November 30, 2020

berzikir di waktu pagi dan petang

Home Forums Forum Masalah Umum berzikir di waktu pagi dan petang

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #72657938
    bayu yudhi cahyono
    Participant

    Assalmualaikum Wr.wB.

    Curahan cahaya-Nya semoga menaungi Guru Kami tercinta & keluarga serta para pencinta Rasulullah SAW,Amin.

    Habib, Ana mau minta penjelasan dari ayat2 Alqur\’an yang menganjurkan kita untuk menyebut nama Allah( berzikir ) & bertasbih di waktu pagi dan petang, sebagaimana di ayat :

    Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di [b]waktu pagi dan petang[/b], dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (QS. 7:205)

    Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu memberi isyarat kepada mereka, hendaklah kamu bertasbih di [b]waktu pagi dan petang[/b]. (QS. 19:11)

    supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbi kepada-Nya di [b]waktu pagi dan petang[/b]. (QS. 48:9)

    Dan sebutlah nama Rabbmu [b]pada (waktu) pagi dan petang[/b]. (QS. 76:25)

    yang ana tanyakan,waktu pagi itu jam berapa habib, dan petang itu jam berapa, dan juga bacaan dzikir apa yg harus kita ucapkan.

    Jazakumullah Khoir ya Habib.

    Wassalamualaikum Wr.wB.

    #72657956
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya keridhoan Nya semoga selalu melimpah pada anda dan keluarga,

    mengenai makna ayat ayat tesebut, berkata Ibn Abbas ra bahwa semua perintah tasbih dalam Alqur\’an adalah bermakna shalat, dan Ibn Abbas ra berkata bahwa makna pagi dan sore dalam perintah tasbih itu adalah shalat subuh dan shalat asar (Tafsir Imam Ibn katsir Juz 3 hal 295).

    namun teriwayatkan pula dalam hadits hadits shahih mengenai dzikir yg dibaca di pagi dan sore, yg telah dikumpulkan dalam satu kitab doa, misalnya Ratib Alhaddad, Ratib Alattas, kedua ratib itu pada hakikatnya adalah kumpulan hadits untuk dzikir pagi dan sore.

    dan adapula kitab yg menjadi rujukan dzikir bagi seluruh kalangan Ahlussunnah waljamaah, yaitu kitab Al Adzkar oleh Imam Nawawi rahimahullah, yaitu kumpulan ratusan hadits2 Rasul saw yg kini sudah disertakan terjemah dan keutamaan dzikir2nya dengan penjelasan nabi saw

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru