ALLAH kehendaki. Kemudian terjadi pula zaman kekhalifahan yang berjalan di atas cara hidup Zaman kenabian\". Kemudian rasulullah diam. (Riwayat Ahmad)

    Sumber : http://adanipermana.blogsome.com/

    Dari hadits pertama disimpulkan demikian :

    1. Zaman kenabian Rasulullah sholallhu \’alaihi wasallam, kita mengetahu bagaimana Rasulullah memimpin umatnya pada masa itu
    2. Zaman kekhalifahan yakni zaman yang terkenal dengan zaman khulafaur rosyidah, dimana pada masa ini Islam masih ditakuti oleh musuh dan sya\’riat Islam masih berjalan
    3. Zaman Fitnah, kita tahu zamannya mua\’wiyah, abbasiyah banyak fitnah yang terjadi hingga hancurnya system kekhalifahan, zaman ini berakhir dengan runtuhnya Dinasti Utsmaniah di Turki pada tahun 1924.
    4. Zaman penindasan dan kezholiman, yang mana saya pikir kita berada dalam masa atau zaman penindasan dan kezholiman, dimana hukum hanya berlaku bagi orang yang lemah, pemimpin yang lemah dsb.
    5. Kemudian akan terjadi lagi zaman kekahlifahan yang berjalan diatas cara hidup kenabian. Dimana zaman ini akan datang saat kedatangan Imam Mahdi dan Nabi Isa.

    Pertanyaan saya dari hadits pertama ini, bagaimanakan derajat Hadits ini, jika benar benarkah kita sedang mengalami zaman yang ke 4 yakni zaman penindasan dan kezholiman dan kita sedang menunggu zaman yang ke 5 di mana ini adalah berita gembira bagi umat islam.

    Untuk Hadits yang kedua ini saya juga mohon bertanya mengenai derajat Haditsnya kepada Habib, saya mendapati sebuah hadits mengenai kedatangan Imam Mahdi yang mana dari berbagai sumber yang saya peroleh dan sepengathuan saya mengenai hadits-hadits kedatangan Imam Mahdi, hadits ini belum pernah di bahas dan baru saya baca. Saya mendapatkan hadits ini dari 2 sumber di internet, yang pertama saya dapat dari situs berbahasa inggris lalu kemudian saya cari-cari pada situs Indonesia rupanya ada juga yang membahasnya..

    Berikut hadits yang kedua saya cuplikan dari ke dua sumber :

    \"From the loins of this (indicating to Abbas)
    will come a youth who will fill the earth with transgression and injustice
    and from the loins of this (indicating to Ali)
    a man who will fill the earth with fairness and justice.
    If you see this pay attention to the Tamimi youth who will come
    from the direction of the east — he is the owner of the Banner of Al Mahdi.\"

    Sumber : http://allah.com/cgi-bin/mt.cgi?lang=en&cfile=ALMAHDI

    Telah mengeluarkan Tabrani dalam Al Ausat, dari Ibnu Umar bahwa Nabi SAW telah mengambil tangan Ali dan bersabda : \"Akan keluar dari sulbi ini pemuda yag memenuhi dunia dengan keadilan (Imam Mahdi). Bilamana kamu melihat yang demikian itu, maka wajib kamu mencari Pemuda dari Bani Tamim, dia datang dari sebelah Timur dan dia adalah pemegang panji-panji Al Mahdi\". (dari kitab Al Hawi lil Fatawa oleh Imam Suyuti)

    Sumber : http://adanipermana.blogsome.com/

    Semoga Habib berkenan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

    Terima kasih,

    Wassalamu\’alaikum wr.wb.

    #86951058
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Anugerah dan Cahaya Rahmat Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    derajat hadits pertama adalah riwayat Imam Ahmad dengan sanad hasan, diperjelas oleh Al Hafidh Imam Ibn Rajab bahwa terdapat ikhtilaf para ulama akan makna hadits ini (Jami\’ul ulum walhikam oleh Imam Ibn Rajab).

    hadits kedua dihukumi Mungkar oleh Imam Ali bi Abubakar Al Haitsami dalam kitabnya Majmu zawaid.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru