December 1, 2020

Butuh pencerahan…

Home Forums Forum Masalah Tauhid Butuh pencerahan…

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #98108635
    Suparno
    Participant

    Assalamu\’alaikum Wr. Wb.
    Hadaratul kiram wal muhtaram, al-\’Alim wal \’alamah…. (semoga kesehatan dan keberkahan selalu menyertai antum dan jama\’ah sekalian)

    Mohon maaf sebelumnya., saya ingin bertanya dua hal:
    1. Saya mohon Habib berkenan memberikan sedikit saja penjelasan tentang Pertempuran di Karbala? Apakah Hasan Husein terbunuh? Adakah sumber yang bisa saya baca tentang Keluarga Hasan dan Husein? Menikah dengan siapa? punya anak atau tidak? dsb.
    2. Saya pernah membaca sebuah artikel tentang Hari Kiamat dan peristiwa yang akan terjadi sebelum hari kiamat tersebut, seperti persoalan kedatangan Imam Mahdi, Nabi Isa, As dan Dajjal. namun dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa itu semua hanya simbol dan tidak akan pernah ada. bahkan ia menulis \"Jadi jelaslah bahwa bumi kita ini dan juga matahari tidak akan hancur saat itu (hari kiamat) melainkan akan diperbaharui bentuk dan keadaannya. yang membuat saya bingung ia katakan hari pembalasan, hisab, neraka dan surga itu semua akan terjadi di bumi ini. Ia menjelaskan dengan ilmu sains dan ia hubungkan dengan al-Qur\’an dan hadits. Sekilas ini membuat otak saya meng-Iya-kan (masuk akal), tapi sya ingin tanggapan lebih jelasnya dari Habib al-\’alim.

    Sebenarnya sya ingin memasukkan isi artikel tersebut disini, namun sya tidak menemukan kolom attachment.

    Wal akhir. Syukron Zajilan ala ihtimamikum….
    Nafa\’analllohu biulumika ila akhiril yaum… Amin.

    #98108672
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya anugerah Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. dalam peristiwa karbala adalah terbunuh dan syahidnya sayyinia husein bin Ali radhiyallahu anhuma, dan putranya selamat yaitu Ali Zainal Abidin ra, ibunya (istri Sayydina Husein) adalah Syahr Banu, putri kaisar persia yg ditangkap dan dijadikan budak ketika kaisar persia ditundukkan, namun Sayyidina Ali kw mengasihaninya maka membebaskannya dan menikahkannya dengan putranya yaitu Sayyidina Husein bin Ali ra.
    Ali zainal abidin putra husein selamat dan mempunyai keturunan hingga kini dikenal dg sebutan habaib.

    mengenai Sayyidina Hasan wafat sebelum kejadian Karbala, beliau wafat diracun dan bukan dalam peperangan, ia menikah dan banyak cucu keturunannya yg menjadi imam imam besar, diantaranya Syeikh Abdul Qadir Aljailani, dan banyak lagi.

    saudaraku saya tak bisa menjelaskan dengan terlalu luas karena sempitnya waktu dan banyaknya pertayaan lain, maka saya sarankan anda membeli buku sejarah tulisan Imam Ibn Hisyam, atau Assyifa oleh Imam Qadhi Iyadh, atau lainnya agar lebih jelas dan gamblang.

    mengenai Imam Mahdi, Dajjal dan Nabi Isa as kesemuanya adalah benar dan bukan hanya simbol, karena hadits hadits dan riwayatnya jelas, dan hal ini sudah pernah saya jelaskan, berikut akan saya tampilkan kembali pada anda dari forum ini :

    Dajjal yg teriwayatkan dalam nash hadits adalah : seorang lelaki, berkulit kemerahan, berambut sangat keriting, buta mata kanannya, dan didahinya tertulis \"KAFIR\", demikian diriwayatkan pada : Shahih Muslim hadits no.166, 169 dan masih banyak lagi riwayat shahih serupa.

    menunjukkan bahwa dajjal itu adalah manusia pembawa kedustaan dan memiliki kekuatan batin yg dapat menurunkan hujan, membuat subur atau keringnya tanah, menghidupkan yg mati dg penipuan sihirnya, dan ia mengaku tuhan.

    maka kita memahami bahwa dajjal bukanlah makhluk aneh, atau dikiaskan sebagai negara adikuasa, atau kekuatan yahudi misalnya, namun dajjal adalah seorang makhluk berbentuk manusia dg sifat2 diatas.

    mengenai ucapan bahwa dajjal telah muncul di khurasan, hal itu adalah isapan jempol belaka, merupakan syak wasangka dari sekelompok orang yg belum jelas akan nash hadits yg terikat satu sama lain, karena kemunculan dajjal adalah setelah Imam Mahdi menguasai dan memakmurkan seluruh dunia.

    rincian dan susunan kejadian kiamat alkubra adalah sbgbr : munculnya Imam Mahdi, lalu dajjal, lalu isa bin maryam, lalu ya\’juj wa ma\’juj, lalu wafat isa bin maryam, lalu seluruh dunia dalam kekufuran, lalu terbit matahari dari barat.

    1. akhir zaman telah dekat dikatakan Allah swt, sebagaimana firman Nya swt : \"telah dekat waktunya hari kiamat, dan terbelah lah bulan\" (QS Al Qamar – 1). ayat ini menunjukkan bahwa saat nabi saw menunjukkan mukjizatnya dengan membelah bulan, maka saat itu Allah swt telah mengatakan kiamat telah dekat.
    namun tak satu makhlukpun tahu tepat kapannya.

    2. mengenai Dajjal yg teriwayatkan dalam nash hadits adalah : seorang lelaki, berkulit kemerahan, berambut sangat keriting, buta mata kanannya, dan didahinya tertulis \"KAFIR\", demikian diriwayatkan pada : Shahih Muslim hadits no.166, 169 dan masih banyak lagi riwayat shahih serupa.

    3. berikut tanggapan dari para Mufassir dan Muhaddits mengenai Al Mahdiy
    -. Almahdiy adalah dari keturunan Rasul saw, mengenai hadits shahih yg mengatakan bahwa Almahdiy adalah Isa bin Maryam as adalah hadits Munqathi\’, hadits yg mengatakan Almahdiy adalah dari Keturunan Rasul saw Ashahhu (lebih shahih), (Tafsir Imam Qurtubiy Juz 8 hal 122)

    – Bila kebangkitan ALmahdiy, maka ia akan menundukkan Qastantiniyyah (Konstantinopel) dan mengalahkan mereka. (Tafsir Imam Attabari juz 1501)

    -. Almahdiy bahwa ia bernama Muhammad dan nama ayahnya adalah nama ayah nabi Muhammad saw (Abdullah), maka namanya adalah Muhammad bin Abdullah, ia akan memenuhi penduduk bumi dengan keadilan, dan Almahdiy itu bukan yg dinanti nanti sebagaimana dinantikan kaum Rafidhah yg menantikannya keluar dari dalam goa, hal ini adalah pemahaman batil, sebagaimana pemahaman kaum syiah dg keyakinan mengenai 12 imam. (Tafsir Imam Ibn Katsir Juz 2hal 33)

    – demikian pula diriwayatkan dalam Shahih Ibn Hibban hadits no.6823

    – Sabda Rasul saw : \"Tak akan dating hari kiamat, sampau permukaan bumi dikuasai oleh seorang lelaki dari Ahlulbaitku, namanya sama dengan namaku dan nama ayahnya sama dengan nama ayahnya, maka ia memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran\" (Shahih Ibn Hibban hadits no.6824)

    – Mahdi di bai\’at antara Rukun dan Maqam Ibrahim (di Masjidil Haram Makkah) Shahih Ibn Hibban hadts no.6827.

    – akan muncul pasukan membawa bendera hitam dari Timur lalu memerangi kalian (orang orang kufar) dengan kekuatan tempur yg sangat dahsyat dan tak terkalahkan, bila kalian menjumpainya maka Bai\’at lah ia (Bai\’at=sumpah setia), walaupun harus dengan merangkak diatas salju, (walaupun sulit untuk membai\’atnya berusahalah sekuat tenaga), sungguh ia itu Khalifatullah Almahdiy\". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak \’alaa Shahihain hadits no.8433).

    – bila kalian melihat keluarnya pasukan membawa Bendera hitam dari Khurasan, maka datangilah walau dg merangkak, sungguh dalam pasukan itu terdapat Khalifatullah Almahdiy\". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak \’alaa Shahihain hadits no.8531).

    -. sabda Rasul saw : \".., Dan bahwa Almahdiy yg akan memenuhi Bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kejariman, maka akan amanlah hewan hewan dan binatang buas, dan permukaan Bumi memuntahkan simpanan dari hatinya\". Maka aku bertanya : apakah muntahan bumi berupa pendaman hatinya?, beliau saw menjawab : \"seperti tiang dan balok berupa emas dan perak\" (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8568)

    -. diriwayatkan pula bahwa Almahdiy akan muncul di saat haji, ketika saling bunuhnya muslimin di Mina, maka Almahdiy menangis melihat pertumpahan darah muslimin, lalu mereka membai\’atnya dengan paksa, maka bila kalian hidup di zamannya maka bai\’at lah ia, sungguh ia adalah Almahdiy di Bumi dan Almahdiy dilangit\". (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8537)

    1. mengucapkan selamat Natal tidak membawa kemurtadan dan kekufuran jika tidak diniatkan mengagungkan agama mereka dan tuntunannya, namun sebaiknya dihindari.

    2. Firman Allah swt : \"Ucapan mereka Sungguh kami telah membunuh Isa bin Maryam, dan Tiadalah mereka membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, namun seseorang yg diserupakan dengannya, dan sungguh mereka yg bebeda pendapat itu dalam keraguan mereka tidak mampu memastikannya namun hanya mengira ngira, dan mereka tak yakin telah membunuhnya, namun Allah mengangkatnya, dan Allah Maha Agung dan Menghakimi\" (QS Annisa 157).

    3. Isa bin Maryam as diangkat oleh ALlah swt kelamgit, dan Isa bin Maryam as akan turun kembali di akhir zaman, ia hidup dan belum wafat.

    berkata Imam Attabari dalam tafsirnya bahwa yg dibunuh adalah orang yahudi yg wajahnya ALlah serupakan dg Isa as,

    Sabda Rasulullah saw:
    “Demi Allah yang jiwaku ditanganNya. Sesungguhnya telah dekat masanya Isa anak Maryam akan turun ditengah-tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang adil, dan menghancurkan salib, membunuh Babi, dan mewajibkan orang kafir mengeluarkan Jizyah (semacam zakat), dan membagi bagikan harta hingga tak lagi ada yg menerimanya (Shahih Muslim, Shahih Bukhari).

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru