December 1, 2020

bila pernikahan tak disetujui oleh orang tua

Home Forums Forum Masalah Umum bila pernikahan tak disetujui oleh orang tua

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 23 total)
  • Author
    Posts
  • #73251189
    anto
    Participant

    assalamu alaikum ya habibana….
    seorang hamba yang telah membuat hati kami tentram walau masih didalam kebimbangan dan bingung yang teramat sangat…
    al fakir ingin bertanya sudilah habib untuk emnjawab dan memberikan pencerahan ….
    langsung saja…..
    ana seorang yang kurang berilmu dan harim ana yang memang dari keluarga kyai yang memang terpandang di cirebon, kami belum menikah…dan kami sudah menjalani masa pacaran 2 tahun lebih. ketika rasa takut ana akan perzinaan, akhirnya ana memutuskan untuk melamar dan menikahinya. namun semua itu sepertinya tidak akan terealisasi, karena harim ana sudah dijodohkan dan akan menikah bulan februari besok oleh orang tuanya dengan sepupu harim ana yang menurut ana jelas2 pria itu tidak baik. karena tingkah laku setiap harinya yang saya dapatkan informasinya dari teman2 akrabnya di sekitar rumahnya. selain itu pria itu duda..dia bercerai ketika umur pernikahannya baru berusia 6 bulan. memang dikampunya dia dijuluki duren(duda keren) dikarenakan keturunannya. dikampungnya setiap orang tua hanya memandang dari nashab(derajat) yang memang dia keturunan sesepuh kyai di sana. bagi ana semua ga ada artinya karena bagi ana ALLAH hanya melihat hambanya yang bertaqwa..( semoga ana dan keluarga ana menjadi hamba2 yang bartaqwa)
    yang ana takutin bib, harim ana akan melakukan hal yang dilaknat malaikat, yaitu dengan tidak mau melayani pria itu bila harim ana jadi menikah dengannya, agar nantinya ia diceraikan.., saat ini dia mau menolak tapi tetap tidak bisa. karena bila saat dikawin kan pengantin wanita tidak mau maka ada tidak ada wanitanya tetap dikawinkan walau tanpa sepengetahuan pengantin wanitanya.
    daripada harim ana terjerumus dalam dosa besar…ana mempunyai pendapat yaitu dengan kawin lari…bagaimanakah hukumnya bib, dan siapakah yang akan menjadi wali untuk harim ana..apakah keluarga kami akan bahagia nantinya…..tolong jawabannya bib….saat ini, saat menulis pertanyaan ini ana meneteskan air mata…doa kan ana dan harim ana bib….kami ingin dipersatukan seperti ALLAH menyatukan RasulNYA Nabi Muhammad SAW dengan Siti Aisyah R A, dan kami ingin ALLAH meridoi kami untuk menjalankan sunnah NabiNYA ..dan mendapatkan anak2 yang soleh dan soleha, karena kami ketika setiap hadir ke majelis Rasulullah kita selalu berjanji bila sampai kita punya anak dan mampu untuk pergi ke majelis RasuluLLAH maka kami harus datang/hadir..dan ketika pergi atau pulang dari majelis memakai motor kami selalu berhayal anak kami akan ikut pergi ke majelis, memakai peci putih, jilbab…dan mereka duduk di depan dan ditengah kami…(Ya ALLAH semoga impian dan Niat baik kami ENGKAU kabulkan….amin ya ROBBAl Alamin..)

    #73251192
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kasih sayang Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

    saudaraku, jangan putus asa dan kesusu, sungguh kawin lari itu bukan penyelesaian, justru akan mengawali permasalahan yg lebih besar lagi kelak, saran saya cobalah cari orang lain dari fihak keluarga yg bisa menasehati ayah si wanita,

    tentunya hal ini bisa dibicarakan bila putrinya bersikeras menolak, dan cobalah fihak keluarga wanita yg mendukung untuk berbicara pada pihak pelamar itu, beri mereka penjelasan bahwa pernikahan ini tidak akan menjadi kebahagiaan kelaknya,

    saya kira setiap keluarga yg apalagi keluarga terhormat, akan tersinggung harga dirinya kalau dipojokkan bahwa mereka telah memaksa seorang wanita yg tidak mau menjadi bagian keluarga mereka untuk tetap dinikahkan dg keluarga mereka.

    cobalah dan cobalah.. jangan berputus asa.

    saya akan berdoa semoga Allah mengabulkan hajat anda, namun kita hanya berusaha dan berdoa, lalu pasrahkan pada Nya swt.

    nah saudaraku, selamat mencoba..

    wallahu a\’lam

    #73251194
    anto
    Participant

    ya habibana…..
    akankah Allah akan mengabulkan doa hamba ini yang berlumur dosa…
    adakah wirid an yang bisa ana baca agar hajat ana bisa dikabulkan minimal membuat hati yang gundah dan penuh keputus asaan ini menjadi tenang dan damai???

    sebelum lebaran idul fitri ana masih semangat akan dapat membujuk orang tuanya karena ana meminta guru ngaji ana yang juga suami dari cucunya habibana almarhum Habib Muhammad yang juga dikenal Ayib Muh….cirebon.untuk meminta bantuan kepada Almarhum. dan almarhum Ayib Muh setuju…

    namun nasib tidak berpihak pada ana…..Al habib telah dipanggil begitu cepat oleh Allah SWT. sekarang ini ana hanya bisa menangis dan berdoa..dikarenakan hanya Almarhum lah yang bisa dipandang oleh ayah harim ana. karena hanya Almarhum yang disegani di kalangan pesantren Buntet cirebon, dan ayah harim ana salah satu yang mempunyai pesantren disana..ana pun merasa bingung kenapa orang yang memiliki ilmu segitu melimpah, tetapi masih memaksakan kehendak yang menurut ilmu yang ana dapat itu dilarang dan hanya memandang nasyab yang lebih tinggi dari padanya.

    maaf bib di buntet sana yang melamar adalah pihak wanita..jadi mereka telah dibutakan oleh nasyab.

    bib ana mau tanya…ketika kabar pernikahan ini ada dengar tepatnya bulan Rhomadan ana selalu sholat malam, entah itu hajat atau tahajut. ana sengaja sholatnya mendekati waktu subuh dikarenakan habib juga pernah mengatakan itu adalah waktu yang mustajab. dan akhirnya ana selalu kesiangan untuk berangkat bekerja..yang ana mau tanyakan apakah yang ana lakukan ini salah??karena ana menjadi kesiangan terus….walau pekerjaan ana santai dan tidak akan diomeli atasan??

    bib sekali lagi ana mohon doa habib…yang insya4JJI pasti dijabah
    ana ber tawasul sama habib….bila habib bermimpi berjumpa dengan Rasulu4JJI, mau kah habib menyampaikan hajat ana kepada Baginda Nabi Muhammad SAW…

    karena habib adalah hamba yang bagi ana paling dekat dengan Rasulu4JJI
    mintakanlah kepada Rasulu4JJI agar ana bisa membangun keluarga yang nabawi dengan harim ana seperti Beliau…Amin ya Robbal Alamin…..

    Sebelumnya ana ucapkan banyak terima kasih…..Semoga Habib dan keluarga menjadi hamba2 Allah yang memberi petunjuk atas ajaran Baginda Nabi Muhammad SAW kepad umat…..Aaaaaamiiin……

    #73251197
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan pengabulan hajat dan kemudahan semoga selalu menghiasi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan, jangan berputus asa dalam berdoa, namun tenangkanlah diri, jangan gundah dan risau, karena jodoh itu sudah ditentukan, sedahsyat usaha anda untuk mendapatkannya tetap tak akan berhasil bila dia bukan jodoh anda, dan sebesar apapun halangan atas mereka, tetap ia milik anda bila itu jodoh anda.

    dan ingatlah hadits nabi saw : \"tiada yg dapat merubah ketentuan Nya, kecuali doa\".

    saya akan terus membantu anda dg doa, dan andapun teruskan untuk banyak berdoa dengan juga memperbanyak bersalam atas nabi saw : ASSALAMUALAIKA AYYUHANNABIYYU WARAHMATULLAH WABARAKATUH\" perbanyaklah ucapan ini siang dan malam sambil terus berdoa untuk hajat anda,

    Insya Allah anda akan menikah dengannya, amiin.

    mengenai anda bangun sering terlambat karena shalat malam, maka itu hanya diawal saja, bila kelamaan nanti maka hal itu akan sirna.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

    #73251199
    anto
    Participant

    Terima kasih banyak ya hamba yang dimuliakan Allah SWT…
    terimakasih habib sudi membantu ana yang fakir ini….
    terus terang bib…di setiap majelis Rasulu4JJI ada yang melaksanakan akad pernikahan, kami berdua selalu membayangkan kalau kami lah yang telah dinikahkan oleh habib..sungguh teramat bahagianya orang2 yang telah dinikahkan oleh habib yang mulia dan ditempat atau majelis yang mulia pula……
    semoga kemuliaan habibana membawa kami semua umat yang masih dalam kegelapan ke terang benderangnya cahaya ALLAH SWT..aaamin.

    #73251210
    Munzir Almusawa
    Participant

    Baarakallahufiikum.. (semoga Allah melimpahkan keberkahan pada kalian)

    #73251212
    ahmad fauzi
    Participant

    good luck my friend may Allah fulfill your wishes

    #73251231
    Saqqaf
    Participant

    Assalamu\’alaikum ya akhi…
    Ya akhi…semoga cahaya Allah selalu menerangi hati anda. Saya pernah mengalami hal yang seperti ini kurang lebih, tapi akhirnya saya dapat melaluinya, walaupun endingnya tidak seperti yang ana harapkan…
    Tipsnya begini, sadari dahulu benar-benar apakah tujuan antum menikah ? Benar tidak karena Allah, atau karena \"kadung cinta\" sama harim antum ?

    Kalau benar ini karena Allah, maka usahakanlah semaksimal mungkin dengan cara-cara yang sesuai syariat, agar keinginan antum tercapai. Dan apabila hasilnya tidak sesuai dengan harapan antum, tetap tawakal, karena semua ini tentunya berjalan dengan kehendak Allah, Dzat yang Maha Berkehendak… Cukuplah kita sebagai hamba bersyukur atas Kehendak -NYA… dan ingat kan sama ceramahnya Habib Mundzir, tidak ada doa yang tidak terkabulkan, semua ini hanya soal waktu. Dan dalam penantian ijabah doa, terdapat berbagai kenikmatan pahala yang sulit tercapai oleh kondisi apapun terkecuali oleh apa yang kita rasakan tersebut.

    Tetapi kalau karena antum sudah terlajur \"cinta\" sama harim antum, dan keadaan menjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, tetaplah bertawakal pada Allah… Mari kita bermuhasabah, jangan-jangan ini semua terjadi karena kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan juga…

    Sungguh Allah telah menetapkan yang terbaik bagi hamba-hamba Nya yang beriman, dan semoga Allah menetapkan hati kita tetap dalam lindungan Cahaya-Nya, menerangi kehidupan kita dengan Sunnah dan Akhlak Nabiyyina, Wa habibina Muhammad Rasulullah SAW.

    Afwan kalau salah-salah

    Wassalam

    #73251235
    anto
    Participant

    wa alakum salam ya akhi

    terimakasih banyak atas sarannya…..
    jujur ana ingin menikah dengan harim ana karena anaingin mempunyai atau membangun keluarga yang kami sekeluarga menjadi orang orang yang soleh dan soleha…
    alasannya adalah karena ana suka dengan harim ana yang ana pikir ilmu agamanya lumayan tinggi…jadi ana pun merasa nantinya tidak begitu bersusah payah untuk mengajarkan kepada harim ana tentang hak dan kewajiban suami istri karena dia sudah mengerti. dan yang paling ana perhatikan nanti apabila kami telah memiliki anak, ana ga perlu khawatir tentang pendidikan agama anak2 ana….karena ada harim ana yang ngaji dan ilmu2 agama lainnya cukup lumayan…
    maukah akhi mendoakan ana……, semoga kami bisa bersatu dan diridhoi Allah untuk menjalankan Sunnah RasulNya..aaamiin ya Robbal Alamin…

    #73251236
    anto
    Participant

    Assalamu alaikum ya Habibana….

    Ana masih dalam kebingugan dan kekhawatiran……
    masihkan Habibana mendo\’a kan ana..ana takut sekali…
    hari berlalu silih berganti…dan bertambah dekatnya hari pernikahan harim ana yang jatuh pada hari selasa tepatnya tanggal 13 februari 2007 (Bulan depan)
    ana semakin bertambah beban ana…tidak bisa berfikir jernih dan selalu menangis……pantaskah yang ana lakukan bib????

    bib ana berharap ana bisa bertemu ma habib….
    kalo\’ habib mengizinkan…..kapan dan dimanakah ana bisa bertemu….??
    agar ana bisa dekat dengan habib….???

    terima kasih sebelumnya….
    wassalamu Alaikum….wr wb

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 23 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru